Pengertian Administrasi Berdasarkan keterangan dari para Ahli Beserta Fungsinya

Dunia-Pendidik.Com - Dalam kehidupan keseharian ataupun dalam dunia kerja, Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah administrasi. Kata ini tidak jarang dijumpai dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah Anda memahami apa sebetulnya yang dimaksud dengan administrasi itu? Untuk tersebut di bawah ini ialah penjelasan menyeluruh tentang definisi administrasi dan fungsinya.

Pengertian Administrasi Berdasarkan keterangan dari para Ahli Beserta Fungsinya

Meskipun sering dipakai dalam pembicaraan sehari-hari, masih tidak sedikit orang yang belum memahami apa sebenarnya makna istilah administrasi itu. Jika didefinisikan secara sempit, definisi administrasi memang dapat diartikan secara sempit sebagai pekerjaan yang seringkali identik dan meliputi pekerjaan yang bersangkutan dengan pembukuan atau surat menyurat. Namun, para berpengalaman juga sudah menyerahkan pengertian bertolak belakang bersangkutan istilah administrasi ini.



Pengertian Administrasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli


Administrasi ialah sebuah jabatan yang memiliki tugas sebagai pengaturan kepandaian dengan destinasi dapat menjangkau target atau tugas dari instansi atau organisasi. Secara umum administrasi pun dapat ditafsirkan sebagai kegiatan surat menyurat, mencatat, pembukuan perusahaan, dan pekerjaan kegiatan teknis perusahaan/ instansi.

Sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan, tak menyeluruh rasanya andai tidak membicarakan tentang istilah administrasi atau yang dalam kenyataannya sering pun disebut dengan administrasi perkantoran, tanpa menyaksikan dari sudut pandang semua ahli. Dimulai dari definisi administrasi menurut keterangan dari para ahli.

Ada banyak berpengalaman yang menyampaikan pendapatnya tentang definisi administrasi perkantoran. Seperti contohnya George R. Terry yang mendefinisikan administrasi sebagai sebuah pekerjaan perencanaan dan pengorganisasian kegiatan di perkantoran. Sedangkan william leffingwell dan Edwin Robinson mendefinisikan administrasi sebagai di antara cabang ilmu manajemen yang mana di dalamnya sehubungan dengan kegiatan perkantoran supaya lebih efisien.


Fungsi Administrasi

Berdasarkan definisi administrasi perkantoran menurut keterangan dari para berpengalaman maupun definisi secara sempit itu dapat diputuskan jika kegiatan ini memiliki faedah atau peran yang paling penting. Nah, inilah ini ialah beberapa faedah administrasi yang mesti kita ketahui.


  • Perencaan (Planning)
Berdasarkan salah satu definisi administrasi perkantoran menurut keterangan dari para berpengalaman menuliskan andai administrasi ialah sebuah pekerjaan perencanaan. Maka, faedah administrasi yang kesatu ialah fungsi planning atau perencanaan. Dimana dalam perencanaan ini diperlukan pengumpulan dan pengolahan data lantas menyusun perencanaan.

  • Organizing
Fungsi selanjutnya yang pun menjadi definisi administrasi perkantoran menurut keterangan dari para ahli ialah fungsi organizing atau pengorganisasian. Fungsi ini ialah menyusun serta menyusun hubungan kerja antara satu pihak dengan pihak lain sampai terwujud kesatuan.

  • Reporting
Fungsi beda dari administrasi ini ialah reporting, dimana pekerjaan yang dilakukan ialah melaporkan pertumbuhan dan hasil pekerjaan melalui keterangan-keterangan, baik dalam format lisan maupun tulisan. Dengan adanya faedah ini, pihak yang menerima laporan kegiatan dapat mengetahui dan mendapatkan cerminan informasi atas pengamalan tugas yang telah dikerjakan.

  • Budgeting
Fungsi terakhir ini sebenarnya dapat masuk dalam ranah administrasi tetapi dalam bidang keuangan. Dimana bila disaksikan menurut faedah administrasi finansial ini ialah untuk mengelola atau menata segala perencanaan tentang perkiraan atau finansial yang digunakan. Pada dasarnya, definisi administrasi finansial ini nyaris sama dengan administrasi perkantoran, tetapi lebih spesifik dalam faedah mengatur keuangan.

Administrasi Perkantoran dan Administrasi Keuangan

Berdasarkan keterangan di atas, sekarang Anda sudah dapat mengetahui mengenai apa sebetulnya administrasi atau administrasi perkantoran bukan? Selain mengetahui pengertiannya, sejumlah fungsi administrasi yang sudah dilafalkan di atas mungkin dapat membantu Anda mengetahui lebih baik mengenai administrasi perkantoran.

Di samping itu, ada pun administrasi finansial yang dapat juga masuk dalam salah satu faedah administrasi secara umum. Keduanya pada dasarnya mempunyai pengertian yang sama, baik definisi administrasi perkantoran maupun keuangan. Yang berbeda ialah fungsi yang dijalankan. Jika administrasi menjalankan faedah yang lebih umum, maka faedah administrasi keuangan ingin lebih spesifik, yakni di bidang keuangan.

Demikianlah serangkaian informasi tentang pengertian administrasi beserta faedah dan misal administrasi perkantoran maupun keuangan. Semoga dapat memberikan wawasan positif untuk rekan teman semuanya.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Administrasi Berdasarkan keterangan dari para Ahli Beserta Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel