Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural dan Pemberdayaannya

Dunia-Pendidik.Com - Sebelumnya barangkali Anda tidak jarang mendengar mengenai istilah masyarakat madani dan masyarakat multicultural. Meski terkesan sama, kedua istilah tersebut sebenarnya mempunyai makna yang berbeda. Sebelum membicarakan mengenai masyarakat madani dan multicultural, kita perlu memahami dulu apa tersebut pengertian dari masyarakat. Secara umum definisi masyarakat ialah sekelompok orang yang hidup bareng di sebuah wilayah dan mempunyai tujuan yang sama untuk mendapat  kepentingan bareng untuk menemukan kehidupan yang tentram dan sejahtera.

Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural dan Pemberdayaannya

Sedangkan definisi masyarakat madani atau civil society ialah masyarakat yang beradab dalam menjalani, membangun, dan memaknai kehidupannya. Sebelum mengenal istilah masyarakat madani lebih jauh, berikut ialah pengertian masyarakat menurut keterangan dari para berpengalaman yang butuh Anda ketahui:


Pengertian Masyarakat Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

  • Paul B.Harton
Pengertian masyarakat menurut keterangan dari Paul B.Harton adalahsekumpulan insan yang menempati suatu distrik tertentu dan hidup bersama-sama dalam masa-masa yang lumayan lama. Masyarakat ini relative mandiri, mempunyai kebudayaan yang sama dan tidak sedikit berinteraksi dengan kumpulan di sekitarnya.
  • Soerjono Soekanto
Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto, definisi masyarakat ialah proses terjadinya interaksi social. Berdasarkan keterangan dari anggapannya, interaksi social ini tidak bakal terjadi andai tidak mengisi dua kriteria urgen yaitu komunikasi dan kontak social.
  • Abdul Syani
Berdasarkan keterangan dari Abdul Syani definisi masyarakat ialah hidup bersama, berkumpul bareng dengan saling memprovokasi dan saling bersangkutan satu sama lainnya.

Jika telah paham tentang istilah masyarakat, Anda bakal lebih mudah mengetahui konsep masyarakat madani. Masyarakat Madani dipungut dari kata bahasa arab yakni “madani” yang berarti beradab. Istilah ini kesatu kali dilahirkan oleh wakil perdana menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Sedangkan menurut keterangan dari Anwar Ibrahim definisi masyarakat madani adalahsebuah sistem social yang di bina menurut prinsip moral yang memastikan kestabilan masyarakat dan kemerdekaan individu.  Sedangkan definisi masyarakat multikultural ialah masyarakat yang terdiri dari sekelompok orang dengan latar belakang kebiasaan dan suku bangsa yang berbeda-beda.

Masyarakat madani dan masyarakat multikultural paling berhubungan. Sekelompok orang bisa disebut sebagai masyarakat madani andai orang-orang didalamnya menjunjung tinggi bakal toleransi perbedaan suku bangsa dan kebiasaan yang terdapat di sekitarnya. Bagi terwujudnya masyarakat madani maka perlu dilaksanakan pemberdayaan masyarakat.

Pengertian pemberdayaan masyarakat tersebut sendiri ialah proses pembangunan sdm (sumber daya manusia) atau masyarakat dalam mencari kreativitas, daya pikir, keterampilan pribadi, dan kompetensi dari setiap pribadi dalam masyarakat guna memperbaiki suasana menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain memahami pengertian masyarakat madani, Anda pun perlu memahami ciri-ciri dari masyarakat madani. Apa saja ciri ciri masyarakat madani ? Berikut pembahasan lengkapnya untuk kamu semuanya:


Ciri Ciri Masyarakat Madani

  • Memiliki kemajuan yang tinggi
Sekelompok orang dapat disebutkan sebagai masyarakat madani andai mempunyai peradaban dan tata karma yang bagus dan bisa dicontoh orang banyak. Tentunya definisi bertata krama disini tidak melulu sekedar dengan penciptanya tapi pun dengan sesame manusia.
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai
Di samping mempunyai tata krama yang bagus, masyarakat madani pun mempunyai ciri menjunjung tinggi nilai-nilai laksana norma, dan hukum yang dilandasi dengan iman, teknologi, dan ilmu. Dengan demikian mereka hidup menurut norma dan hukum yang berlaku di negaranya dan tidak melenceng dari doktrin agamanya.
  • Mengedepankan kesederajatan dan transparansi
Masyarakat madani mengedepankan kesederajatan dimana mereka memandang bahwa wanita dan laki-laki mempunyai hak yang sama guna mendapatkan peluang dalam sekian banyak  hal. Salah satunya ialah dalam demokrasi.

Demikianlah sejumlah pengertian masyarakat menurut pendapat semua ahli, definisi masyarakat madani, serta ciri-ciri dari masyarakat madani. Selamat belajar dan pastinya semoga berfungsi untuk rekan teman semuanya yang sedang memerlukan informasi tentang masyarakat madani maupun masyarakat multikutural.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Masyarakat Madani, Multikultural dan Pemberdayaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel