Pengertian Sejarah Secara Umum dan Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Dunia-Pendidik.Com - Definisi Sejarah ialah hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Peristiwa di masa kemudian yang mempunyai nilai dan peran penting untuk kehidupan masa sekarang maupun masa depan. Pengertian sejarah dapat diartikan cocok dengan konteks dan fungsinya. Sejarah ini dapat diartikan sebagai kejadian yang telah terjadi pada masa lalu. Sejarah juga dapat diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai kejadian atau peristiwa di masa lampau.

Pengertian Sejarah Secara Umum dan Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Pengertian sejarah secara umum dipungut dari bahasa Yunani historia yang memiliki makna pengetahuan atau investigasi yang diperoleh dari sebuah proses penelitian. Sedangkan definisi sejarah beda juga diperoleh dari bahasa Arab syajaratun yang berarti pohon yang bercabang. Pengertian ini menunjukkan andai sejarah tersebut bercabang-cabang dan bakal terus berkembang dari masa-masa ke waktu.

Tidak berhenti pada dua definisi sejarah yang sudah dilafalkan di atas, berbagai berpengalaman juga mengungkapkan definisi dari sejarah menurut pandangannya masing-masing. Nah, inilah ini ialah pengertian sejarah menurut keterangan dari para ahli.



Pengertian Sejarah Berdasarkan keterangan dari Para Ahli



  • Pengertian Sejarah Berdasarkan keterangan dari Herodotus
Jika berkata sejarah, maka figur satu ini jangan dilupakan atas pemikirannya mengenai sejarah. Pengertian sejarah menurut keterangan dari para berpengalaman akan dibuka dari Bapak Sejarah dunia, Herodotus. Pengertian sejarah menurut keterangan dari Herodotus ialah suatu kajian yang mengisahkan tentang perputaran seseorang atau suatu peradaban, baik mengenai jatuh maupun bangunnya.


  • Pengertian Sejarah Berdasarkan keterangan dari Aristoteles
Ilmuwan selanjutnya yang pun memberikan pemikirannya tentang definisi sejarah ialah Aristoteles. Aristoteles mendefinisikan sejarah sebagai suatu sistem yang menganalisis tetang satu kejadian dan dibentuk secara kronologis. Peristiwa atau kejadian yang dibentuk itu mesti mempunyai daftar atau format lainnya sebagai bukti kebenaran kejadian yang dibentuk tersebut.


  • Pengertian Sejarah Berdasarkan keterangan dari Kuntowijoyo
Pengertian sejarah menurut keterangan dari para berpengalaman berikutnya diungkapkan oleh Kuntowijoyo. Kuntowijoyo mengulas sejarah sebagai kenyataan yang disuguhkan secara ideografis, empris, diakronis dan unik. Sejarah mempunyai sifat ideografis sebab menggambarkan mengenai sesuatu, sementara diakronis sebab disuguhkan menurut masa-masa dan empiris dengan kata lain sejarah tersebut bersandar pada suatu pengalaman insan yang benar-benar terjadi.

Di samping mengenal definisi sejarah yang didefinisikan dalam berbagai format oleh semua ahli, Anda pun harus memahami apa tersebut teks kisah sejarah. Pengertian teks kisah sejarah dapat diartikan sebagai teks atau artikel yang isinya mengisahkan peristiwa masa kemudian yang disajikan menurut urutan masa-masa dan fakta. Peristiwa atau urusan yang dikisahkan itu mestilah peristiwa yang mempunyai nilai sejarah.

Dalam penulisan teks kisah sejarah ini pun harus menurut struktur yang baik supaya mudah dipahami. Struktur penulisan teks sejarah tersebut terdiri dari orientasi, urutan peristiwa yang ditulis secara kronologis dan reorientation. Karena mengisahkan sebuah peradaban, setiap kemajuan mempunyai sejarah yang terdiri dari pelbagai peristiwa urgen di dalamnya.

Salah satu kemajuan yang pun masuk dalam peristiwa sejarah ialah peradaban Islam. Pengertian sejarah kemajuan Islam ini ialah kronologi peristiwa pada masa dimana agama Islam dalam masa puncak kejayaannya.

Setiap kehidupan insan tidak bis dicungkil dari sejarah. Secara umum, sejarah dapat diartikan sebagai suatu peristiwa penting, yang mana peristiwa urgen ini bakal terus berkembang seiring evolusi waktu.

Sebagai suatu ilmu, sejarah menganalisis dan mempelajari peristiwa yang terjadi di masa lampau tersebut menurut bukti dan kenyataan yang ditemukan yang lantas dituangkan dalam artikel teks kisah sejarah dan ditulis secara kronologis.

Tujuan penulisannya ialah untuk menyerahkan informasi peristiwa urgen yang terjadi di masa lampau menurut kenyataan dan bukti yang ditemukan. Nah, sejumlah pengertian sejarah menurut keterangan dari para berpengalaman di atas semoga dapat memberikan informasi lebih pada Anda. Sekian dan semoga dapat memberikan guna untuk rekan teman semuanya.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sejarah Secara Umum dan Berdasarkan keterangan dari Para Ahli"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel