Tradisi Unik Makan Bajamba Orang Minang

Dunia-Pendidik.Com - Makan Bajamba adalahTradisi Minangkabau dan melulu ada pada hari tertentu saja, khususnya pada hari pesta pernikahan. Tradisi ini telah ada semenjak zaman nenek moyang orang minang dahulu, santap bajamba sendiri maksudnya ialah makan di dalam piring besar dimasukkan nasi dan lauk-pauk nya dengan Porsi yang besar pula, dan dimakan secara bersama-sama.

Tradisi Unik Makan Bajamba Orang Minang

Biasanya santap Bajamba dilaksanakan antara 5-7 orang dalam sekelompok orang yang santap secara bareng itu, pada umumya nyaris disemua wilayah diminagkabau terdapat tradisi santap bajamba ini, melulu saja yang memisahkan jenis makanan yang terdapat di dalamnya, laksana Di kota Bukittinggi seringkali dalam santap bajamba terdapat menu spesial yang wajib guna dihidangkan.

Makan Bajamba Bukan Hanya terdapat pada acara pernikahan saja, tetapi ada pun pada acara resmi laksana Ulang tahun wilayah / kota, atau bahkan dalam rangka menyambut tamu yang berangjangsana kedaerah Minangkabau ini, dengan menghidangkan santap bajamba ini, pastinya masyarakat bareng pemerintah hendak memperkenalkan tradisi menarik yang terdapat di minangkabau ini.

Makan Bajamba ini pastinya tidak dilaksanakan di Rumah Makan, bahkan bila kita hendak menikmati santap bajamba ini dengan mengunjungi Rumah Makan Padang, maka anda tidak akan menemuinya, sebab ia ditemukan pada acara yang eksklusif dan lokasi yang eksklusif pula yang telah disiapkan oleh ibu-ibu minangkabau ini.

Pada acara lain ialah pada ketika Batagak Penghulu (malewakan gala/memberikan gelar), yakni seseorang yang di angkat/ dinobatkan oleh kaumnya menjadi Penghulu yang dinamakan Datuk / Mamak kepala kaum.

Tradisi Unik Makan Bajamba Orang Minang

Dan terakhir Makan Bajamba ini pun ada dilaksanakan ketika Mendo'a atau Tahlilan dengan mengundang masyarakat setempat guna datang ke rumah.

Aturan Uniknya dalam santap bajamba ialah :
  1. Makan-bajamba dilakukan secara bareng (group), dalam satu piring besar yang dalam bahasa minang dinamakan talam.
  2. Makan bajamba untuk laki-laki duduk bersila di atas lantai mengelilingi talam/melingkar (saling berhadapan). 
  3. Bagi wanita duduk bersimpuh, pun saling berhadapan mengelilingi talam.

Siapakah janang Itu ?

Janang merupakan, orang yang ditunjuk tuan lokasi tinggal untuk mendampingi tamu makan. Seorang janang pun turut makan. tetapi pun bertugas untuk meningkatkan nasi, dan sambal (gulai/lauk pauknya serta sayur) bila kurang. Janang tersebut tidak boleh mubazir. Artinya nasi dan sambal yang terdapat dalam talam mesti berakhir di makan. Makanya masa-masa menambahkan nasi dan sambal, janang mesti bisa memperkirakan dan menambahnya secara berangsur.

Demikian saja informasi tradisi menarik Di wilayah Minangkabau ini, semoga meningkatkan wawasan anda dalam keberagaman adat dan kebiasaan di Indonesia ini. like dan share andai bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tradisi Unik Makan Bajamba Orang Minang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel