Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut manajemen strategi? Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat diperlukan untuk pekerjaan apapun, khususnya dalam menjalankan bisnis. Strategi yang tepat dan dibentuk secara terorganisir akan menciptakan sebuah organisasi bisa lebih mudah mengemban misi untuk menjangkau tujuan.

Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Pengertian Manajemen Strategi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Beberapa berpengalaman di bidang ilmu manajemen pernah menyatakan tentang pengertian manajemen strategis, diantaranya merupakan:

1. J. David Hunger

Berdasarkan keterangan dari J. David Hunger, definisi manajemen strategi ialah serangkaian keputusan dan perbuatan manajerial yang menilai kinerja suatu perusahaan dalam jangka masa-masa yang lama.

Jadi, pada intinya pengertian manajemen strategi adalahsuatu perbuatan perencanaan dan penataan strategi yang efektif yang dilakukan supaya tujuan bisnis terjangkau dan pastinya bisnis bisa dilangsungkan dalam masa-masa yang lama.

2. Thomas Wheelen and Co (2010)

Berdasarkan keterangan dari Thomas Wheelen, definisi manajemen strategi ialah serangkaian keputusan manajerial dan sekian banyak  kegiatan yang menilai keberhasilan perusahaan guna jangka panjang. Kegiatan tersebut tergolong perumusan/ perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, dan evaluasi.

3. Nawawi

Perencanaan itu memungkinkan organisasi guna menjalankan tujuan dalam upaya guna menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional guna menghasilkan barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, dan optimasi yang ditunjukkan pada pencapaian destinasi strategis organisasi.

4. Bambang Haryadi (2003)

Berdasarkan keterangan dari Bambang Haryadi, definisi manajemen strategi ialah sebuah proses yang dibentuk secara sistematis oleh manajemen guna merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan penilaian terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian pekerjaan tersebut bertujuan guna mewujudkan visi dan misi suatu organisasi.


Tujuan Manajemen Strategi

Setelah memahami pengertian manajemen strategis, pastinya kita pun harus memahami apa tujuannya. Seperti namanya, dalam manajemen startegis seorang manajer bertugas untuk merangkai serangkaian strategi perusahaan dan seringkali lebih dikaitkan dengan pemasaran.

Manajer menyusun, mengatur, mengimplementasi dan pun mengevaluasi strategi-strategi yang telah disepakati dengan destinasi untuk menjangkau target.

Berikut 4 destinasi utama manajemen startegis dalam bisnis:
 
1. Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan

Seperti yang sudah disebut-sebut dalam definisi manajemen organisasi diatas bahwa manajer berperan untuk menunjukkan semua pihak dalam urusan ini sumber daya perusahaan guna melakukan pekerjaan yang mengarah pada destinasi perusahaan. Arah pekerjaan yang jelas mesti menjadi landasan guna mengendalikan dan mengevaluasi keberhasilan.

2. Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak

Manajer dalam merangkai strategi dengan mempertemukan keperluan masing-masing pihak laksana supplier, karyawan, pemegang saham, perbankan dan pun masyarakat secara luas. Komponen itu berperan dalam sukses atau tidaknya kepandaian yang dibuat.

3. Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata
Dengan adanya manajemen strategis memungkinkan semua eksekutif guna mengantisipasi evolusi serta menyiapkan pedoman guna pengendalian. Tujuannya guna memperluas kerangka beranggapan secara perspektif.

4. Berkaitan Dengan Efektivitas dan Efisiensi

Manajer strategi bertanggung jawab tidak melulu untuk mengkonsentrasikan keterampilan diatas kepentingan efisiensi melainkan pun mempunyai perhatian yang serius terhadap sumber daya guna bekerja keras dengan mengerjakan pekerjaan secara efektif.

Pada pelaksanaannya destinasi manajemen strategis ialah sebagai berikut:
  1. Bagi mengimplementasikan dan melakukan penilaian strategi yang sudah dipilih secara efektif dan efisien
  2. Bertujuan guna mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, mengerjakan koreksi dan penyesuaian andai ditemukan pembiasan dalam implementasi strategi
  3. Untuk menciptakan strategi baru yang dirumuskan supaya sesuai dengan pertumbuhan lingkungan eksternal
  4. Bertujuan guna meninjau ulang kekuatan dan kekurangan organisasi, menyaksikan peluang dan ancaman dalam bisnis
  5. Agar organisasi bisa berinovasi atas produk atau layanan sehingga dapat terus diterima oleh konsumen.
 

Manfaat Manajemen Strategi
Seperti yang telah dilafalkan di atas, manajemen strategi sangat dibutuhkan untuk sekian banyak  kegiatan untuk dapat mencapai destinasi dengan baik. Berikut ini ialah beberapa guna manajemen strategi:
  1. Manajemen strategi bisa menghasilkan keputusan terbaik untuk organisasi
  2. Kegiatan merumuskan strategi akan menolong meningkatkan keterampilan organisasi dalam menghadapi sekian banyak  tantangan
  3. Keterlibatan pegawai dalam merumuskan strategi akan menciptakan merek memahami dan menghargai produktivitas yang pada akhirnya menambah motivasi kerja
  4. Implementasi manajemen strategi akan menciptakan sebuah organisasi menjadi lebih peka terhadap ancaman dari luar
  5. Manajemen strategi yang baik akan menolong mencegah sekian banyak  masalah yang berasal dari dalam ataupun dari luar
  6. Implementasi manajemen strategi akan menciptakan proses operasional suatu organisasi menjadi lebih efektif dan efisien
  7. Strategi manajemen menolong perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan
  8. Pelaksanaan manajemen strategi akan menciptakan organisasi lebih profitable ketimbang organisasi yang belum menerapkannya

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Seorang pemula dalam dunia bisnis khususnya pada skala yang kecil, seringkali cenderung melalaikan dasar-dasar dalam mengerjakan bisnis. Mereka ingin memulai bisnis tanpa rencana, melulu menetapkan sasaran tanpa menciptakan strategi.

Dalam suatu perusahaan khususnya pada bisnis komersial pasti saja merangkai manajemen strategis paling dibutuhkan. Berikut sejumlah tahapan dalam proses merangkai manajemen strategis:

1. Merumuskan Strategi

Pada etape ini organisasi akan mengerjakan pengembangan visi dan misi, mengerjakan analisis SWOT, menilai dan memutuskan tujuan jangka panjang organisasi, dan sejumlah strategi pilihan lainnya.

2. Menerapkan Strategi

3. Mengevaluasi Strategi
Lingkungan terus berubah seiring berjalannya masa-masa sehingga dibutuhkan evaluasi secara rutin. Tujuannya untuk menyaksikan faktor-faktor baik secara internal maupun eksternal perusahaan.

Ada tiga pekerjaan utama dalam penilaian strategis, diantaranya:
  1. Mengkaji ulang sekian banyak  faktor internal dan eksternal yang menjadi landasan perumusan strategi yang sudah diterapkan sebelumnya
  2. Mengukur kinerja ketika ini
  3. Melakukan upaya perbaikan terhadap kelemahan kinerja sebelumnya demi keberhasilan di masa depan

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif
Sekarang anda suda paham tentang definisi manajemen strategi dan pentingnya strategi dalam menjalankan sebuah bisnis. Akan tetapi, anda belum memiliki teknik yang ampuh dalam merangkai strategi bisnis yang baik.

Berikut ini ialah bagaimana teknik menyusun strategi bisnis yang efektif:
 
1. Berpikir Kritis

Seseorang yang berfikir kritis bakal lebih gampang dalam memahami masalah-masalah yang ada ketika ini. Dengan memahami suatu masalah, seseorang nantinya akan berjuang mencari jalan keluar.

Nah, dalam menjalankan strategi yang baik, seseorang butuh berfikir kritis guna dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam lingkup internal maupun eksternal sampai-sampai akan meminimalisir resiko kegagalan dalam bisnis.

2. Berpikir Kreatif

Dalam melakoni usaha bisnis, anda dituntut guna berfikir kreatif khususnya dalam menilai jenis produk atau barang yang bakal diproduksi. Keuggulan sebuah produk atau jasa serta kebutuhannya dalam kehidupan masyarakat akan menolong menarik minat mereka guna menggunakannya.

3. Berani Mengambil Resiko
Bisnis ialah dunia yang keras, sarat liku dan tidak terdapat yang berlangsung mulus. Untuk mengawali suatu bisnis diperlukan orang-orang yang berani memungut resiko.

Orang yang ragu bakal mengalami kendala bahkan untuk mengawali sekalipun. Akan tetapi, pada pelaksanaannya seseorang yang berani memungut resiko pun perlu bekerja keras supaya usaha yang dijalankan berbuah manis.

4. Berpikir Terbuka dan Oportunis

Berpikir tersingkap sangat urgen dalam bisnis, terutama menyaksikan bisnis kita dalam sudut pandang yang bertolak belakang untuk memunculkan gagasan baru. Orang yang berfikir tersingkap akan lebih gampang bankit dan membina terhadap kritik dari orang lain. Seseorang yang oportunis bakal lebih gampang dalam menggali dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

5. Menjadi Orisinil

Ciptakan produk yang bisa menjadi ciki khas dari usaha yang kita geluti tanpa butuh menjiplak orang lain, sebab itulah yang memisahkan produk kita dari produk beda di mata konsumen.

Jadi, dapat diputuskan bahwa definisi manajemen strategi dalam sebuah bisnis sehubungan erat dengan bagaimana perusahaan memaksimalkan keuntungan melewati kinerja yang tepat guna dan efektif. Semoga bermanfaat.                       

Belum ada Komentar untuk "Manajemen Strategi: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya dalam Bisnis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel