Pengertian Brainware dan Contohnya, Serta Peranannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut brainware? Pengertian Brainware ialah orang yang memakai atau mengoperasikan sebuah perlengkapan komputer. Sedangkan sejumlah contoh brainware ialah programer, netter, dan semua pemakai komputer lainnya.

Pengertian Brainware dan Contohnya, Serta Peranannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Pengguna komputer biasa dinamakan dengan user, mereka dipecah menjadi sejumlah macam.

Berikut ini ialah contoh brainware:

  • Programer: orang yang punya keterampilan dalam bahasa pemorograman, tidak jarang berperan sebagai menciptakan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi.
  • Administrator: orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program yang dipakai pada komputer atau jaringan komputer.

Dalam sistem komputer, brainware menjadi urusan yang sangat urgen dan tidak diceraikan dari hardware dan software. Mengapa demikian? Hardware di dalam komputer tidak dapat dijalankan tanpa adanya software, sementara tanpa adanya brainware maka aplikasi dan hadware tidak dapat berjalan.

Jadi, ketiga komponen itu saling memerlukan satu dengan yang lain.

Pengertian Brainware dan Perannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan

Pengertian brainware dalam dunia komputerisasi dikenal sebagai seseorang yang tercebur dalam pengoperasian serta penataan sistem yang terdapat dalam perlengkapan komputer.

Namun, dalam dunia Bisnis dan pengembangan perusahaan, brainware ialah seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki keterampilan intelektual guna mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemen.

Secara umum, brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis dibutuhkan untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan dalam urusan kompetisi. Hal ini sebab sistem informasi memainkan peranan urgen dalam menghadapi kompetisi bebas.


Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan

Brainware ialah orang yang memiliki, membangun, memantau dan mengendalikan sistem informasi dalam organisasi atau bisnis. Untuk menjangkau tujuan dalam suatu bisnis yang diimplementasikan dalam perusahaan, membutuhkan sejumlah komponen sebagai berikut yang mesti terdapat sebagai penyokong manajemen sistem informasi untuk meningkatkan keterampilan untuk berlomba dengan kompetitor.

Komponen-komponen brainware yang mesti terdapat dalam perusahaan mencakup:

1. Sistem Analis

Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan riset di dalam memilih perangkat empuk beserta dengan keperluan yang cocok dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis mesti memiliki kemahiran seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.

2. Progammer

Seseorang yang memiliki keterampilan dan kemahiran dalam menguasai di antara atau lebih bahasa pemograman dalam dunia komputerisasi. Progammer bertugas untuk menciptakan dan mempersiapkan program-program yang dapat menyokong sistem komputer yang bakal atau sudah dirancang. Progammer penting andai saja terjadi hack terhadap database perusahaan.

3. Administrator

Seseorang yang mempunyai tugas dan keterampilan untuk mengelola sebuah sistem operasi beserta program yang dijalankan pada suatu komputer maupun jaringan dalam perusahaan. Ada pun yang dinamakan dengan database administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai dokumentasi perusahaan yang jangan hilang.

4. Konsultan

Seorang brainware yang mempunyai pengetahuan dibidang komputerisasi namun seringkali tidak berperan guna menangani secara langsung, melulu sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan membutuhkan komponen ini untuk menggali solusi bersangkutan teknik manajemen sistem informasi yang tepat dan mengurangi terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

5. Project Manajer

Seorang komando atau pemimpin dari sebuah project tertentu. Biasanya pun disebut sebagai mandor. Dalam suatu bisnis pasti saja ada sejumlah project yang dipimpin oleh seorang project manajer. Komponen ini urgen sebagai format pengendalian dan pengawasan.

Braiware mempunyai peranan langsung terhadap keoptimalan dalam urusan manajemen informasi sebuah bisnis yang sedang berkembang. Beberapa peran seorang brainware dalam bisnis antara lain:
  1. Sebagai unit manajemen terhadap segala urusan yang sehubungan dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis mesti mempunyai komponen brainware sebagai sekelompok orang yang bakal mengelola manajemen informasi perusahaan.
  2. Sebagai pengendali dan pemantauan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Tidak adanya peran brainware dapat berdampak pada kurangnya pemantauan terhadap database perusahaan dan meningkatkan bisa jadi data diretas oleh kompetitor.
  3. Seorang pemimpin perusahaan tergolong brainware, yaitu sebagai benak atau CPU-nya perusahaan guna mengendalikan kearah mana perusahaan bakal dibawa. Pemimpin yang tidak mempunyai kapasitas dibidangnya dapat menyebabkan perusahaan salah arah atau berlangsung di destinasi yang menyimpang. Tentu ini akan berdampak buruk untuk kelangsungan perusahaan.
  4. Komponen brainware khususnya manajer perusahaan dominan paling signifikan terhadap pengamalan sistem manajemen guna menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna untuk kelangsungan perusahaan.

Dalam suatu perusahaan bisnis yang sedang berkembang, komponen brainware mesti diupayakan untuk dipunyai sebagai tahapan untuk mengarah ke keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik menghasilkan informasi-informasi yang berfungsi secara langsung terhadap pertumbuhan perusahaan beserta keamanannya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian brainware, contohnya, dan peranannya dalam bisnis dan perusahaan. Semoga bermanfaat                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Brainware dan Contohnya, Serta Peranannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel