Proses Komunikasi Beserta Unsur-Unsur dan Penjelasan Lengkapnya

Dunia-Pendidik.Com - Dalam kehidupan sehari-hari, insan saling berinteraksi dan mengerjakan komunikasi, baik tersebut secara lisan atau lewat tulisan. Saat kita berkata dengan teman, berkirim pesan lewat sosial media, atau ketika presentasi tugas, maka anda sedang mengerjakan proses komunikasi, dimana anda mengirim pesan yang diterima oleh penerima pesan.

Proses Komunikasi Beserta Unsur-Unsur dan Penjelasan Lengkapnya

Jika diterangkan secara singkat, maka definisi komunikasi ialah pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua pribadi atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Komunikasi dapat terjadi andai ada 2 orang atau lebih, dapat terjadi antar pribadi dengan individu, pribadi dengan kelompok, atau kumpulan dengan kumpulan lain.

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator mengucapkan pesan untuk komunikannya, sampai-sampai dapat membuat suatu persamaan arti antara komunikan dengan komunikatornya. Tujuan komunikasi ialah untuk membuat komunikasi yang efektif.

Komunikasi memiliki faedah dan destinasi yang urgen dalam interaksi insan sehari-hari. Beberapa faedah komunikasi antara lain menyerahkan informasi, mengucapkan pendapat, menyerahkan motivasi pada orang lain, memberi saran, sugesti, dan anjuran pada orang lain, mengekspresikan emosi, dan tidak sedikit lagi faedah komunikasi yang lainnya.

Proses terjadinya komunikasi tergolong sebagai sebuah proses paparan informasi dari satu pihak ke pihak beda dimana seseorang atau sejumlah orang, kelompok, organisasi dan masyarakat membuat dan memakai informasi supaya terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Proses Komunikasi

Berikut akan diterangkan proses terjadinya sebuah komunikasi, dari mulai pesan bakal dikirim, hingga diterima penerima pesan serta reaksi dan umpan balik yang barangkali terjadi.


1. Pengirim Mengirim Pesan

Pada mula komunikasi, sebuah pesan (message) yang bakal dikirim oleh pengirim pesan (komunikator/sender) bakal disandikan (encoding) terlebih dahulu dalam simbol-simbol tertentu (kata-kata, isyarat, tulisan, dan sebagainya). Tujuannya supaya pesan yang dikatakan mudah dimengerti dan menjaadi lebih efektif sampai-sampai penerima pesan bisa menginterpretasikan pesan tersebut cocok maksud pengirim pesan.


2. Pesan Terkirim Melalui Media Tertentu

Setelah itu, pesan tersebut diantarkan pada penerima pesan memalui drainase atau media tertentu, tergantung pada jenis komunikasi yang dilakukan. Misalnya bila dilaksanakan komunikasi langsung secara face-to-face, maka pesan ucapan-ucapan akan terkirimkan melewati media udara.


3. Penerima Menerima Pesan

Selanjutnya, pesan itu akan diterima oleh penerima pesan (komunikan/receiver) dan pun akan ditransformasikan pulang (decoding) menjadi bahasa yang dimengerti. Singkatnya ini adalahproses untuk mengetahui pesan oleh penerima pesan, dengan harapan arti yang dicerna sesuai dengan yang dimaksud pengirim pesan.


4. Penerima Memberi Respon

Setelah pesan diterima dan diinterpretasi, maka bakal ada reaksi atau respon dari penerima pesan, dapat berupa perbuatan atau evolusi tertentu. Respon yang dilaksanakan juga tergantung bagaimana penerima menikmati pesan tersebut sesuai konteksnya atau tidak.


5. Timbul Umpan Balik

Terakhir dalam proses komunikasi bakal timbul umpan balik atau feedback dari penerima pesan, sebagai wujud dari pesan yang telah tersampaikan. Hal ini terjadi pada komunikasi dua arah yang berarti penerima pesan dan pengirim pesan bakal bertukar peran, dan bakal saling berinteraksi satu sama lain.


6. Potensi Terjadi Hambatan

Pada proses komunikasi juga dapat terjadi gangguan atau hambatan, yaitu kegaduhan atau noise yang dapat menghalangi pesan terkirim. Dalam komunikasi langsung, hambatan ini dapat berupa suara-suara lain sampai-sampai pesan dari pengirim pesan tidak tersampaikan seutuhnya, sampai-sampai harus mengirim ulang pesan tersebut.
Unsur-Unsur Komunikasi

Secara umum ada 9 unsur-unsur komunikasi yaitu sender, encoding, message, media, decoding, receiver, response, feedback, dan noise. Berikut adalahunsur-unsur komunikasi dan keterangan lengkapnya.
  1. Sender atau komunikator, ialah orang atau kumpulan yang mengantarkan pesan
  2. Encoding, ialah proses transmisi atau transfer informasi dari seseorang untuk orang lain.
  3. Message, ialah pesan atau informasi yang dikatakan oleh komunikator.
  4. Media, ialah saluran yang dipakai sebagai perangkat untuk mengucapkan pesan supaya diterima komunikan.
  5. Decoding, ialah proses menerjemahkan pesan yang dilaksanakan penerima pesan.
  6. Receiver atau komunikan, ialah orang atau pihak yang menerima pesan.
  7. Response, ialah reaksi penerima pesan berhubungan pesan yang diserahkan pengirim pesan.
  8. Feedback, ialah umpan balik atau wujud dari penerima pesan pada pengirim pesan.
  9. Noise, ialah hambatan yang barangkali terjadi dalam proses komunikasi.

Nah demikian referensi ulasan proses terjadinya komunikasi beserta penjelasan menyeluruh dan unsur-unsur komunikasi, yang terdiri dari sender, encoding, message, media, decoding, receiver, response, feedback, dan noise. Semoga dapat menjadi referensi dan meningkatkan wawasan.                       

Belum ada Komentar untuk "Proses Komunikasi Beserta Unsur-Unsur dan Penjelasan Lengkapnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel