Manfaat Kebugaran Jasmani Beserta Fungsi dan Tujuannya

Dunia-Pendidik.Com - Kebugaran jasmani ialah kemampuan seseorang untuk mengerjakan berbagai kegiatan fisik yang memerlukan fleksibilitas, daya tahan, dan kekuatan. Terdapat guna dan faedah kebugaran jasmani untuk tubuh manusia.

Manfaat Kebugaran Jasmani Beserta Fungsi dan Tujuannya

Secara umum definisi kebugaran jasmani ialah kemampuan dan daya tahan jasmani atau tubuh seseorang dalam mengerjakan berbagai kegiatan kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami keletihan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga guna melakukan pekerjaan yang lain.

Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan sekian banyak  jenis dan cara berolahraga. Misalnya laksana lari cepat, lari jogging, push up, squat jump, senam, pelajaran melempar objek, dan sebagainya.

Terdapat sejumlah komponen kebugaran fisik di antaranya ialah kecepatan (speed), kekuatan (strength), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), kelincahan (agility), ekuilibrium (balance), reaksi (reaction), ketepatan (accuracy), koordinasi (coordination), dan daya otot (muscular power).

Dengan melakukan pelajaran kebugaran jasmani pasti ada tidak sedikit manfaat yang diperoleh tubuh. Tujuan berolahraga tidak melulu untuk kesehatan secara fisik, tapi pun kesehatan secara mental.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Ada sejumlah manfaat dan faedah kebugaran jasmani untuk tubuh kita, di antaranya akan dibicarakan di bawah ini.

  • Menyehatkan tubuh
Manfaat kebugaran fisik yang sangat utama ialah menyehatkan tubuh. Dengan pelajaran kebugaran fisik yang rutin, tubuh menjadi sehat baik secara jasmani maupun mental serta terhindar dari sekian banyak  penyakit.

  • Menjaga berat badan supaya tetap ideal
Kebugaran jasmani pun dapat mengawal berat badan supaya tetap terkendali. Dengan berolahraga pun akan menangkal terjadinya obesitas atau keunggulan berat badan yang berlebihan.

  • Meningkatkan energi dan stamina
Fungsi kebugaran jasmani pun penting untuk menambah energi dan stamina fisik. Latihan kebugaran menambah jumlah energi, serta hormon endorfin dan serotonin di dalam otak, yang dapat menambah stamina dalam beraktivitas.

  • Memperbaiki keadaan hati
Tahukah anda bahwa berolahraga pun dapat membetulkan mood atau keadaan hati? Jika keadaan hati sedang buruk, usahakanlah untuk berolahraga dan berlatih kebugaran jasmani supaya menjadi lebih motivasi lagi.

  • Mengurangi stress
Kebugaran jasmani pun dapat mengurani stress. Beban kegiatan yang tidak sedikit membuat anda stress. Dengan melakukan pelajaran kebugaran jasmani, tingkat stress kita dapat berkurang.

  • Menurunkan desakan darah tinggi
Manfaat kebugaran fisik lainnya ialah dapat menurunkan desakan darah tinggi atau gangguan hipertensi. Dengan begitu, tubuh kita pun terhindar dari penyakit jantung atau stroke.

  • Mencegah serangan penyakit
Manfaat kebugaran jasmani pun penting untuk menangkal serangan penyakit. Dengan teratur berolahraga, tubuh anda terhindar dari penyakit jantung, stroke, obesitas, osteoporosis, depresi, sakit punggung, dan sebagainya.

  • Mencegah penuaan dini
Olahraga yang teratur juga bermanfaat dapat menangkal penuaan dini. Aktivitas yang dilaksanakan secara tertata dapat menambah metabolisme dalam tubuh sampai-sampai dapat menunda proses penuaan.

  • Meningkatkan kinerja otak
Kebugaran fisik juga dapat meningkatkan kinerja otak. Dengan melakukan pelajaran fisik, dapat menolong sirkulasi darah ke otak, yang dominan  pada meningkatkan kepintaran otak.

  • Meningkatkan respon tubuh
Respon menjadi di antara unsur kebugaran fisik yang penting. Dengan teratur olahraga, pun dapat menambah respon tubuh kita. Tubuh anda akan menjadi lebih cepat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

  • Memperbaiki hubungan sosial
Fungsi kebugaran jasmani pun penting untuk membetulkan hubungan sosial. Kita dapat berolahraga bersama dengan rekan dan family sehingga kekariban akan terjalin satu sama lain.

  • Mencegah insomnia
Tujuan kebugaran jasmani dapat digunakan untuk menangkal insomnia. Dengan berolahraga secara teratur akan membetulkan kualitas istirahat kita dan menangkal insomnia atau gangguan tidur.

Nah itulah referensi faedah dan guna kebugaran jasmani untuk kesehatan tubuh manusia. Ada tidak sedikit manfaat yang dapat kita dapatkan dengan teratur berolahraga dan berlatih kebugaran jasmani.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Kebugaran Jasmani Beserta Fungsi dan Tujuannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel