Contoh Akomodasi di Lingkungan Sekitar Beserta Bentuk-Bentuknya

Dunia-Pendidik.Com - Akomodasi adalah istilah dalam sosial psikologi sebagai upaya solusi konflik antara dua pihak atau lebih. Bentuk-bentuk akomodasi ada tidak sedikit jenisnya, tiap format memiliki misal masing-masing yang dapat dijabarkan.

Contoh Akomodasi di Lingkungan Sekitar Beserta Bentuk-Bentuknya

Adapun secara umum definisi akomodasi dalam ilmu sosial dan psikologi ialah upaya yang dilaksanakan untuk menuntaskan masalah atau konflik yang terjadi antara dua pihak atau lebih sampai-sampai tercapai suatu suasana yang lebih kondusif.

Tujuan akomodasi urgen untuk meminimalisir pertentangan antar dua kumpulan atau lebih, serta memungkinkan terjadinya kerjasama antara dua belah pihak atau lebih. Hal ini yang menciptakan akomodasi tergolong bagian interaksi sosial asosiatif. Tiap format tentu memiliki misal masing-masing yang dapat kita amati di kehidupan sehari-hari.

Contoh Akomodasi dan Bentuk-Bentuknya‘

Berikut akan diberikan contoh-contoh akomodasi di lingkungan sekitar cocok dengan bentuknya masing-masing, mulai dari koersi, kompromi, arbitrase, mediasi, konsiliasi, toleransi, dan stalemate.

Contoh Koersi

Koersi ialah bentuk akomodasi yang dilangsungkan karena paksaan kehendak sebuah pihak terhadap pihak beda yang lemah dengan didominasi suatu kumpulan atas kumpulan lain.

Contoh koersi contohnya saat rentenir mengerjakan tindak paksaan dan ancaman supaya sang peminjam dana segera melunasi hutangnya, sehingga persoalan selesai.

Contoh Kompromi

Kompromi ialah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak terlibat bentrokan saling meredakan tuntutan sampai-sampai tercapai sebuah penyelesaian bareng dengan teknik kompromi.

Contoh kompromi contohnya saat partai A meminta jatah 5 kursi menteri pada presiden, tetapi dirasa terlampau banyak, sesudah berkompromi disepakati bahwa partai A mendapat jatah 3 kursi menteri.

Contoh Arbitrase

Arbitrase ialah bentuk akomodasi yang terjadi andai ada pihak-pihak yang berselisih tidak sanggup menjangkau kompromi sendiri, sampai-sampai diundanglah kumpulan ketiga yang tidak berat sebelah guna mengusahakan penyelesaian.

Contoh arbitrase ialah saat menuntaskan permasalahan sengketa harta waris memakai jalur pengadilan supaya pembagian serta keputusan-keputusan yang dikeluarkan dapat diamini bersama.

Contoh Mediasi

Mediasi ialah bentuk akomidasi dengan melibatkan pihak ketiga guna penengah atau juru damai.

Contoh Konsiliasi

Konsiliasi ialah bentuk akomodasi berupa upaya mempertemukan kemauan pihak-pihak yang berselisih guna tercapainya suat persetujuan bersama.

Contoh konsiliasi contohnya saat terjadi kerusuhan antara dua desa, maka kedua pihak saling bertemu dan menciptakan kesepatakan guna meredakan bentrokan satu sama lain.

Contoh Toleransi

Toleransi ialah bentuk akomodasi tanpa adanya persetujuan resmi sebab tanpa disadari dan direncanakan, adanya kemauan untuk menghindarkan diri dari bentrokan yang saling merugikan.

Contoh toleransi contohnya menghargai perbedaan antar umat beragama dengan menyerahkan penghormatan bilamana salah satu umat beragama sedang menjalankan prosesi peribadatan.

Contoh Stalemate

Stalemate ialah bentuk akomodasi yang terjadi saat kumpulan yang tercebur pertentangan mempunyai kekuatan seimbang, sampai-sampai konflik bakal berhenti dengan sendirinya.

Contoh stalemate contohnya saat perang dingin antara blok unsur timur dan blok barat di Eropa, sebab mempunyai kekuatan yang sama, sampai-sampai konflik mereda dengan sendirinya sebab tidak terdapat yang menciptakan pergerakan.

Nah itulah referensi bentuk-bentuk akomodasi dan misalnya di lingkungan selama lengkap. Ada tidak sedikit contoh interaksi sosial akomodasi yang terjadi di dekat kita dan di lingkungan masyarakat secara umum.                       

Belum ada Komentar untuk "Contoh Akomodasi di Lingkungan Sekitar Beserta Bentuk-Bentuknya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel