Fungsi Seni Rupa Beserta Contoh, Manfaat dan Tujuannya

Dunia-Pendidik.Com - Seni rupa merupakan format kesenian yang dapat dilihat dan diraba. Tentu tiap karya seni memiliki faedah dan guna tertentu. Fungsi seni rupa pun dapat digunakan guna nilai estetika, sebagai wujud ekspresi seniman, guna ritual keagamaan, dan media memperingati persitiwa tertentu.

Adapun definisi seni rupa secara umum ialah cabang kesenian yang menyusun sebuah karya seni dengan memakai media yang dapat diciduk secara kasat mata dan pun dapat dialami ataupun di sentuh dengan indera peraba.

Fungsi Seni Rupa Beserta Contoh, Manfaat dan Tujuannya

Seni rupa ialah seni yang berwujud laksana keramik, gambar, lukisan, patung, hasil cetak, desain, fotografi, video, film, dan arsitektur. Contoh-contoh karya seni rupa dapat anda lihat di dekat kita.

Seni rupa pun memiliki tidak sedikit aliran, sejumlah aliran seni rupa yang lumayan terkenal contohnya ialah realisme, naturalisme, pop art, surrealisme, kubisme, dan lain-lain. Seni rupa juga memiliki tidak sedikit macam jenis disaksikan dari sekian banyak  perspektif.

Secara umum terdapat 2 jenis-jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni lebih menekankan faedah untuk dinikmati keindahan estetikanya saja. Sedangkan seni rupa terapan pun memperhatikan faedah dan nilai fungsinya dalam kehidupan keseharian di samping nilai estetikanya.

Fungsi Seni Rupa

Apa saja fungsi-fungsi seni rupa? Di bawah ini akan diberikan penjelasan faedah seni rupa beserta guna dan tujuannya.

Fungsi Seni Rupa Berdasarkan keterangan dari Cakupannya

Berdasarkan keterangan dari cakupannya, faedah seni rupa dipisahkan menjadi dua, yakni faedah individu dan faedah sosial. Berikut ini ialah penjelasan faedah seni rupa pribadi dan sosial.

1. Fungsi Individu

Fungsi seni rupa individu ialah fungsi seni rupa yang mempunyai sifat untuk memuaskan diri sendiri. Artinya seorang seniman membuat karya seni itu melulu untuk mengekspresikan dirinya guna dapat memuaskan batin seniman tersebut sendiri.

Hasil karya seni yang diciptakan seniman akan mempunyai sifat personal dan ekspresif, sebab menjadi wujud ekspresi diri sendiri dari seniman, dapat ekspresi bahagia, sedih, marah, dan sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Selain faedah individu, pun ada faedah seni rupa sosial. Fungsi seni rupa sosial ini lebih menekankan pada menyerahkan kepuasan untuk banyak orang yang melihatnya. Hal ini bertolak belakang dari faedah individu yang melulu menitikberatkan pada kepuasan pribadi saja.

Biasanya untuk menyaksikan karya seni dari faedah sosial ini dapat dilihat di pameran atau pentas budaya. Ketika karya seni itu muncul di dalam masyarakat, maka disitulah terjadi interaksi antara audiens dan karya seni tersebut, sampai-sampai dapat lebih diapresiasi.

Fungsi Seni Rupa Secara Umum

Berikut ini ialah fungsi-fungsi seni rupa secara umum yang disaksikan dari sekian banyak  perspektif dan sudut pandang :
  • Sebagai Ungkapan Ekspresi Seniman
Fungsi seni rupa yang utama ialah sebagai wujud ungkapan ekspresi seniman pembuatanya. Ia mengekspresikan apa yang dipikirkannya ke dalam format karya seni, sampai-sampai dapat memberi kepuasan batin untuk seniman tersebut.
  • Membuat Karya Bagi Dinikmati Orang Lain
Seni rupa juga bermanfaat memberi kepuasan batin untuk orang lain. Dengan karya seni yang diciptakan seniman, maka dapat disaksikan dan dinikmati oleh orang lain, terutama para penyuka seni. Biasanya karya seni akan ditunjukkan dalam pameran atau peragaan seni.
  • Menyampaikan Nilai-Nilai Budaya
Tujuan seni rupa pun penting guna dapat mengucapkan nilai-nilai budaya. Budaya memang tidak jarang menjadi bahan ilham dalam menciptakan karya seni rupa. Hal tersebut menggambarkan kecintaannya terhadap kebiasaan asal penciptanya.
  • Sebagai Dekorasi dan Pajangan
Seni rupa pun bisa bermanfaat sebagai hiasan dan pajangan ruangan. Karya seni rupa yang dipasarkan atau dilelang dibeli dan seringkali dijadikan dekorasi, pajangan, atau koleksi individu pemiliknya. Karya seni tersebut pasti dapat menciptakan ruangan menjadi lebih indah.
  • Sebagai Ritual Keagamaan
Fungsi seni rupa juga dapat digunakan dalam ritual keagamaan. Peralatan upacara dihias cocok dengan kebiasaan setempat atau cocok perintah agamanya, misalnya hiasan tempat ibadah atau perlengkapan keagamaan lainnya dengan karya seni.
  • Untuk Mengenang Sejarah dan Peristiwa
Seni rupa juga dapat digunakan untuk memperingati sejarah dan peristiwa. Sebuah karya seni dapat mengabadikan momen dan kisah bersejarah yang terjadi di masa lampau, supaya terus dikenang dan diingat oleh orang-orang di masa kini.
  • Sebagai Alat Bantu Kehidupan Sehari-Hari
Manfaat seni rupa ternyata pun mampu dipakai sebagai alat tolong kehidupan sehari-hari. Seni rupa kerap dipakai pula sebagai alat tolong kehidupan keseharian oleh manusia. Fungsi ini tergolong ke dalam faedah seni rupa terapan.

Nah itulah keterangan referensi faedah seni rupa beserta guna dan tujuannya. Seni rupa memiliki tidak sedikit fungsi, baik untuk seniman pembuatnya maupun untuk masyarakat luas.                       

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Seni Rupa Beserta Contoh, Manfaat dan Tujuannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel