Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Masyarakat di Indonesia

Dunia-Pendidik.Com - Budaya ialah bentuk budi dan akal manusia, yang dapat diwujudkan dalam format gagasan, aktivitas, atau format fisik yang nyata dan konkret. Terdapat sebanyak unsur-unsur kebiasaan secara umum, contohnya seperti bahasa, sistem pengetahuan, sistem teknologi, religi, dan sebagainya.

Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Masyarakat di Indonesia

Secara umum definisi budaya ialah hal-hal yang sehubungan dengan budi, dan akal manusia. Budaya adalahsuatu teknik hidup yang berkembang, dan dimiliki bareng oleh sebuah kumpulan orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Ciri-ciri kebiasaan antara lain ialah dapat diwariskan dari generasi ke generasi, mempunyai sifat dinamis dan bisa berubah-ubah, tumbuh dan berkembang di masyarakat, menjadi representasi dari kumpulan atau wilayah tertentu, serta mesti dilestarikan supaya tidak punah.

Budaya mempunyai unsur-unsur tertentu, yang menjadi perwujudan dari kebudayaan di sebuah masyarakat. Secara umum ada teori tentang 7 bagian kebudayaan universal. Selain tersebut juga terdapat unsur kebiasaan menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman lainnya.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Berikut ini akan dibicarakan apa saja unsur-unsur kebudayaan secara umum dan universal beserta penjelasannya.

1. Bahasa

Unsur kebiasaan yang kesatu ialah bahasa. Bahasa ialah media untuk seseorang guna dapat berkomunikasi secara lisan atau verbal. Bahasa menjadi perangkat perantara yang sangat utama untuk manusia guna meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan.

Terdapat dua jenis bahasa, yaitu bahasa lisan dan bahasa tulisan. Bahasa lisan dibacakan langsung secara verbal, sedangkan bahasa artikel diwujudkan lewat teks dan karya tulis lainnya.

2. Sistem Pengetahuan

Unsur kebiasaan berikutnya ialah sistem pengetahuan. Sistem pengetahuan adalahpengetahuan tentang situasi alam sekelilingnya dan sifat-sifat perlengkapan yang digunakannya. Pengetahuan diperoleh lewat edukasi atau penyebaran informasi dalam masyarakat.

Yang mencakup sistem pengetahuan ini antara lain tumbuhan dan fauna, pengetahuan alam sekitar, ruang dan waktu, ilmu matematika dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku sesama insan serta pengetahuan mengenai tubuh manusia.

3. Sistem Teknologi dan Peralatan
Sistem teknologi dan peralatan pun termasuk bagian kebudayaan. Teknologi adalahsuatu teknik seorang atau kumpulan dalam mengelola dan mengoleksi bahan-bahan mentah sampai menjadi bahan pakai, dalam hubungannya dengan perangkat kerja, pakaian, perumahan, transportasi, dan keperluan hidup lainnya.

Unsur-unsur teknologi ini mencakup alat, mesin, senjata, wadah, bahan produksi, dan sebagainya. Perkembangan perlengkapan dan teknologi sendiri menang menjadi bagian kebudayaan secara turun temurun.

4. Kesenian

Unsur kebudayaan selanjutnya ialah kesenian. Kesenian adalahhasil karya insan yang berisi sisi estetika dan keindahan. Kesenian menjadi wujud ekspresi jiwa insan yang dituangkan dalam format karya seni tertentu.

Terdapat tidak sedikit jenis-jenis seni, mulai dari seni musik, seni tari, seni rupa, dan sebagainya. Tiap jenis kesenian mempunyai ciri-ciri dan ciri khas masing-masing, serta menekankan nilai estetika.

5. Sistem Mata Pencaharian dan Ekonomi
Unsur kebiasaan lainnya ialah sistem mata pencaharian dan ekonomi. Yang dimaksud mata pencaharian ialah segala usaha atau upaya insan untuk medapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan. Hal ini sehubungan dengan pemenuhan keperluan ekonomi seseorang atau kumpulan tertentu.

Aktivitas yang dikategorikan sebagai format mata pencaharian antara lain ialah mengumpulkan makanan, bercocok tanam, berkebun, perikanan, berburu, berdagang, dan sebagainya.

6. Religi

Religi dan kepercayaan ialah unsur kebudayaan selanjutnya. Sistem religi ditafsirkan sebagai sistem yang terpadu antara kepercayaan dan praktek keagamaan yang bersangkutan dengan hal-hal yang suci dan tidak dapat dicapai oleh akal dan pikiran.

Religi tidak hanya sehubungan dengan agama dan keyakinan saja, tapi pun nilai dan norma masyarakat, pola pikir, pandangan hidup, serta komunikasi keagamaan laksana ritual-ritual, upacara pernikahan dan kematian dalam kebiasaan masyarakat.

7. Sistem Kekerabatan dan Organisasi Kemasyaratan

Unsur kebudayaan yang terakhir ialah sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan. Yang dimaksud bagian ini ialah sekelompok masyarakat yang anggotanya memiliki keserupaan satu sama beda dalam sebuah sistem kekerabatan tertentu.

Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial ini mencakup kekerabatan, asosiasi, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, dan perkumpulan. Kaitannya dengan teknik hidup kumpulan tertentu bersama-sama dalam lingkungan masyarakat.

Unsur-Unsur Budaya Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Di samping 7 bagian kebudayaan universal di atas, ada pun pendapat para berpengalaman mengenai apa saja unsur-unsur budaya. Berikut adalahunsur-unsur dan komponen kebudayaan menurut keterangan dari para berpengalaman selengkapnya.

Unsur-Unsur Budaya Berdasarkan keterangan dari Melville J. Herskovits

Berdasarkan keterangan dari Melville J. Herskovits, ada 4 unsur-unsur kebudayaan yang antara lain ialah sebagai inilah :
  • Alat-alat teknologi
  • Sistem ekonomi
  • Keluarga
  • Kekuasaan politik

Unsur-Unsur Budaya Berdasarkan keterangan dari Bronislaw Malinowski

Berdasarkan keterangan dari Bronislaw Malinowski, ada 4 unsur-unsur kebudayaan yang antara lain ialah sebagai inilah :
  • Sistem norma sosial, yang memungkinkan kerja sama antara semua anggota masyarakat guna menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya.
  • Organisasi ekonomi
  • Alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas guna pendidikan
  • Organisasi kekuatan atau sistem politik

Unsur-Unsur Budaya Berdasarkan keterangan dari C. Kluckhohn

Berdasarkan keterangan dari C. Kluckhohn, ada 7 unsur-unsur kebudayaan, yang lantas dikenal sebagai teori bagian kebudayaan universal, antara lain ialah sebagai inilah :
  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem teknologi dan peralatan
  • Sistem kesenian
  • Sistem mata penelusuran hidup
  • Sistem religi
  • Sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan

Nah itulah referensi unsur-unsur kebudayaan secara umum dan menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman beserta keterangan lengkapnya. Unsur-unsur itu menjadi bagian pembentuk kebiasaan secara umum dan secara universal.                       

Belum ada Komentar untuk "Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Masyarakat di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel