Ciri-Ciri Iklan yang Baik dan Benar Beserta Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Iklan ialah segala format pesan promosi sebuah produk atau jasa yang dikatakan melalui media guna ditunjukan untuk masyarakat supaya mau melakukan pembelian produk atau jasa tersebut. Kita pasti sering menyaksikan iklan dalam kehidupan sehari-hari, baik di koran, TV, internet, spanduk, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Iklan yang Baik dan Benar Beserta Penjelasannya

Jika diterangkan menurut keterangan dari KBBI, definisi iklan ialah berita pesanan guna mendorong, merayu khalayak ramai supaya tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan menjadi sarana promosi untuk memperkenalkan produk atau jasa pada target konsumen yang ditentukan.

Tentunya iklan memerlukan media, dapat berupa media cetak, media elektronik, media internet, atau media iklan di jalan-jalan. Media yang tepat pun penting supaya informasi pada iklan dapat tersampaikan dengan baik dan tepat cocok yang diinginkan.

Dalam penciptaan iklan, pun ada ciri-ciri dan ciri khas tertentu. Iklan yang baik pasti mempunyai syarat dan ciri khas tertentu pula, sampai-sampai produk yang diiklankan gampang diidentifikasi dan dikenali oleh masyarakat yang menjadi target konsumen.

Ciri-Ciri Iklan

Di bawah ini akan diterangkan apa saja ciri-ciri iklan yang baik dan benar beserta ciri khas dan pembahasannya.
1. Menggunakan Pilihan Kata yang Tepat dan Menarik
Ciri utama iklan dapat disaksikan dalam pemakaian katanya. Iklan yang baik menggunakan ucapan-ucapan yang tepat dan menarik, sampai-sampai mudah dikenang oleh masyarakat. Selain tersebut kata-kata yang dipakai harus logis, sopan, dan bisa diterima oleh masyarakat.

2. Menjelaskan Produk yang Diiklankan

Iklan pasti berisikan keterangan bersangkutan produk atau jasa yang diiklankan. Dalam iklan yang baik bakal menjelaskan kelebihan dan keunggulan produk yang diiklankan dengan tepat dan secara proporsional. Dengan begitu masyarakat menjadi tahu mengenai produk tersebut.

3. Menonjolkan Informasi Utama

Ciri iklan berikutnya ialah menonjolkan informasi utama yang dipentingkan. Informasi ini menjadi pusat perhatian utama dari iklan sampai-sampai ditonjolkan, dapat dengan ukurannya lebih banyak atau warna yang bertolak belakang dari yang lainnya.

4. Pesan Disampaikan Secara Komunikatif dan Informatif

Ciri-ciri iklan lainnya ialah informasi dalam iklan dikatakan secara komunikatif dan informatif. Maksudnya pesan dalam iklan dapat diinfokan dengan baik pada masyarakat, dengan cara-cara komunikasi sampai pesannya tersampaikan dengan tepat.

5. Menggunakan Kata-Kata Persuasif

Selanjutnya ciri-ciri iklan ialah menggunakan ucapan-ucapan yang persuasif. Iklan bertujuan untuk merayu masyarakat atau target pasar supaya membeli atau memakai produk yang diiklankan. Bagi itu dibutuhkan bahasa persuasif untuk menjangkau tujuan tersebut.

6. Sesuai dengan Sasaran

Iklan yang baik tentu telah disesuaikan dengan sasaran atau target pasarnya. Misalnya andai target pasar produk ialah kalangan milenial, maka mesti menciptakan iklan yang menarik dan kreatif agara informasi dan pesan dapat diterima oleh target pasarnya.

7. Memadukan Unsur Kata dan Gambar
Iklan yang baik memadukan sekian banyak  unsur-unsur, laksana gambar dan kata-kata. Iklan yang melulu berisi ucapan-ucapan tentu menjemukan sehingga butuh dipadukan dengan gambar dan grafis yang bagus. Jika berbentuk video, dapat dipadukan pun dengan bagian suara dan bagian gerak.

8. Bersifat Obyektif dan Jujur

Ciri iklan yang baik selanjutnya ialah harus mempunyai sifat obyektif dan jujur. Artinya dalam mengiklankan produk, jangan berbohong. Boleh saja membesar-besarkan dengan promosi yang bombastis, asalkan jujur, obyektif, dan cocok faktanya.

9. Tidak Boleh Menyinggung Produk Lain

Dalam iklan yang baik, tidak boleh menyebut produk lain. Meski bersaing memperebutkan pasar yang sama, tetapi iklan produk jangan menyinggung, merendahkan, dan menyerang produk lain, baik dari jenis yang sama atau beda.

10. Menarik Perhatian

Ciri-ciri iklan yang terakhir ialah iklan mesti dapat menarik perhatian. Iklan yang baik mesti dapat menarik perhatian target konsumen, sampai-sampai produk yang diiklankan dapat diketahui dan diingat-ingat oleh khalayak ramai.

Nah itulah referensi ciri-ciri iklan beserta ciri khas dan penjelasannya. Terdapat sejumlah ciri-ciri iklan produk atau jasa, yang dapat jadi pedoman untuk menciptakan iklan yang baik dan benar.                       

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Iklan yang Baik dan Benar Beserta Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel