Jenis-Jenis Iklan Beserta Contoh, Gambar, dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Iklan ialah berbaga format promosi atau pengenalan produk, jasa, atau layanan yang dikatakan melalui media tertentu. Iklan bertujuan untuk merayu khalayak ramai sehingga memakai pemilihan kata dan bahasa yang persuasif.

Jenis-Jenis Iklan Beserta Contoh, Gambar, dan Penjelasannya

Di antara ciri-ciri iklan ialah menggunakan opsi kata yang tepat, menarik, dan gampang dipahami. Iklan mesti menonjolkan kelebihan produk atau jasa yang diiklankan sehingga diinginkan mampu memprovokasi target konsumen untuk melakukan pembelian produk tersebut.

Iklan pun mempunyai unsur-unsur tertentu di dalamnya, laksana nama produk, gambar, dan ucapan-ucapan persuasif. Di samping itu sejumlah unsur-unsur iklan yang baik pun mencakup adanya perhatian (attention), minat (interest), keyakinan (conviction), kemauan (desire), dan perbuatan (action).

Tentunya iklan dapat ditemui di sekian banyak  tempat, mulai dari koran, TV, internet, sampai di jalanan. Faktanya memang ada tidak sedikit jenis-jenis iklan, baik yang komersial maupun non-komersial. Pembagian macam-macam iklan pun dapat dilaksanakan menurut isi dan sifat iklan tersebut.

Jenis-Jenis Iklan

Di bawah ini akan diterangkan apa saja macam-macam iklan menurut isinya, medianya, dan tujuannya.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
Macam-macam iklan menurut isinya terdiri dari 3 jenis, yaitu iklan pemberitahuan, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.

1. Iklan Pemberitahuan (Pengumuman)
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah jenis iklan yang bertujuan untuk unik perhatian khalayak tertentu melewati sebuah informasi atau pengumuman tertentu.

Yang termasuk misal iklan pemberitahuan contohnya yaitu iklan reuni lulusan sekolah, iklan acara kerja bakti, dan sebagainya.

2. Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan penawaran atau niaga adalah jenis iklan yang bertujuan guna menawarkan barang atau jasa untuk khalayak ramai, supaya dibeli oleh target konsumennya.

Yang termasuk misal iklan penawaran contohnya yaitu iklan penjualan makanan, iklan jasa pengobatan, dan sebagainya.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Yang termasuk misal iklan layanan masyarakat contohnya yaitu iklan anjuran menghemat listrik, iklan larangan buang sampah sembarangan, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Macam-macam iklan menurut medianya terdiri dari 4 jenis, yaitu iklan cetak, iklan elektronik, iklan internet, dan iklan luar ruangan.

1. Iklan Cetak
Iklan cetak adalah jenis iklan diciptakan dan dipasang memakai teknik cetak, dapat berupa print, letterpress, sablon, inkjet, dan sebagainya. Jenis iklan ini tidak jarang dijumpai di sekian banyak  media cetak laksana koran, majalah, tabloid, harian, buletin, dan sebagainya.

Berdasarkan luas areanya, iklan cetak dipecah menjadi tiga yaitu :
  • Iklan baris, yaitu jenis iklan cetak yang yang areanya tidak lebih dari 3-4 baris saja.
  • Iklan kolom, yaitu jenis iklan cetak yang mempunyai luas 1 kolom, lebih tinggi dikomparasikan iklan baris.
  • Iklan display, yaitu jenis iklan cetak yang ukuran lebih luas dikomparasikan iklan kolom.

2. Iklan Elektronik

Iklan elektronik ialah jenis iklan yang memakai media elektronik. Umumnya iklan elektronik dapat dijumpai di perangkat elektronik laksana TV dan radio. Iklan jenis ini juga menonjolkan video dan audio sebagai media paparan pesan dalam iklannya.

Iklan pada radio lebih berfokus pada intonasi suara. Sedangkan iklan di TV mengandalkan perpaduan gambar yang ceria dan musik yang menarik supaya mudah dikenali oleh masyarakat.

3. Iklan Internet

Iklan internet ialah jenis iklan yang dikatakan melalui media internet. Jenis iklan ini tergolong dalam iklan elektronik, namun sebab saat ini paling masif, maka dapat jadi kelompok tersendiri. Iklan internet dapat ditemui di blog, website, sosial media, mesin pencari, dan sebagainya.

Yang termasuk misal iklan internet contohnya yaitu iklan banner di blog, iklan endorsement sosial media, dan sebagainya.

4. Iklan Luar Ruangan
Iklan luar ruangan atau out of home adalah jenis iklan yang medianya merangkum masyarakat yang sedang di luar rumah. Jenis iklan tergolong dalam iklan cetak, tetapi sering dikategorikan sendiri sebab segmentasi yang berbeda, dan tidak jarang kita temui di jalanan.

Yang termasuk misal iklan luar ruangan contohnya yaitu iklan spanduk, iklan papan billboard, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Macam-macam iklan menurut tujuannya terdiri dari 2 jenis, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang bertujuan untuk menggali keuntungan ekonomi dan keuangan serta untuk menambah penjualan sebuah produk atau jasa. Jenis iklan ini semata-mata diciptakan untuk kepentingan bisnis.

Yang termasuk misal iklan komersial ialah iklan sepeda motor, iklan ponsel terbaru, dan sebagainya.

Iklan komersial dipecah menjadi tiga jenis yaitu :
  • Iklan konsumen yang bertujuan untuk menggali keuntungan dimana sasaran pesan ialah konsumen akhir.
  • Iklan bisnis yang bertujuan untuk menggali relasi bisnis dimana sasaran pesan ialah mitra penyalur atau distributor produk.
  • Iklan profesional yang bertujuan menggali keuntungan ekonomi dimana sasaran pesan ialah kalangan profesional.

2. Iklan Non-Komersial

Iklan non-komersial adalah jenis iklan yang diciptakan dengan tujuan menyerahkan informasi tentang isu-isu urgen yang mesti disadari dan berisi anjuran yang mendidik untuk masyarakat. Iklan jenis ini tidak bertujuan untuk menggali keuntungan ekonomi.

Iklan ini dipakai untuk kepentingan bareng secara sosial. Jenis iklan non-komersial memberi edukasi dan pembelajaran serta ekstra informasi untuk khalayak ramai dan diinginkan mampu mencapai masyarakat luas.

Yang termasuk misal iklan non-komersial contohnya yaitu iklan menjaga kesucian lingkungan, iklan tata teknik membayar pajak, dan sebagainya.

Nah itulah referensi macam-macam iklan beserta misal dan penjelasannya. Dijelaskan pula mengenai ciri khas dan jenis-jenis iklan menurut isinya, medianya, dan pun tujuannya.     

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Iklan Beserta Contoh, Gambar, dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel