Macam-Macam Energi Beserta Jenis dan Contoh Penggunaannya

Dunia-Pendidik.Com - Manusia hidup memerlukan energi, contohnya untuk bergerak memerlukan energi otot dan untuk memakai alat elektronik memerlukan energi listrik. Oleh karena tersebut keberadaan energi tak dapat dipisahkan dari kehidupan insan sehari-hari.

Macam-Macam Energi Beserta Jenis dan Contoh Penggunaannya

Secara umum definisi energi ialah daya (kekuatan) yang dapat dipakai untuk melakukan sekian banyak  proses kegiatan. Energi pun dapat ditafsirkan sebagai keterampilan untuk mengerjakan usaha (kerja) atau mengerjakan suatu perubahan.

Energi tidak dapat dibuat atau dimusnahkan, tetapi hanya diolah atau dikonversi menjadi format lain, cocok dengan hukum keabadian energi. Pemanfaatan energi juga terus dilaksanakan manusia guna memenuhi keperluan sehari-hari, salah satunya lewat pembangkit listrik dengan sekian banyak  jenis tenaga.

Ada tidak sedikit jenis-jenis energi di dunia ini, mulai dari yang tidak jarang kita jumpai laksana energi otot, energi bunyi, atau energi listrik, sampai energi dengan skala besar laksana energi nuklir. Sumber-sumber energi juga harus dipertahankan dan dimanfaatkan dengan optimal. Tanpa energi anda tidak kaan dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

Macam-Macam Energi

Di bawah ini akan diterangkan apa saja macam-macam energi beserta pengertian, sumber energi, contoh, dan penjelasannya.

1. Energi Otot

Energi otot adalah jenis energi yang berasal dari otot dalam tubuh insan atau makhluk hidup lain laksana hewan. Manusia dan hewan dapat menggerakkan organ tubuhnya guna melakukan pekerjaan sehari-hari sebab mempunyai energi otot ini.

Contoh energi otot contohnya saat anda mengusung beban atau berlari-lari menggerakkan kaki kita.

2. Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau energi panas adalah jenis energi yang dapat menyebabkan terjadinya evolusi suhu maupun evolusi wujud zat tertentu. Energi kalor ini lazimnya adalahhasil sampingan dari perubahan format bentuk energi lainnya.

Contoh energi kalor contohnya saat memanaskan air dengan api, suhu dari api akan beralih ke air sehingga menciptakan air mendidih.

3. Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau energi gerak ialah jenis energi yang terdapat dalam gerakan atau energi yang bersangkutan dengan pergerakan sebuah benda. Semakin besar kecepatan benda bergerak, maka semakin besar pula besaran energi kinetik yang dihasilkan.

Contoh energi kinetik contohnya saat bola menggelinding, kendaraan yang bergerak, air yang mengalir di sungai, dan sebagainya.

4. Energi Potensial

Energi potensial ialah jenis energi yang dipunyai oleh sebuah benda disebabkan posisinya atau kedudukannya terhadap sebuah acuan.  Pada dasarnya, seluruh benda di atas permukaan bumi mempunyai energi potensial yang disebabkan gaya gravitasi bumi.

Contoh energi potensial contohnya batu pada elevasi tertentu mempunyai energi potensial guna jatuh, demikian pula pada misal lain laksana pegas atau anak panah.

5. Energi Bunyi

Energi bunyi merupakan format energi yang didapatkan dari sebuah benda yang bergetar. Bunyi lantas merambat melewati perantara udara. Partikel partikel udara yang bergetar tersebut memunculkan getaran bunyi. Benda yang bisa menghasilkan bunyi di sebut sumber bunyi.

Contoh energi bunyi contohnya lonceng yang berbunyi, petir yang menggelegar, kemudian pun pada perangkat musik laksana drum, trumpet, gitar, dan sebagainya.

6. Energi Cahaya

Energi cahaya adalahjenis energi yang didapatkan dari benda-benda yang dapat memancarkan cahaya. Bentuk energi cahaya terbesar pastinya berasal dari cahaya matahari, yang dapat diubah menjadi energi listrik melewati sel surya.

Contoh energi cahaya contohnya pada cahaya matahari, pun benda beda yang dapat menghasilkan cahaya laksana lilin, lampu pijar, dan sebagainya.

7. Energi Listrik

Energi listrik ialah jenis energi yang timbul sebab adanya eksodus muatan-muatan listrik. Energi listrik menjadi jenis energi yang paling tidak sedikit digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Listrik dipakai untuk memakai alat-alat elektronik lokasi tinggal tangga.

Contoh energi listrik dipakai untuk penerangan untuk mengobarkan lampu, juga dipakai untuk perangkat elektronik lain laksana kulkas, TV atau mesin cuci.

8. Energi Kimia

Energi kimia ialah jenis energi yang dicungkil selama proses reaksi kimia. Energi ini didapatkan oleh sebuah zat yang menyusun proses reaksi kimia untuk diolah menjadi energi tertentu. Makanan yang tidak jarang kita makan pun berisi bagian kimia di dalamnya.

Contoh energi kimia contohnya senter dapat menyala sebab reaksi kimia pada baterai, atau reaksi pada aki kendaraan.

9. Energi Nuklir

Energi nuklir ialah jenis energi yang didapatkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang beda dan partikel lain. Energi yang didapatkan reaksi nuklir sangatlah besar sampai-sampai dapat dipakai sebagai pembangkit listrik.

Contoh energi nuklir misalnya dapat dilihat pada reaktor-reaktor nuklir atau pada permasalahan bom atom.

10. Energi Pegas

Energi pegas ialah jenis energi yang terdapat pada seluruh benda yang elastis atau elastis. Saat kita menyerahkan gaya pada benda itu, maka energi yang didapatkan ialah energi potensial. Sedangkan, saat dicungkil makan energinya pulang menjadi energi kinetik.

Contoh energi pegas contohnya dapat ditemukan pada benda-benda elastis dan lentur seperti trampolin, ketapel, busur, per, dan sebagainya.

11. Energi Mekanik

Energi mekanik ialah jenis energi yang dipunyai oleh benda disebabkan sifat geraknya. Jenis energi ini terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Besarnya energi mekanik adalahpenjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial.

Contoh energi mekanik contohnya saat kaki anda terasa sakit saat kejatuhan buah dari pohon.

Nah itulah referensi macam-macam energi beserta misal dan pengertiannya. Ada sejumlah jenis-jenis energi dengan ciri dan ciri khas berbeda. Yang tentu sumber energi yang ada mesti dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia semaksimal mungkin.                       

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Energi Beserta Jenis dan Contoh Penggunaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel