Pengertian Dasar Negara Beserta Arti, Kedudukan, Fungsi & Manfaatnya

Dunia-Pendidik.Com - Tiap negara pasti mempunyai dasar negara sebagai pedoman dan ideologi bangsa. Beberapa faedah dasar negara ialah sebagai dasar berdiri dan tegaknya sebuah negara, sebagai pedoman partisipasi penduduk negara, dan sebagai landasan pekerjaan penyelengaraan negara. Dasar negara juga bermanfaat sebagai sumber hukum nasional.

Pengertian Dasar Negara Beserta Arti, Kedudukan, Fungsi & Manfaatnya

Pancasila menjadi simbol karakter dan jati diri utama bangsa Indonesia. Selain tersebut kedudukan Pancasila sebagai dasar negara pun penting sebagai format ideologi nasional. Lahirnya dasar negara pasti tidak hadir begitu saja, tetapi berasal dari buah pikiran semua tokoh pendiri bangsa lewat proses diskusi yang panjang.

Dasar negara adalah hal yang paling penting untuk setiap negara, sebab tanpa dasar negara, suatu negara tidak akan dapat berkembang dengan baik. Untuk tersebut itap negara pasti mempunyai dasar negara yang menjadi pedoman dan format ideologi dari bangsa dan negara tersebut.

Pengertian Dasar Negara

Di bawah ini akan diterangkan pengertian dasar negara secara umum dan menurut keterangan dari penjelasan dan pendapat semua ahli.

Definisi Dasar Negara Secara Umum
Pengertian dasar negara secara umum ialah sebuah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat diperlihatkan kebenaran dan kesalahannya. Pada hakikatnya, dasar negara adalahfilsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertip hukum dalam negara.

Arti dasar negara pun dapat didefinisikan sebagai landasan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara dimana masing-masing negara harus mempunyai landasan guna menjalankan kehidupan bernegaranya.

Pengertian Dasar Negara Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut akan dibicarakan mengenai definisi dan pengertian dasar negara menurut keterangan dari teori dan pendapat semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari Aristoteles
Pengertian dasar negara menurut keterangan dari Aristoteles ialah adalah perpaduan Antara family sampai pada sejumlah desa. Yang nantinya mereka bisa berdiri berdikari dengan destinasi yang sama yaitu kesukaan dan kebesaran mereka.

Berdasarkan keterangan dari Karl Marx
Pengertian dasar negara menurut keterangan dari Karl Marx ialah bahwa dasar negara adalahsuatu peringkat yang mempunyai dominasi dalam menjalankan pemerasan ataupun penindasan kepada ruang belajar yang lainnya.

Berdasarkan keterangan dari George Jellinek
Dasar negara ditafsirkan oleh George Jellinek sebagai suatu organisasi dengan dominasi suatu kumpulan orang. Dimana kumpulan itu berlokasi di sebuah wilayah tertentu.

Berdasarkan keterangan dari J. Rousseau

Definisi dasar negara ialah adalah suatu perangkat yang mempunyai faedah dalam menjaga kebebasan setiap pribadi dan pun ketertiban hidup rakyat negara tersebut.

Berdasarkan keterangan dari C. Wheare

Pengertian dasar negara didefinisikan sebagai segala urusan yang termasuk seluruh sistem tata negara yang berisi sejumlah aturan dalam menjalankan pemerintahannya.

Berdasarkan keterangan dari Robert M. Mac. Iver
Arti dasar negara ialah merupakan format asosiasi yang memiliki peran dalam mengayomi atau mengawal ketertiban bermasyarakat cocok dengan system hukum yang berlaku. Dan dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi desakan maupun memaksa.

Berdasarkan keterangan dari Tracy

Dasar negara ialah adalah sebuah program yang ditujukan agar dapat menyerahkan perubahan di dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dalam suatu negara.

Berdasarkan keterangan dari R. Djoko Soetono
Definisi dasar negara menurut keterangan dari Djoko Soetono adalah suatu organisasi insan atau kelompok manusia yang sedang di bawah sebuah pemerintahan sama dalam kepemimpinannya.

Berdasarkan keterangan dari Frans Magnis Suseno

Dasar negara menurut keterangan dari Frans Magnis Suseno adalah suatu kesatuan masyarakan politik yang bermanfaat membuat, menerapkan, dan memastikan berlakunya norma kelakuan untuk semua masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Roger F. Soltau

Arti dasar negara menurut keterangan dari pendapat Roger F. Soltau ialah suatu perangkat yang dipergunakan guna mengendalikan segala permasalahan dengan mengatas namakan rakyat.

Berdasarkan keterangan dari Logemann
Berdasarkan keterangan dari teori Logemann, definisi dasar negara adalah suatu organisasi dominasi yang menyatukan kumpulan manusia yang lantas disebut bangsa.

Berdasarkan keterangan dari Prof. Mr. Soenarko

Dasar negara menurut keterangan dari Soenarko adalah sebuah organisasi masyarakat yang mempunyai wilayah tertentu, dimana dominasi negara berlaku sepenuhnya sebagai suatu kedaulatan.

Fungsi Dasar Negara

Terdapat sejumlah fungsi dasar negara di samping sebagai format ideologi sebuah bangsa. Berikut merupakan sejumlah tujuan dan faedah dasar negara secara umum.
  • Sebagai dasar berdiri dan tegaknya sebuah negara melewati hasil pemikiran semua tokoh pendiri bangsa.
  • Sebagai pedoman dan dasar pekerjaan penyelenggaraan negara dalam menjalankan roda pemerintahan.
  • Sebagai dasar format partisipasi penduduk negara mencakup hak dan keharusan masyarakat.
  • Sebagai dasar pergaulan dan interaksi antar penduduk negara.
  • Sebagai sumber hukum nasional yang mesti dijalankan segenap unsur bangsa.

Manfaat Dasar Negara

Selain tersebut juga ada sejumlah manfaat dasar negara yang dialami dan diperoleh oleh penduduk negar dan untuk pemerintah. Berikut adalah manfaat-manfaat dasar negara secara umum.
  1. Sebagai pedoman hidup untuk seluruh masyarakat yang bermukim di dalam sebuah negara tersebut.
  2. Dapat menjadi acuan dan destinasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Sebagai perwujudan jati diri dan pun jiwa dari bangsa negara tersebut.
  4. Memberikan destinasi dan pun arah supaya cita-cita bangsa dapat terjangkau dengan baik dan maksimal serta menjadi di antara alat pemersatu bangsa.

Nah itulah referensi definisi dasar negara menurut keterangan dari para berpengalaman beserta makna dan definisinya secara umum. Dijelaskan pula apa saja faedah dan guna dasar negara untuk pemerintahan sebuah negara dan untuk masyarakat umum secara luas.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dasar Negara Beserta Arti, Kedudukan, Fungsi & Manfaatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel