Pengertian Logika | Arti, Definisi, Manfaat, dan Macam-Macamnya

Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut logika? Pengertian logika secara singkat ialah pertimbangan pikiran insan yang diungkapkan melewati perkataan dan ditetapkan dalam bahasa. Logika dapat mencermikan jalan benak seseorang tersebut serta keterampilan nalarnya.

Pengertian Logika | Arti, Definisi, Manfaat, dan Macam-Macamnya

Logika berasal dari kata Yunani kuno yakni λόγος (logos). Logika ialah salah satu cabang filsafat yang dipelajari dalam ilmu pengetahuan. Dalam ilmu logika mempelajari kemampuan manusia untuk beranggapan secara lurus, tepat, dan teratur.

Dengan kata lain, objek materialnya yang dipelajari dalam ilmu logika ialah berpikir dengan penalaran, sementara objek formal logika ialah penalaran yang ditinjau dari sisi ketepatannya. Logika pun penting dalam latihan matematika atau komputer.

Pengertian Logika

Di bawah ini akan diterangkan apa saja definisi logika secara umum, menurut keterangan dari KBBI serta menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Arti Logika Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian logika menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah pengetahuan mengenai kaidah berpikir. Logika pun dapat ditafsirkan sebagai jalan benak yang masuk akal.

Definisi Logika Secara Umum
Pengertian logika secara umum ialah hasil pertimbangan akal benak yang diutarakan lewat kata dan ditetapkan dalam bahasa. Logika didefinisikan guna mengacu pada keterampilan rasional untuk memahami dan kemampuan mengacu pada kesanggupan akal budi guna mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan.

Pengertian Logika Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut ini akan dibicarakan mengenai definisi dan pengertian logika menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman dan pakar.

Berdasarkan keterangan dari Aristoteles

Pengertian logika menurut keterangan dari Aristoteles ialah ajaran mengenai beranggapan ilmiah yang masih terdapat hubungannya dari format pikiran tersebut sendiri serta sekian banyak  hukum yang menguasai pikiran.

Berdasarkan keterangan dari William Alston

Pengertian logika ialah sebagai studi mengenai penyimpulan, secara lebih seksama usaha untuk memutuskan ukuran-ukuran guna mengasingkan penyimpulan yang sah dan tidak sah.

Berdasarkan keterangan dari Jan Hendrik Rapar

Arti logika menurut keterangan dari Jan Hendrik Rapar didefinisikan sebagai suatu pertimbangan akal atau benak yang ditata lewat kata dan ditetapkan dalam bahasa.

Berdasarkan keterangan dari W. Poespoprodjo dan Ek. T. Gilarso

Berdasarkan keterangan dari Poespoprodjo dan Gilarso, pengertian logika ditafsirkan sebagai suatu ilmu pengetahuan dan kemahiran menalar dalam beranggapan tepat.

Berdasarkan keterangan dari Soekadijo

Pengertian logika menurut keterangan dari Soekadijo adalahsuatu cara atau teknik yang di hasilkan guna tujuan menganalisis ketepatan nalar.

Manfaat Mempelajari Logika

Tentunya ada sejumlah fungsi dan guna logika yang dapat dirasakan oleh manusia. Berikut merupakan sejumlah manfaat logika selengkapnya.
  • Membantu masing-masing orang beranggapan secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis, dan koheren.
  • Meningkatkan kemampuan beranggapan secara abstrak, cermat, dan objektif.
  • Menambah kepintaran dan menambah kemampuan beranggapan secara tajam dan mandiri.
  • Memaksa dan mendorong orang untuk beranggapan sendiri dengan memakai asas-asas sistematis
  • Meningkatkan cinta bakal kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpikir, kekeliruan, serta kesesatan.
  • Mampu mengerjakan analisis terhadap sebuah kejadian dengan tajam dan obyektif.
  • Mampu menghindari kesalahan informasi atau pemikiran yang salah dan tidak logis.
  • Meningkatkan citra diri seseorang secara drastis.

Macam-Macam Logika

Secara umum terdapat 2 jenis-jenis logika, yaitu logika alamiah dan logika ilmiah. Berikut adalahmacam-macam logika dan penjelasannya.

1. Logika Alamiah

Logika alamiah adalah kinerja akal budi insan yang beranggapan secara tepat dan lurus sebelum diprovokasi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan-kecenderungan yang subjektif. Kemampuan logika alamiah insan ada semenjak lahir. Logika ini dapat dipelajari dengan memberi misal penerapan dalam kehidupan nyata.

2. Logika Ilmiah
Logika ilmiah adalah jenis logika yang memperhalus, mempertajam benak serta akal budi. Logika ilmiah menjadi ilmu eksklusif yang merumuskan asas-asas yang mesti ditepati dalam masing-masing pemikiran. Manfaat logika ilmiah penting supaya dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah, dan lebih aman.

Nah itulah referensi definisi logika menurut keterangan dari para berpengalaman beserta makna dan pengertian loika secara umum. Dijelaskan pun apa faedah dan guna logika serta macam-macam logika. Semoga dapat menjadi ekstra referensi.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Logika | Arti, Definisi, Manfaat, dan Macam-Macamnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel