Pengertian Olahraga Berdasarkan keterangan dari Para Ahli | Arti, Definisi, Tujuan, Manfaat

Dunia-Pendidik.Com - Olahraga ialah aktivitas untuk mengajar tubuh seseorang, tidak melulu secara fisik tetapi pun secara rohani. Ada tidak sedikit jenis-jenis olahraga laksana lari, renang, sepak bola, basket, voli, golf, badminton, gulat, tinju, dan lain-lain. Kita pun tidak jarang melakukan kegiatan olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Olahraga Berdasarkan keterangan dari Para Ahli | Arti, Definisi, Tujuan, Manfaat

Secara singkat, pengertian olahraga sering ditafsirkan sebagai suatu pekerjaan yang dapat menyehatkan diri dari dalam maupun luar tubuh atau yang biasa disebut pun dengan sehat fisik maupun rohani. Faktanya memang ada tidak sedikit manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh.

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran fisik dan menambah energi. Di samping itu, dengan berolahraga dapat mengurangi resiko serangan penyakit. Metode olahraga juga dikaitkan dengan sekian banyak  unsur-unsur kebugaran jasmani laksana kecepatan, kekuatan, daya tahan, reaksi, kelincahan, keseimbangan, dan lain-lain.

Terdapat tidak sedikit macam-macam cabang olahraga yang populer sebut saja laksana olahraga atletik (lari, lompat tinggi, lempar lembing), permainan bola (sepak bola, basket, tennis, voli), seni bela diri (gulat, wushu, karate, pencak silat), olahraga akuatik (renang, polo air, loncat indah), dan sebagainya.

Pengertian Olahraga

Di bawah ini akan diterangkan apa saja definisi olahraga menurut keterangan dari para ahli, menurut keterangan dari KBBI serta definisinya secara umum.

Arti Olahraga Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian olahraga menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah gerak badan guna menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing).

Definisi Olahraga Secara Umum
Pengertian olahraga secara umum ialah suatu bentuk kegiatan fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk menambah kebugaran jasmani.

Pengertian Olahraga Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut adalah penjelasan tentang apa saja definisi dan pengertian olahraga menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari UNESCO
Pengertian olahraga menurut keterangan dari UNESCO ialah suatu kegiatan fisik berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri.

Berdasarkan keterangan dari Soekarno

Pengertian olahraga menurut keterangan dari Soekarno ialah sebuah perangkat yang dapat dipakai untuk mengemban 3 destinasi revolusi Indonesia, yakni negara kesatuan RI yang kuat, masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru.

Berdasarkan keterangan dari Edward
Pengertian olahraga menurut keterangan dari Edward ialah olahraga mesti dilaksanakan dengan spontan dan melewati konsep yang diterapkannya. Melalui teknik bermain, games maupun sport.

Berdasarkan keterangan dari Dewan Olahraga Eropa
Definisi olahraga ialah aktivitas spontan yang dilaksanakan secara bebas dengan menggali waktu luang guna pergerakan tubuh demi mengawal kesehatan fisik dan rohani tiap manusia, yang nantinya tubuh bakal terasa enteng dan fresh, dengan pertolongan suplai oksigen mengarah ke otak tidak terhambat.

Berdasarkan keterangan dari Jessika Doland
Pengertian olahraga menurut keterangan dari Jessika Doland ialah media pereda stres terbaik yang terdapat di dunia yang dapat mengalirkan pikiran insan dari rasa khawatir. Dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh dapat relaks kembali.

Berdasarkan keterangan dari Hans Tandra
Arti olahraga adalah gerakan tubuh yang tertata dengan irama yang ditujukan untuk membetulkan kebugaran tubuh dan bermanfaat juga sebagai menambah imunitas tubuh supaya terjaga kesehatannya.

Berdasarkan keterangan dari Chatles C. Manz

Pengertian olahraga menurut keterangan dari Chatles C. Manz adalah sesuatu yang mesti menjadi prioritas dan dijadwalkan namun tetap realistis.

Berdasarkan keterangan dari Cholik Mutoir
Pengertian olahraga ditafsirkan sebagai proses sistematik yang terdiri atas setiap pekerjaan dapat menolong perkembangan yang membangun potensi jasmaniah dan rohaniah.

Berdasarkan keterangan dari Seno Gumira Ajidarma
Definisi olahraga adalah sarana atau ajang persaingan untuk menjadikan seseorang nomer satu. Di samping menyehatkan tubuh, olahraga pun bertujuan sebagai penelusuran bakat disetiap cabangnya.

Berdasarkan keterangan dari Suryanto Rukmono

Berdasarkan keterangan dari Rukmono, olahraga merupakan pekerjaan untuk mengajar tubuh manusia supaya terlihat sehat dan powerful secara fisik maupun rohani. Dari adanya olahraga yang tertata dan terencana seringkali akan menjadi sebuah objek terbaik dalam proses pembentukan tubuh.

Berdasarkan keterangan dari Kathryn Marsden

Arti olahraga menurut keterangan dari Marsden ialah salah saty saraba pengusir stres yang paling mudah dilaksanakan oleh manusia. Tanpa butuh mengeluarkan ongkos yang mahal.

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Dengan berolahraga terdapat tidak sedikit tujuan dan guna yang dapat didapatkan. Berikut ini merupakan sejumlah tujuan dan guna olahraga untuk kesehatan tubuh.
  •     Meningkatkan kebugaran tubuh
  •     Mengasah daya pikir otak
  •     Meningkatkan energi
  •     Membuat tubuh lebih tegap
  •     Mengasah keterampilan jasmani
  •     Meningkatkan kekebalan tubuh
  •     Menjaga berat badan tubuh supaya ideal
  •     Mengurangi resiko pelbagai penyakit
  •     Meningkatkan nafsu makan
  •     Meningkatkan kualitas tidur
  •     Mengurangi stress

Nah itulah referensi definisi olahraga menurut keterangan dari para berpengalaman beserta makna dan definisinya secara umum. Dijelaskan pun apa saja destinasi dan guna olahraga untuk kesehatan tubuh. Semoga dapat menjadi ekstra referensi pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Olahraga Berdasarkan keterangan dari Para Ahli | Arti, Definisi, Tujuan, Manfaat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel