Struktur Novel Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Novel adalah karya sastra yang mempunyai plot kisah rumit dan menonjolkan penokohan tiap tokohnya. Ada tidak sedikit jenis-jenis novel, dapat berupa novel rekaan atau non-fiksi. Selain tersebut dalam mencatat novel, pun ada sejumlah struktur dan unsur yang mesti diacuhkan oleh penulis, dari bagian mula sampai akhir.

Struktur Novel Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya

Jika diulas secara umum, maka definisi novel ialah bentuk karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik. Novel berisi rangkaian kisah kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat masing-masing pelaku.

Dalam novel, alur kisah yang dikisahkan mempunyai sifat kompleks dan rumit. Selain tersebut ada tidak sedikit tokoh atau karakter yang dimunculkan, baik protagonis atau antagonis. Semua penjelasan tentang unsur penokohan pun ditulis dengan rinci dan mendetail oleh penulisnya.

Layaknya karya sastra pada umumnya, novel pun mempunyai unsur-unsur tertentu. Adapun bagian intrinsik novel terdiri dari tema, tokoh, penokohan, plot, latar, sudut pandang, gaya bahasa, serta pesan moral yang terdapat dalam kisah novel.

Sementara 3 bagian ekstrinsik novel antara lain ialah unsur biografi, bagian sosial, serta bagian nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Novel pun mempunyai ciri-ciri tertentu misalnya paling tidak terdiri dari 10 ribu kata, alura ceritanya kompleks, serta novel ditulis dengan narasi yang didukung dengan kalimat deskripsi.

Struktur Novel

Di bawah ini bakal dijelakan apa saja struktur-struktur novel mulai dari bagian mula sampai unsur akhir beserta pembahasannya lengkap.

1. Abstrak

Struktur novel yang kesatu ialah bagian abstrak. Pada unsur ini menyatakan ringkasan isi kisah yang terdapat pada novel. Umumnya unsur abstrak bisa ditemukan pada bagian mula cerita novel.

2. Orientasi

Selanjutnya terdapat bagian orientasi, yang berisikan penjelasan tentang latar masa-masa dan suasana. Dalam unsur ini juga dibicarakan mengenai penokohan dan perwatakan karakter pada novel, serta latar belakang terjadinya kisah pada novel.

3. Komplikasi
Berikutnya terdapat bagian komplikasi. Pada unsur ini adalahurutan kejadian yang dihubungkan oleh hubungan karena akibat, dimana masing-masing peristiwa terjadi sebab adanya karena dan dampak munculnya peristiwa yang lainnya dalam novel.

4. Evaluasi

Bagian penilaian adalah bagian dimana konflik yang terjadi pada etape komplikasi terarah mengarah ke suatu titik tertentu. Artinya konflik dalam kisah mulai mengarah ke titik puncak, dan mulai menginjak bagian inti kisah yang disajikan dalam novel.

5. Resolusi

Struktur novel yang berikutnya ialah resolusi. Pada unsur ini bakal mulai ditimbulkan solusi atas konflik yang sedang terjadi. Dengan kata beda konflik dalam kisah mulai ditamatkan dengan penyelesaian dan solusi yang dimunculkan.

6. Koda

Struktur novel yang terakhir adalak koda. Bagian ini terletak sebagai unsur penutup kisah dalam novel. Koda adalah bagian akhir atau penutup kisah dalam novel yang menyatakan ending atau akhir kisah yang sudah disajikan dalam novel.

Nah itulah referensi 6 struktur novel beserta pengertia, ciri-ciri, dan keterangan lengkapnya. Secara umum ada 6 struktur utama dalam novel yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda. Semoga dapat menjadi ekstra referensi.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Novel Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel