Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Laporan hasil observsi adalah sebuah teks yang melaporkan pekerjaan pengamatan yang sudah dilakukan. Dalam menciptakan teks laporan ini, pasti ada struktur dan kaidah kebahasaan yang mesti diperhatikan supaya sesuai dengan aturan penulisannya dan mudah dicerna pembaca.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Penjelasannya

Secara umum definisi teks laporan hasil observasi ialah jenis teks yang mengandung penjabaran umum untuk mengadukan hasil dari pemantauan atau observasi yang sudah dilakukan, dimana laporan dibentuk sebagai format pertanggungjawaban atau untuk mengucapkan informasi hasilnya.

Penyusunan laporan mesti didasarkan kenyataan sesuai pekerjaan pengamatan yang sudah dilakukan. Kaidah penulisan mesti memakai bahasa-bahasa ilmiah dan teknis dengan mendetail dan detail. Adapun teks laporan hasil observasi pun harus mempunyai sifat informatif dan obyektif.

Penulisan laporan hasil observasi memiliki sejumlah tujuan laksana memberi informasi, menanggulangi suatu persoalan, menganalisis suatu objek, serta sebagai format pertanggungjawaban pekerjaan observasi. Selain tersebut dalam mencatat teks LHO pun ada struktur-struktur yang mesti diperhatikan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

Secara umum ada 2 versi struktur laporan hasil observasi. Versi kesatu terdiri dari 2 unsur (pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan), sementara versi kedua terdiri dari 4 unsur (definisi umum, pengertian bagian, pengertian manfaat, penutup).

Struktur Laporan Hasil Observasi Versi 1

Pada versi kesatu, struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari 2 unsur pokok saja, yakni pengakuan umum (klasifikasi) dan aspek yang dilaporkan. Penjelasannya ialah sebagai berikut.

1. Pernyataan Umum (Klasifikasi)

Struktur teks laporan hasil observasi yang kesatu ialah pernyataan umum, atau disebut pun klasifikasi. Bagian ini berada pada mula laporan hasil observasi. Pada unsur ini, menyatakan informasi umum tentang objek yang sudah diamati.

Selain tersebut juga dibicarakan mengenai penggolongan atau klasifikasi terhadap objek antara persamaan dan/atau perbedaan, sampai-sampai dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Singkatnya unsur ini mengandung pengantar tentang objek yang diteliti.

2. Aspek yang Dilaporkan

Selanjutnya terdapat bagian aspek yang dilaporkan. Bagian ini ditulis sesudah bagian pengakuan umum (klasifikasi). Aspek yang diadukan ini menyatakan tentang kupasan atau rincian mengenai objek yang sedang dicermati secara menyeluruh dan detail.

Informasi pada unsur ini diterangkan secara rinci dan runtut dari mula sampai akhir. Bisa dibilang unsur ini adalahinti dari teks laporan ini, sebab memuat seluruh informasi dan data menurut kenyataan hasil pemantauan yang sudah dilakukan.

Struktur Laporan Hasil Observasi Versi 2
Pada versi kedua, struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari 4 unsur pokok, yakni pengertian umum, pengertian bagian, pengertian manfaat, dan penutup. Penjelasannya ialah sebagai berikut.

1. Definisi Umum
Struktur laporan hasil observasi kesatu pada versi ini ialah definisi umum. Pada unsur ini diulas pembukaan yang memuat informasi umum tentang objek yang diteliti, mencakup pengertian atau pengertian objek itu secara singkat.

Selain tersebut juga diterangkan apa saja latar belakang dilaksanakan pengamatan sampai garis besar observasi dilaksanakan. Singkatnya, pengertian umum menjadi bagian pendahuluan sebagai cerminan bersangkutan laporan hasil observasi secara keseluruhan.

2. Definisi Bagian

Berikutnya ada pengertian bagian. Pada unsur ini menyatakan isi dan pembahasan tentang hasil observasi yang dilakukan. Definisi unsur menjadi inti dari laporan hasil observasi, yang menyatakan ide-ide pokok pada tiap paragrafnya.

Dijelaskan pun metode pengamatan, tantangan saat observasi, sampai apa yang didapatkan dari observasi tersebut. Tentunya seluruh isi pada pengertian bagian mesti disajikan cocok dengan kenyataan yang benar-benar terjadi ketika proses pemantauan objek.

3. Definisi Manfaat

Selanjutnya terdapat bagian pengertian manfaat. Bagian ini menjelaskan guna dari objek yang dilaporkan. Apa saja guna dan manfaat objek pemantauan dituliskan secara rinci pada unsur ini, baik guna secara langsung maupun tidak langsung.

Bagian ini lumayan penting andai dibaca oleh pemberi dana observasi, sebab dengan begitu mereka mendapat hasil dan guna dari riset yang mereka danai. Bisa dibilang unsur ini menjadi format pertanggungjawaban dari sebuah pengamatan.

4. Penutup

Struktur LHO yang terakhir ialah bagian penutup. Sesuai namanya, unsur ini bermanfaat untuk memblokir laporan hasil observasi. Bagian ini adalahbagian rincian akhir dari teks yang pun berisi ucapan-ucapan penutup laporan dari penulis.

Seperti penutup pada umumnya, pada unsur ini pun menjelaskan ringkasan dan benang merah dari laporan yang sudah dibicarakan pada bagian-bagian sebelumnya. Terkadang unsur penutup juga dibulatkan dengan bagian pengertian manfaat.
 
Terdapat 2 versi tentang struktur teks LHO, dua-duanya mempunyai struktur dan pengertian yang berbeda.                       

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel