Struktur Teks Prosedur Beserta Kaidah Kebahasaan & Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Pernahkah anda membaca teks prosedur? Teks prosedur ialah jenis teks yang mengandung informasi teknik melakukan sebuah hal. Dalam penulisan teks prosedur pun ada struktur dan kaidah kebahasaan yang mesti diacuhkan juga.

 Struktur Teks Prosedur Beserta Kaidah Kebahasaan & Penjelasannya

Secara umum, definisi teks prosedur ialah jenis teks yang mengandung cara-cara untuk menciptakan atau mengerjakan suatu hal, yang diterangkan menurut keterangan dari metode tahapan per tahapan secara runtut dan detail. Jenis teks ini menolong kita untuk mengerjakan suatu urusan dengan benar dan tepat.

Umumnya destinasi teks formalitas yang utama ialah memberi informasi dan keterangan bersangkutan langkah-langkah mengerjakan suatu hal. Teks formalitas juga dapat dibedakan menjadi teks formalitas sederhana, kompleks, dan protokol, yang tiap jenisnya mempunyai tahap kerumitan yang berbeda.

Teks formalitas harus mempunyai sifat objektif, logis, aktual, dan akurat. Penjelasan pada teks formalitas harus diulas secara mendetail dan berurutan sampai informasinya dapat diterima oleh pembacanya dengan baik. Selain tersebut struktur teks prosedur pun harus dibentuk dengan benar.

Struktur Teks Prosedur

Dalam mencatat teks prosedur, terdapat struktur-struktur tertentu yang mesti diperhatikan. Berikut ini adalah struktur teks formalitas beserta definisi dan penjelasannya.

1. Judul

Struktur teks formalitas yang kesatu ialah judul. Maksud judul ialah judul utama dari langkah-langkah yang bakal dikerjakan. Adanya judul menciptakan kita tahu apa yang akan dibicarakan dalam teks. Misalnya ‘Cara Membuat Kopi’, ‘Cara Mengedit Foto’, dan beda sebagainya.

2. Tujuan (Kalimat Pengantar)

Selanjutnya terdapat struktur destinasi atau kalimat pengantar. Bagian ini berisikan kalimat pendahuluan dari penulis tentang latar belakang dibuatnya teks prosedur. Selain tersebut juga diterangkan apa faedah dan destinasi disusunnya teks formalitas ini.

3. Bahan dan Peralatan
Bagian berikutnya ialah bahan dan peralatan. Dalam unsur ini diterangkan apa saja bahan-bahan dan perlengkapan yang diperlukan mengenai langkah-langkah yang bakal dibahas. Dijelaskan pun metode apa yang dipakai dalam teks formalitas tersebut.

4. Langkah-Langkah
Struktur formalitas yang utama ialah langkah-langkah. Bagian ini menyatakan tahapan proses teks formalitas mengenai kegiatan tertentu yang diterangkan secara mendetail dan berurutan dari mula hingga akhir. Bagian ini jadi inti utama dari teks prosedur.

5. Penutup
Struktur teks formalitas yang terakhir ialah bagian penutup. Bagian ini mengandung kalimat penutup dari penulis. Selain tersebut ditekankan pun keuntungan dan semangat untuk mengerjakan langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Bagian ini mempunyai sifat optional, boleh terdapat dan boleh tidak disertakan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sebagai di antara jenis teks, tentu pun ada kaidah kebahasaan yang khas pada teks formalitas ini. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks formalitas selengkapnya.
  • Kalimat imperatif atau perintah, yang bermanfaat untuk meminta atau tidak mengizinkan seseorang untuk mengerjakan sesuatu.
  • Kalimat deklaratif atau pernyataan, yang bermanfaat untuk menyerahkan informasi atau berita mengenai sesuatu.
  • Kalimat interogatif atau pertanyaan, yang bermanfaat untuk meminta informasi mengenai sesuatu.
  • Konjungsi temporal tau kata penghubung, yang bermanfaat menyatakan waktu pekerjaan yang muncul dan mempunyai sifat kronologis.
  • Verba material, yang mengacu pada tindakan jasmani atau kegiatan pekerjaan yang mesti dilakukan.
  • Verba tingkah laku, yang mengacu pada perbuatan yang dilaksanakan dengan ungkapan.
  • Partisipan manusia, adalahsemua insan yang ikut serta dalam teks formalitas tersebut.
  • Bilangan penanda, yang bermanfaat sebagai penanda urutan secara kronologis kegiatan.

Nah itulah referensi 5 struktur teks formalitas beserta definisi dan keterangan lengkapnya. Secara umum bagian-bagian teks formalitas terdiri dari judul, destinasi (kalimat pengantar), bahan dan peralatan, langkah-langkah, dan penutup.                       

Belum ada Komentar untuk " Struktur Teks Prosedur Beserta Kaidah Kebahasaan & Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel