Tujuan Negara Indonesia dalam Pembukaan UUD 1945

Dunia-Pendidik.Com - Indonesia adalah negara demokrasi yang berbentuk republik. Negara ini kesatu merdeka semenjak tahun 1945. Seperti negara-negara lain, Indonesia pun mempunyai tujuan nasional yang hendak ditempuh demi keadilan dan kesejahteraan untuk rakyatnya.

Tujuan Negara Indonesia dalam Pembukaan UUD 1945

Secara umum destinasi negara ialah untuk membuat keadaan supaya rakyat dapat menjangkau keinginannya secara maksimal, memajukan kesusilaan insan sebagai pribadi dan sebagai makhluk sosial, serta untuk merawat dan memastikan terlaksananya hak-hak asasi manusia,

Tentu pada hakikatnya, tiap negara mempunyai tujuan dan cita-cita bangsa tersendiri. Indonesia pun mempunyai tujuan nasional tersendiri. Penjabaran tentang tujuan negara Republik Indonesia ini disematkan pada teks pendahuluan UUD 1945 sebagai landasan hukum nasional.

Dalam pendahuluan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, tertera pada alinea ke-4 inilah ini :

    “Kemudian daripada tersebut untuk menyusun suatu pemerintah negara Indonesia yang mengayomi segenap bangsa Indonesia dan semua tumpah darah Indonesia dan guna memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut mengemban ketertiban dunia yang menurut kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kebebasan kebangsaan Indonesia tersebut dalam sebuah Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam sebuah susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar untuk Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebibaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan sebuah keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia.”

Tujuan Negara Republik Indonesia

Tujuan negara Indonesia yang kesatu ialah untuk mengayomi segenap bangsa dan semua tumpah darah Indonesia. Singkatnya destinasi ini dimaksudkan untuk mengayomi segenap komponen bangsa yang terdapat di distrik negara Indonesia.

Negara mesti dapat menghadirkan keamanan untuk warganya, lewat adanya pasukan militer, penjaga perbatasan, serta perlindungan HAM dan hukum. Selain tersebut sumber daya dan kekayaan alam pun harus dilindungi, demikian pula dengan nilai-nilai luhur dan kebiasaan bangsa.
 
Memajukan Kesejahteraan Umum
Selanjutnya negara Indonesia bertujuan guna memajukan kesejahteraan umum. Negara bermanfaat untuk meyakinkan kesejahteraan dan keperluan materi warganya tercukupi dengan baik. Selain tersebut kesejahteraan penduduk secara bermunculan dan batik pun harus dipenuhi.

Faktor beda yang mesti diacuhkan pada poin ini ialah bahwa kesejahteraan umum tidak saja soal situasi ekonomi saja, tapi pun mencakup terciptanya rasa aman, gotong royong, saling menghormati, serta garansi hak dan kewajiban untuk warganya.
 
Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Tujuan NKRI pun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam urusan ini, negara mempunyai tanggungjawab guna mencerdaskan warganya, lewat media edukasi forman atau non-formal. Tiap penduduk negara berhak dan wajib mendapat  pendidikan.

Tentunya tiap unsur masyarakaat mesti saling bersinergi untuk dapat meningkatkan kualitas edukasi serta studi literasi. Adanya sumber daya yang cerdas dan kompeten tentu pun mampu mendongkrak nilai Indonesia di mata dunia.
 
Ikut Melaksanakan Ketertiban Dunia yang Berdasar Perdamaian Abadi dan Keadilan Sosial

Tujuan Indonesia yang terakhir ialah ikut mengemban ketertiban dunia yang berdasar perdamaian abadi dan keadilan sosial. Perdamaian yang terbuat di setiap negara di dunia akan mencetuskan politik luar negeri yang bebas dan aktif.

Dengan kata lain, Indonesia pun harus patuh dan taat pada rambu-rambu yang disepakati oleh negara-negara dunia secara internasional. Indonesia mesti menjunjung perdamaian abadi dan keadilan sosial dalam interaksi secara internasional.

Nah itulah referensi tentang 4 destinasi negara Indonesia yang tertera dalam pendahuluan UUD 1945 beserta penjelasannya lengkap. Tentunya tujuan-tujuan itu harus diwujudkan secara bersama, tidak melulu oleh pemerintah, tapi pun lewat peran aktif masyarakat.              

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Negara Indonesia dalam Pembukaan UUD 1945"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel