Unsur-Unsur Iklan Beserta Contoh dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Secara umum definisi iklan ialah segala format pesan promosi produk atau jasa yang dikatakan melalui media tertentu guna ditunjukan untuk sebagian besar masyarakat, supaya mau melakukan pembelian produk atau jasa tersebut. Iklan menjadi sarana guna mempromosikan produk tertentu.

Unsur-Unsur Iklan Beserta Contoh dan Penjelasannya

Ada sejumlah jenis-jenis iklan, baik iklan komersial maupun iklan non-komersial laksana iklan layanan masyarakat. Yang tentu iklan jadi sarana ampuh untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Tentu iklan juga perlu media laksana koran, TV, radio, internet, atau lewat spanduk dan papan billboard di jalan.

Beberapa ciri khas dan ciri-ciri iklan antara lain ialah menggunakan ucapan-ucapan persuasif, menyatakan produk yang diiklankan, pesan iklan dikatakan secara komunikatif dan informatif, serta iklan pun harus mempunyai sifat jujur dan obyektif.

Iklan juga dapat memadukan bagian teks dan bagian gambar. Pada iklan berbentuk gambar bergerak atau video, juga diperbanyak audio atau musik yang unik perhatian. Semakin unik iklan, pasti semakin tidak sedikit dikenal masyarakat.

Unsur-Unsur Iklan

Di bawah ini akan diterangkan apa saja unsur-unsur iklan supaya menarik menyeluruh beserta definisi dan penjelasannya.

1. Nama Produk

Unsur iklan yang kesatu ialah nama produk. Nama produk atau jasa yang diiklankan mesti terdapat pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk juga harus menonjol supaya mudah dikenali oleh khalayak ramai.

2. Gambar

Selanjutnya ada bagian gambar. Sebuah iklan yang melulu berisi teks atau artikel saja pasti membosankan. Adanya bagian visual laksana gambar atau gambar bergerak (video) pasti akan lebih menarik untuk masyarakat supaya mau melihatnya.

3. Keunggulan

Dalam iklan, keunggulan-keunggulan produk mesti diterangkan dan ditonjolkan. Spesifikasi utama produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi dalil kenapa target konsumen mesti melakukan pembelian atau memakai produk tersebut.

4. Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif pada iklan sangat urgen untuk menyatakan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang bakal diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini mesti unik dan mudah dicerna oleh khalayak ramai.

5. Kalimat Persuasif

Selanjutnya pun ada kalimat persuasif. Fungsi kalimat persuasif urgen untuk menyuruh atau merayu orang untuk menggunakan suatu produk atau jasa yang sedang diiklankan. Kata-kata yang digunakan harus singkat dan dapat berbentuk slogan.

6. Perhatian

Unsur iklan lainnya ialah perhatian atau attention. Dalam menciptakan sebuah iklan, tentunya mesti terdapat ide-ide baru yang dapat menarik perhatian masyarakat, sampai-sampai iklan itu menjadi berkesn dan bisa terus diingat.

7. Minat

Minat atau interest pun penting guna diperhatikan. Iklan yang dipasang mesti dicocokkan dengan minat atau ketertarikan dari target konsumen sampai-sampai calon pembeli merasa hendak tahu dengan produk yang ditawarkan dan tertarik guna membelinya.

8. Keinginan

Selanjutnya terdapat unsur kemauan atau desire. Dengan kata lain, iklan mesti dapat memecahkan masalah yakni kemauan dari konsumen. Pengiklan juga harus mengejar suatu teknik utuk menggerakkan kemauan suatu konsumen lewat iklannya.

9. Kepercayaan
Berikutnya terdapat unsur keyakinan atau conviction. Untuk menemukan rasa percaya dalam diri konsumen, maka suatu iklan mesti ditunjang sekian banyak  kegiatan pertunjukan seperti pembuktian (testimoni) atau sebuah ucapan-ucapan yang meyakinkan.

10. Tindakan

Unsur-unsur iklan selanjutnya ialah tindakan atau action. Tindakan adalah tujuan akhir dari pengiklan untuk dapat menarik konsumen supaya membeli atau memakai produk dan jasa yang diiklankan.

11. Memiliki Sasaran

Unsur iklan yang terakhir ialah mempunyai sasaran. Sebuah iklan mesti mempunyai target konsumen dan pangsa pasar yang jelas dan terarah, apakah iklan itu ditargetkan pada kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, wanita, masyarakat pedesaan, atau segmen-segmen tertentu.
 
Unsur-unsur itu menjaadi kriteria iklan yang baik sampai-sampai dapat diterima dan mudah dikenang oleh konsumen yang menjadi target pasarnya.                       

Belum ada Komentar untuk "Unsur-Unsur Iklan Beserta Contoh dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel