5W 1H : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Teks Berita

Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut pengertian 5W 1H? Istilah tersebut merujuk pada unsur-unsur berita yaitu what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Unsur 5W + 1H tidak jarang kali dijumpai pada tiap teks berita guna memberi penjelasan dan keterangan bersangkutan peristiwa yang dikabarkan pada pembaca atau pendengar.
 
5W 1H : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Teks Berita

Berikut akan diterangkan apa tersebut pengertian 5W1H, apa saja unsur-unsur yang terdapat pada 5W1H serta apa saja misal pemakaian 5W1H pada sebuah teks berita.

Pengertian 5W 1H

Pengertian 5W1H adalah unsur-unsur yang terdapat pada teks berita. Istilah 5W1H dalam bahasa Indonesia tidak jarang dikenal dengan sebutan ‘adik simba’ (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Tiap orang pun mempunyai istilah setiap untuk menghafal unsur-unsur berita ini.

Suatu berita dapat disebutkan baik andai dapat membalas unsur-unsur yang ada dalam 5W+1H. Unsur 5W1H ini juga dipakai untuk mengetahui inti suatu berita atau guna dapat menilai pokok dan isi teks berita, sampai-sampai pembaca atau pendengar berita dapat lebih paham tentang peristiwa yang sedang diberitakan.

Pertanyaan-pertanyaan 5W 1H dipakai untuk mengembangkan isi berita sampai-sampai memberi keterangan detail dan rinci, berhubungan apa peristiwa yang terjadi, siapa yang terlibat, kapan dan dimana peristiwa berlangsung, apa latar belakangnya, serta bagaimana proses dan kronologis peristiwa itu terjadi.

Unsur-Unsur 5W 1H

Berikut akan diterangkan apa saja yang tergolong unsur-unsur dalam 5W1H beserta definisi dan contohnya.

What (Apa)

What atau apa, menjelaskan tentang apa peristiwa yang terjadi yang dikabarkan dalam teks berita.

Unsur ini akan menjelaskan peristiwa yang terjadi yang menjadi pokok kupasan dalam berita, pastinya peristiwa mesti berupa kenyataan yang benar-benar terjadi didasarkan pada bukti nyata.

Who (Siapa)
Who atau siapa, menyatakan siapa saja orang-orang yang tercebur dalam peristiwa yang dikabarkan dalam teks berita.

Unsur ini akan menjelaskan siapa saja yang tercebur dalam sebuah peristiwa, dapat berupa pribadi atau kelompok. Tidak melulu orang yang tercebur secara langsung, tapi dapat juga orang beda yang ikut terdampak.

Where (Dimana)

Where atau dimana, menyatakan tempat atau tempat dimana peristiwa dalam teks berita terjadi.

Unsur ini akan menjelaskan dimana terjadinya peristiwa dalam berita, dapat berupa nama kota, provinsi, negara, atau distrik dan tempat tertentu yang diterangkan sesuai kenyataan yang terjadi.

When (Kapan)

When atau kapan, menyatakan kapan masa-masa peristiwa yang terjadi yang dikabarkan dalam teks berita.

Unsur ini akan menjelaskan latar masa-masa terjadinya peristiwa, dapat berupa hari, tanggal, bulan, tahun, atau bahkan disertai jam terjadinya peristiwa secara detail.

Why (Mengapa)

Why atau mengapa, menyatakan latar belakang atau dalil terjadinya peristiwa yang dikabarkan dalam teks berita.

Unsur ini akan menjelaskan apa yang melandasi terjadinya peristiwa, dapat berupa dalil atau hal penyebab lainnya, sampai-sampai pembaca lebih mengetahui latar belakang peristiwa.

How (Bagaimana)

How atau bagaimana, menyatakan tentang proses terjadinya peristiwa yang terjadi dalam teks berita.

Unsur ini akan menjelaskan proses kronologis terjadinya sebuah peristiwa secara mendetail dan detail, sampai-sampai pembaca lebih mengetahui alur kisah peristiwa dengan baik.

Contoh Penggunaan 5W1H

Contoh Teks Berita :
    Terjadi banjir bandang di dekat Sungai Ciliwung pada 26 September 2018. Banjir tersebut diperkirakan karena hujan yang turun paling deras dari masa-masa malam sampai pagi. Sebanyak 2 desa terendam dan tidak sedikit keluarga yang mengungsi di dusun sebelah.

    Sekitar 137 kepala family kehilangan lokasi tinggalnya sebab banjir. Pemerintah segera memberikan pertolongan berupa lokasi pengungsian, air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

    Salah satu penyebabnya juga diperkirakan karena kelaziman masyarakat selama yang melemparkan sampah sembarangan di Sungai Ciliwung sampai-sampai terjadi banjir saat musim hujan datang.

WHAT : Apa Peristiwa yang Terjadi?
Jawaban : Terjadi banjir bandang di dekat Sungai Ciliwung

WHO : Siapa yang Terlibat dalam Peristiwa Tersebut?
Jawaban : Warga 2 desa yang terendam banjir, sejumlah 137 kepala family yang kehilangan yang lokasi tinggalnya.

WHERE : Dimana Peristiwa Tersebut Terjadi?
Jawaban : Di dua desa yang berada di dekat Sungai Ciliwung

WHEN : Kapan Peristiwa Tersebut Terjadi?
Jawaban : 26 September 2018

WHY : Mengapa Peristiwa Tersebut Bisa Terjadi?
Jawaban : Karena kelaziman masyarakat selama yang melemparkan sampah sembarangan di Sungai Ciliwung.

HOW : Bagaimana Peristiwa Tersebut Terjadi?
Jawaban : Hujan turun paling deras dari masa-masa malam hari hingga pagi hari sampai-sampai terjadi banjir yang menciptakan 137 kepala family kehilangan lokasi tinggalnya dan mengungsi.

Nah itulah referensi tentang pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, dan misal 5W 1H dalam teks berita. Semoga dapat menjadi referensi dan meningkatkan wawasan tentang pengertian dan misal berita 5W 1H.                       

Belum ada Komentar untuk "5W 1H : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Teks Berita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel