Ciri-Ciri Proposal Beserta Karakteristik dan Kaidah Kebahasaannya

Dunia-Pendidik.Com - Proposal ialah rencana yang dituangkan dalam format rancangan pekerjaan dalam format tulisan dan diterangkan secara sistematis dan terperinci. Tujuan penciptaan proposal urgen untuk memberi informasi mengenai pekerjaan atau riset yang akan dilakukan serta meminta sokongan dana dari pihak penerima proposal.

Ciri-Ciri Proposal Beserta Karakteristik dan Kaidah Kebahasaannya

Proposal berfungsi sebagai rencana yang menunjukkan panitia dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Pembuatan proposal mesti diciptakan dengan mendetail dan rinci secara terstruktur dan sistematis. Hal ini penting supaya pihak penerima proposal dapat memahami dengan baik isi dan maksud proposal itu dibuat.

Terdapat sejumlah jenis-jenis proposal contohnya proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal bisnis, dan proposal proyek. Tentu tiap jenisnya mempunyai struktur proposal yang berbeda-beda, dicocokkan dengan keperluan dari pihak pembuat proposalnya.

Dalam penulisannya, terdapat sejumlah unsur-unsur proposal yang mesti terdapat di antaranya ialah latar belakang, rumusan masalah, tujuan, sasaran, kiat pelaksanaan, jadwal pelaksanaan, anggaran, rangkaian kepanitiaan, dan penutup. Tiap bagian tersebut memiliki faedah masing-masing dalam penulisan proposal.

Ciri-Ciri Proposal

Sebuah proposal mempunyai ciri-ciri dan ciri khas tertentu, dapat dilihat dari pola struktur, penjelasan, atau kaidah kebahasaannya. Berikut adalahciri-ciri proposal dan keterangan lengkapnya.

Berisi Ringkasan Kegiatan atau Penelitian
Ciri utama proposal ialah isinya berisikan ringkasan pekerjaan atau riset yang bakal dilaksanakan. Dalam proposal akan diterangkan apa saja yang akan dilakukan secara mendetail dan detail, mulai dari latar belakang, tujuan, jadwal kegiatan, sampai teknis pelaksanaannya.

Terdapat Pihak yang Mengajukan Proposal

Proposal diciptakan oleh pihak yang mengemukakan proposal. Dalam proposal kegiatan, pihak pembuat proposal ialah panitia kegiatan. Dalam proposal penelitian, pihak pembuat proposal ialah tim peneliti. Sementara dalam proposal bisnis, pembuat proposal ialah pelaku usahanya.

Terdapat Pihak yang Dituju

Di samping pihak pembuat proposal, pun ada pihak yang dituju, yakni untuk siapa proposal itu dibuat. Umumnya proposal ditujukan pada pihak yang memiliki otoritas perizinan atau untuk pihak sponsor dan penyumbang untuk memberi sokongan dana finansial.

Bersifat Sebagai Pemberitahuan

Proposal mempunyai sifat sebagai pengumuman mengenai pekerjaan atau riset yang bakal dilaksanakan. Dengan menyimak proposal maka anda akan tahu dan paham tentang rancangan pekerjaan yang akan dilakukan secara detail.

Menggunakan Bahasa Baku

Umumnya proposal memakai bahasa baku dan formal. Tiap kata, ejaan, dan bentuk penulisan mesti cocok dengan bahasa formal. Namun ada dispensasi untuk jenis proposal non-formal dimana bahasanya tidak memakai bahasa baku.

Memiliki Struktur Penulisan

Ciri-ciri proposal berikutnya ialah memiliki bentuk dan struktur penulisan yang mesti dipenuhi. Struktur pada proposal pun tergantung pada jenis proposalnya, tetapi secara umum mesti berisi bagian latar belakang, rumusan masalah, tujuan, teknis pelaksanaan, dan penutup.

Disusun Secara Sistematis

Proposal mesti dibentuk secara urut dan sistematis. Artinya penyusunan proposal mesti urut dari mula sampai akhir, dibuka dari unsur latar belakang, cara pelaksanaan sampai penutup, jangan dibolak-balik sebab membuat pembaca menjadi bingung.

Isinya Dapat Dipertanggungjawabkan

Ciri-ciri proposal yang terakhir ialah isinya mesti bisa dipertanggungjawabkan oleh pembuat proposal. Tiap keterangan dan informasi yang ditulus mesti benar dan tepat, sampai-sampai proposal itu dapat diterima oleh pihak yang dituju.

Demikian keterangan ciri-ciri proposal dan karakteristiknya lengkap. Terdapat sejumlah ciri-ciri penulisan proposal mencakup struktur dan kaidah kebahasaan yang mesti dipenuhi. Semoga dapat menjadi referensi dan meningkatkan wawasan.                       

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Proposal Beserta Karakteristik dan Kaidah Kebahasaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel