Fungsi Musik Secara Umum Beserta Contoh dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Musik adalah salah satu cabang seni yang dapat dinikmati lewat indra pendengaran. Seni musik memakai alat-alat musik sebagai instrumen pendukungnya. Terdapat tidak sedikit fungsi seni musik untuk kehidupan insan di bidang pendidikan, sosial, budaya, kesehatan, ekonomi, agama, dan lain-lain. Definisi musik tersebut cocok dengan definisi musik menurut keterangan dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Fungsi Musik Secara Umum Beserta Contoh dan Penjelasannya

Seni musik diciptakan dengan pertolongan berbagai instrumen perangkat musik laksana gitar, trumpet, seruling, piano, drum, dan lain-lain. Seni musik memiliki sejumlah unsur tertentu laksana melodi, irama, birama, dan tangga nada. Di samping itu, harmoni dan tempo pun termasuk dalam unsur-unsur musik yang mesti diperhatikan.

Musik tidak jarang dijadikan sebagai sarana hiburan. Kita sering memperhatikan musik di masa-masa luang, dari perlengkapan ponsel kita. Pada dasarnya musik pun memiliki tidak sedikit fungsi lain, di samping sebagai hiburan atau sebagai sarana ekspresi diri. Musik bahkan memiliki faedah di bidang agama, kesehatan, dan pendidikan.

Fungsi Musik

Berikut ini akan dijabarkan mengenai keterangan apa saja faedah seni musik untuk kehidupan insan dalam bidang pendidikan, ekonomi, budaya, agama, kesehatan, dan sosial masyarakat.

Sebagai Media Berekspresi

Fungsi musik yang utama ialah sebagai sarana ekspresi diri. Musik menjadi media yang pas guna mengungkapkan ekspresi yang terdapat dalam diri insan lewat suatu karya seni musik. Lewat buaian nada dan lirik lagu, musisi dapat mengekspresikan gagasannya dalam format musik.

Sebagai Sarana Komunikasi

Musik pun bisa bermanfaat sebagai sarana komunikasi atau untuk mengucapkan pesan. Banyak lagu-lagu yang mempunyai makna dan pesan di dalamnya, baik guna kritik sosial atau himbauan tertentu, sampai-sampai musik dapat digunakan guna media komunikasi.

Sebagai Media Hiburan

Saat ini, faedah musik tidak sedikit digunakan sebagai media hiburan. Ada tidak sedikit lagu-lagu dari biduan dan grup band kesayangan kita yang tidak jarang kita dengarkan untuk memenuhi waktu luang atau untuk memeriahkan suasana. Menonton konser musik pun menjadi hiburan.

Sebagai Sarana Pendidikan

Musik memiliki faedah dalam sarana pendidikan. Musik dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah pada sekian banyak  bidang pelajaran. Dalam pendidikan, musik juga dapat dipakai sebagai sarana pengembangan diri dan menyusun karakter siswa.

Sebagai Upacara Keagamaan

Musik pun memiliki faedah dalam sarana upacara adat atau ritual keagamaan. Musik tak dapat dipisahkan pada upacara pernikahan, kelahiran, kematian, atau ritual adat lain. Beberapa musik atau bunyi-bunyian juga diandalkan  mempunyai unsur magis.

Sebagai Pengiring Tarian


Fungsi seni musik berikutnya dapat digunakan sebagai bagian pengiring tarian. Seni tari memang tak dapat dipisahkan dari seni musik, sebab umumnya peragaan tari pun diiringi oleh musik dengan irama dan tempo yang selaras dengan gerakan penari.

Sebagai Sarana Terapi

Fungsi musik sebagai sarana terapi bertujuan guna menyembuhkan luka atau trauma seseorang secara psikologis. Fungsi ini tadinya digunakan guna menyembuhkan korban perang dunia 2. Saat ini, musik dapat digunakan sebagai terapi guna menyegarkan pulang sistem sistem benak setelah dipakai saat bekerja.

Sebagai Sarana Kreativitas

Seni musik bermanfaat sebagai sarana mengalirkan kreativitas. Sifat kreatifitas ini senantiasa diperlukan untuk mengiringii watak seseorang dalam rangka memadai keperluannya. Adanya seni musik dapat menumbuhkan dan menajamkan sisi kreativitas seseorang.

Sebagai Sarana Ekonomi
Musik pun memiliki faedah sebagai sarana ekonomi. Para musisi membuat lagu dan album guna kemudian dipasarkan secara langsung atau digital. Penyanyi juga dapat mengadakan konser musik guna mendapat penghasilan finansial. Contoh sangat umum juga dapat ditemui ketika pengamen menyanyi guna mendapatkan uang.

Sebagai Sarana Perlambangan
Musik dapat menjadi sarana perlambangan pada sebuah hal tertentu. Misalnya musik dengan lirik lagu yang sedih menggambarkan  kesedihan dan kegalauan dalam hati. Begitu pula dengan musik kebangsaan, dapat digunakan untuk menggambarkan  perjuangan dan patriotisme.

Sebagai Wujud Kebudayaan

Musik dan kebiasaan adalah 2 urusan yang tak dapat dipisahkan. Ada tidak sedikit lagu-lagu wilayah yang menjadi warisan kebiasaan di bidang musik. Tiap suku wilayah di Indonesia mempunyai musik daerah, baik lagu-lagu wilayah atau perangkat musik wilayah yang khas.

Sebagai Identitas Organisasi

Manfaat musik pun pentin dijadikan identitas sebuah organisasi. Instansii atau perusahaan lazimnya mempunyai lagu jingle yang mewakili visi misi. Bahkan tiap negara pun mempunyai lagu kebangsaan yang menjadi simbol tiap negara tersebut.

Sebagai Sarana Promosi

Musik juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau pengenalan produk. Dengan adanya promosi, sebuah iklan atau format promosi beda menjadi lebih unik dan lebih mudah dikenang oleh target konsumen yang dipromosikan.

Sebagai Sarana Estetika

Musik ialah salah satu cabang seni. Tentunya seni musik pun dimanfaatkan sebagai seni murni yang dinikmati nilai estetikanya. Hal ini mencakup unsur-unsur yang terdapat pada musik laksana nada, irama, tempo, sampai tangga lagu.

Sebagai Sarana Pengontrol Suasana

Fungsi seni musik yang terakhir dipakai untuk mengontrol keadaan hati. Musik efektif dipakai untuk membetulkan mood supaya menjadi lebih ceria dan bagus. Musik juga dapat mengurangi stres atau menghilangkan perasaan galau yang terdapat pada jiwa.

Nah demikian referensi fungsi-fungsi musik beserta manfaat, kegunaan, dan keterangan lengkapnya. Ada tidak sedikit fungsi seni musik laksana sebagai sarana ekspresi diri, sarana hiburan, sarana edukasi dan pembelajaran, serta sebagai sarana ekonomi dan komersial.         

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Musik Secara Umum Beserta Contoh dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel