Objek Kajian Sosiologi Beserta Ruang Lingkup dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Sosiologi ialah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai hubungan, sikap, dan perilaku masyarakat beserta interaksinya dengan pribadi atau kumpulan lain. Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi mempunyai ruang lingkup dan objek kajian tersendiri mencakup objek material dan objek formal.

Objek Kajian Sosiologi Beserta Ruang Lingkup dan Penjelasannya

Ilmu sosiologi mesti dibentuk menurut hasil pemantauan dan observasi cocok fakta, serta teorinya terus dimodernisasi mengikuti pertumbuhan zaman supaya tetap relevan cocok waktunya.

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai masyarakat sebagai borongan dan bukan disaksikan dari tiap-tiap individunya. Oleh sebab itu, ruang lingkup ilmu sosiologi dapat disaksikan dalam dua bentuk, yaitu sebagai masyarakat sebagai sistem sosial, serta sebagai kebudayaan hasil interaksi manusia.

Objek kajian sosiologi ditekankan pada masyarakat yang disaksikan dari sudut hubungan antar insan dan proses yang timbul dari hubungan insan di dalam masyarakat tersebut sendiri. Adanya objek kajian menjadi batasan-batasan dalam mempelajari ilmu sosiologi sebagai suatu studi pengetahuan.

Objek Kajian Sosiologi

Secara umum ada 2 objek kajian sosiologi yaitu objek material dan objek formal. Berikut adalah pembahasan tentang objek kajian dan ruang lingkup sosiologi beserta penjelasannya.

1. Objek Material Sosiologi
Objek kajian sosiologi yang kesatu ialah objek material. Yang dimaksud objek material adalah hal-hal yang sehubungan dengan kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antar insan yang dapat memprovokasi kesatuan hidup manusia tersebut sendiri.

Pada objek material, sosiolog mempelajari tentang gejala-gejala sosial dalam masyarakat serta proses interaksi antar manusia, baik interaksi pribadi dengan individu, interaksi pribadi dengan kelompok, serta interaksi kumpulan dengan kelompok.

2. Objek Formal Sosiologi

Objek kajian sosiologi yang kedua ialah objek formal. Yang dimaksud objek formal adalah hal-hal yang sehubungan dengan insan sebagai makhluk sosial atau sebagai masyarakat. Artinya dibicarakan mengenai pola dan perilaku masyarakat secara keseluruhan.

Objek formal menyatakan hubungan antar insan serta proses yang ditimbulkannya di dalam lingkungan masyarakat, tergolong dalam hubungan sebab-akibat yang terjadi dampak suatu perilaku yang dilaksanakan secara ilmiah dan faktual.

Di samping objek material dan objek formal, pun ada sejumlah teori tentang 2 objek kajian sosiologi lainnya yakni objek kebiasaan dan objek agama, inilah ini :
  1. Objek budaya, yaitu objek kajian yang sehubungan dengan norma kebudayaan, yang menjadi hal yang bisa memengaruhi hubungan satu dengan yang lain.
  2. Objek agama, yaitu objek kajian yang sehubungan dengan norma keagamaan, yang menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat, dan tidak sedikit juga hal-hal ataupun akibat yang memengaruhi hubungan manusia.
Terdapat 2 objek kajian utama dalam ilmu sosiologi yaitu objek material dan objek forma, serta ekstra 2 objek dari teori lain yaitu objek kebiasaan dan objek agama.                    

Belum ada Komentar untuk "Objek Kajian Sosiologi Beserta Ruang Lingkup dan Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel