Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sel Beserta Definisi, Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Sel adalah unit terkecil yang merangkai setiap organisme. Sel mempunyai peran dan faedah penting untuk keberlangsungan sebuah makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain tersebut terdapat sejumlah organel dan bagian-bagian sel yang mempunyai struktur dan faedah masing-masing.

Pengertian Sel Beserta Definisi, Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya

Sel berasal dari kata “cella” dari bahasa Yunani, yang berarti ruangan berukuran kecil. Sel memang ditafsirkan sebagai satuan terkecil penyusun makhluk hidup. Pada tiap makhluk hidup laksana manusia, fauna atu tumbuhan, sel menjadi komponen penyusunnya.

Pengertian Sel

Di bawah ini merupakan sejumlah pengertian sel menurut keterangan dari KBBI, secara umum, serta definisinya menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman biologi.

Arti Sel Berdasarkan keterangan dari KBBI

Pengertian sel menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah bagian atau format terkecil dari organisme, terdiri atas satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel.

Definisi Sel Secara Umum

Pengertian sel secara umum merupakan kelompok materi sangat sederhana yang bisa hidup dan adalahunit penyusun seluruh makhluk hidup. Sel dapat melakukan semua kegiatan kehidupan dan mayoritas reaksi kimia untuk menjaga kehidupan dilangsungkan di dalam sel.

Singkatnya, pengertian sel ialah unit struktural dan fungsional terkecil penyusun. Tentu dalam perkembangannya, sel didefinisikan menjadi lebih perumahan dengan penjabaran lebih luas. Tiap jaringan sel pada tumbuhan, hewan, dan manusia pun berbeda-beda satu sama lain.

Pengertian Sel Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut ini merupakan sejumlah pengertian dan pengertian sel menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman biologi.

Berdasarkan keterangan dari Robert Hooke (1665)
Pengertian sel menurut keterangan dari Robert Hooke adalah tempat-tempat kecil yang diberi batas oleh dinding. Definisi tersebut ia ungkapkan setelah mengerjakan penelitian simpel terhadap suatu gabus dengan memakai mikroskop sederhana.

Berdasarkan keterangan dari Robert Brown (1831)

Berdasarkan keterangan dari Robert Brown, diketahui bahwa inti sel tidak jarang kali ada dalam sel hidup dan kehadiran inti sel tersebut sangat penting, yakni untuk menata segala proses terjadi didalam sel.

Berdasarkan keterangan dari Max Schultze
Sel didefinisikan sebagai unsur yang berisi protoplasma yang adalah tempat terjadinya proses hidup.

Berdasarkan keterangan dari Rene Dutrochet (1824)

Rene Dutrochet mengungkapkan bahwa pengertian sel ialah bagian-bagian yang merangkai semua jaringan organ tanaman dan jaringan hewan.

Berdasarkan keterangan dari Theodor Schwann (1839)

Arti sel didefinisikan sebagai bagian-bagian yang merangkai semua makhluk hidup yang ada.

Berdasarkan keterangan dari Rudolph Vircow (1855)

Pengertian sel adalah mata rantai terakhir dalam rantai besar yang menyusun jaringan organ, sistem, dan individu.

Berdasarkan keterangan dari Matthias Jacob Schleiden (1838)

Pengertian sel menurut keterangan dari Matthias Jacob Schleiden ialah unit struktural dan fisiologi pada masing-masing makhluk hidup.

Berdasarkan keterangan dari Alexander Braun (1845)

Definisi sel menurut keterangan dari Alexander Braun adalah unit dasar dari kehidupan.
Fungsi Sel

Sel memiliki tidak sedikit fungsi, di samping sebagai satuan penyusun makhluk hidup. Berikut merupakan sejumlah tugas dan faedah sel secara umum untuk organisme atau makhluk hidup.
  1. Fungsi metabolisme, sebagai lokasi proses metabolisme dan reaksi kimia di dalam tubuh.
  2. Fungsi komunikasi, yang menerima dan mengirim sinyal dari dan untuk sel lain guna interaksi antar organisme uniseluler dan menata perkembangan tubuh organisme multiseluler.
  3. Fungsi siklus sel, untuk mengerjakan pertumbuhan sel, replikasi DNA, pemisahan DNA, serta pembelahan sel.
  4. Fungsi diferensiasi sel, untuk membuat keberagaman jenis sel yang hadir selama pertumbuhan suatu organisme multiseluler dari suatu sel telur yang telah dibuahi.
  5. Fungsi kematian sel terprogram, yang bermanfaat untuk pengendalian populasi sel dengan teknik mengimbangi perbanyakan sel.

Nah itulah referensi definisi sel menurut keterangan dari para berpengalaman beserta makna dan pengertian sel secara umum selengkapnya. Dijelaskan pun apa saja peran dan faedah sel secara umum untuk organisme. Semoga dapat menjadi ekstra referensi dan wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sel Beserta Definisi, Fungsi, Struktur, dan Penjelasannya"