Ciri-Ciri Wirausaha Beserta Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Baik

Dunia-Pendidik.Com - Wirausaha ialah seseorang yang menjalankan usaha dan bisnis sendiri. Bagi menjadi seorang wirausaha atau entreprenuer diperlukan sifat-sifat tertentu laksana jujur, tekun, kerja keras, percaya diri, serta berani memungut resiko. Karakteristik wirausaha tersebut urgen untuk dipunyai sebelum terjun ke dunia bisnis.

Ciri-Ciri Wirausaha Beserta Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Baik

Secara umum definisi wirausaha ialah seorang yang berani berjuang secara berdikari dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi keterampilan mengenali dan menciptakan produk baru, menilai teknik produksi, merangkai operasi, membuat peluang usaha, menata permodalan, dan menjual produk untuk menjangkau hasil yang bernilai lebih tinggi dengan segala resiko yang bakal dihadapi.

Tentunya ada sejumlah tujuan dan guna wirausaha yang dapat didapatkan oleh pelaku usaha atau masyarakat, di antaranya ialah membuka lapangan kerja baru, menolong perekonomian masyarakat, melatih banting tulang dan ketekunan, mengoptimalkan keterampilan diri, serta memajukan kesejahteraan rakyat.

Menjadi wirausaha tidak dapat dilakukan oleh seluruh orang. Ada sejumlah sikap dan perilaku wirausaha yang mesti dimiliki, contohnya sikap banting tulang serta tekun dan ulet dalam menjalankan usaha. Seorang wirausaha pun harus berani memungut resiko yang barangkali dihadapi serta mesti berorientasi untuk masa depan.

Ciri-Ciri Wirausaha

Berikut adalah ciri-ciri dan ciri khas wirausaha secara umum beserta keterangan dan ulasan lengkapnya.

Bersikap Percaya Diri

Ciri-ciri wirausaha yang kesatu ialah bersikap percaya diri atau confident. Wirausaha mesti yakin dan percaya bahwa usaha yang dibuatnya akan sukses dan tepat sasaran. Sikap percaya diri ini urgen untuk menyokong dalam menggarap setiap kegiatan dengan tenang.

Memiliki Jiwa Pemimpin

Seorang wirausaha mesti mempunyai jiwa pemimpin atau leadership. Hal ini penting sebab wirausaha beraksi sebagai bos untuk usahanya sendiri yang ia tekuni. Wirausaha mesti dapat memimpin semua pekerjanya serta memungut keputusan dalam dunia bisnis.

Beorientasi ke Masa Depan

Wirausaha mesti terus berorientasi ke masa depan. Wirausaha mesti beranggapan bagaimana kondisi ke depan supaya usahanya tetap berlangsung dan menjadi semakin sukses. Di samping prediksi tepat, wirausaha mesti dapat mencari kesempatan baru guna mengembangkan gagasan dan usaha di masa depan.

Berani Mengambil Resiko

Ciri-ciri wirausaha berikutnya ialah selalu berani memungut resiko. Resiko yang barangkali didapat dapat berupa resiko kegagalan atau resiko kerugian. Wirausaha mesti dapat memperhitungkan hal-hal tersebut, sampai-sampai berani memungut resiko yang barangkali terjadi.

Bersifat Jujur dan Tekun
Mungkin terkesan sepele, tetapi seorang wirausaha mesti mempunyai sifat jujur dan tekun. Kejujuran sangat urgen dalam meraih kesuksesan dalam dunia usaha. Sementara sifat tekun dan kerja keras pun menjadi kunci supaya usaha yang dijalani berlangsung lancar.

Bersifat Orisinil

Wirausaha mestilah orisinil, dengan kata lain ide usahanya adalah sesuatu yang baru dan fresh. Boleh-boleh saja terinspirasi dari usaha lain, tetapi harus tetap dikembangkan dengan inovasi baru. Seorang wirausaha yang orisinil pasti akan lebih diapresiasi oleh masyarakat.

Selalu Berpikir Positif

Ciri-ciri wirausaha selanjutnya ialah selalu beranggapan positif. Dalam suatu usaha pasti akan tidak jarang kali ada hambatan dan resiko yang barangkali terjadi. Dalam urusan tersebut, wirausaha mesti tetap beranggapan positif untuk menggali solusi menghadapi masalah tersebut.

Berorientasi pada Hasil

Seorang wirausaha mesti memiliki ciri khas untuk berorientasi pada hasil. Artinya, apapun hambatan dan halangan yang terdapat di depan, seorang wirausaha mesti dapat mencapai hasil yang cocok dengan yang apa yang diharapkan dan ditargetkan sebelumnya.

untuk berorientasi pada hasil. Artinya, apapun hambatan dan halangan yang terdapat di depan, seorang wirausaha mesti dapat mencapai hasil yang cocok dengan yang apa yang diharapkan dan ditargetkan sebelumnya.

Nah itulah referensi ciri-ciri wirausaha serta sikap dan perilaku wirausaha yang mesti dimiliki. Tentunya ciri dan karakterisik itu penting dipunyai oleh seorang wirausaha supaya sukses dan berhasil, serta terhindar dari sekian banyak  resiko kegagalan.                       

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Wirausaha Beserta Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel