Jenis-Jenis Pajak Beserta Contoh dan Macam-Macamnya

Dunia-Pendidik.Com - Fungsi pajak urgen sebagai sumber finansial dan perkiraan negara. Terdapat sejumlah macam-macam pajak menurut instansi pemungutnya, sifatnya atau sistem pemungutannya.

Berdasarkan keterangan dari UU No. 28 Tahun 2007 mengenai Perpajakan, diterangkan bahwa definisi pajak ialah kontribusi wajib untuk negara yang terutang oleh orang individu atau badan yang mempunyai sifat memaksa menurut Undang-Undang, dengan tidak menemukan imbalan secara langsung dan dipakai untuk kebutuhan negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Jenis-Jenis Pajak Beserta Contoh dan Macam-Macamnya

Secara umum pajak bermanfaat sebagai sumber finansial dan kas negara, untuk mengongkosi pengeluaran negara, tergolong menjalankan program pembangunan di daerah-daerah. Terdapat 4 (empat) faedah pajak yaitu sebagai fungi anggaran, faedah regulasi, faedah pemerataan, dan faedah stabilisasi.

Pajak juga memiliki sejumlah jenis-jenis tertentu. Macam-macam pajak di Indonesia dipisahkan menjadi pajak negara dan pajak daerah.

Macam-Macam Pajak

Di bawah ini akan diterangkan apa saja macam-macam pajak beserta misal dan pembahasannya, yang dipisahkan menurut instansi pemungutnya, sistem pemungutannya, sifatnya, subjek pajaknya serta asalnya.

Jenis-Jenis Pajak Negara Berdasarkan Instansi Pemungut

Berdasarkan instansi pemungutnya, ada 2 (dua) macam-macam pajak yaitu pajak negara dan pajak daerah.

1. Pajak Negara
Pajak negara adalahjenis pajak yang diambil oleh instansi pemerintahan pusat secara nasional. Di Indonesia, jenis-jenis pajak negara dipecah sebagai berikut.
  • Pajak Penghasilan (PPh), yaitu jenis pajak yang dikenakan untuk pribadi atau badan atas pendapatan yang diterima dalam sebuah tahun pajak tertentu.
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN), yaitu jenis pajak yang dikenakan atas konsumsi dan transaksi jual beli pada barang dan jasa yang dikenakan pajak.
  • Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), yaitu jenis pajak yang dikenakan atas konsumsi dan transaksi jual beli khusus guna barang-barang mewah.
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), yaitu jenis pajak yang dikenakan atas kepemilikan, pemanfaatan dan/atau penguasaan atas tanah dan/atau bangunan.
  • Bea Materai, yaitu jenis pajak yang dikenakan atas pemanfaatan dokumen, laksana surat perjanjian, akta notaris, serta kwitansi pembayaran, surat berharga, dan efek.

2. Pajak Daerah

Pajak wilayah adalahjenis pajak yang diambil oleh instansi pemerintahan desa, baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota. Di Indonesia, jenis-jenis pajak wilayah dibagi sebagai berikut.

Jenis Pajak Provinsi
  •     Pajak Kendaraan Bermotor
  •     Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
  •     Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor
  •     Pajak Air Permukaan
  •     Pajak Tembakau

Jenis Pajak Kabupaten/Kota
  •     Pajak Hotel
  •     Pajak Restoran
  •     Pajak Hiburan
  •     Pajak Reklame
  •     Pajak Penerangan Jalan
  •     Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan
  •     Pajak Parkir
  •     Pajak Air Tanah
  •     Pajak Sarang Burung Walet
  •     Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan dan perkotaan
  •     Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB)
  •     Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan

Jenis-Jenis Pajak Negara Berdasarkan Sistem Pemungutannya

Berdasarkan sistem pemungutannya, ada 2 (dua) macam-macam pajak yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung.

1. Pajak Langsung

Pajak langsung (direct tax) adalah jenis pajak yang bebannya ditanggung sendiri oleh mesti pajak dan tidak dapat dipindahkan kepada orang lain. Pajak ini ditunaikan secara rutin menurut surat ketetapan pajak yang diciptakan kantor pajak.

Contoh pajak langsung antara lain ialah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Pajak Penghasilan (PPh).

2. Pajak Tidak Langsung 

Pajak ini ditagihkan menurut kegiatan tertentu, sampai-sampai tidak dibayarkan secara rutin.

Contoh pajak tidak langsung antara lain ialah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau bea materai.

Jenis-Jenis Pajak Negara Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, ada 2 (dua) macam-macam pajak yaitu pajak subjektif dan pajak objektif.

1. Pajak Subjektif

Pajak subjektif adalah jenis pajak yang berpangkal pada subjeknya. Dengan kata lain, pajak subjektif memperhatikan situasi dan keterampilan pada subjek yang dikenakan pajak.

Contoh pajak subjektif ialah Pajak Penghasilan (PPh), yang didasarkan pada pendapatan yang diperoleh oleh subjek pajaknya.

2. Pajak Objektif

Pajak objektif adalah jenis pajak yang berpangkal pada objeknya. Dengan kata lain, pajak ini dinilai secara objektif tanpa memperhatikan situasi dan keterampilan pada subjek yang dikenakan pajak.

Contoh pajak objektif ialah Pajak Pertambahan Nilai (PPn), yang nilainya tetap cocok objek pajaknya, tanpa menyimak si pembayar pajak.

Jenis-Jenis Pajak Negara Berdasarkan Subjek Pajaknya

Berdasarkan subjek pajaknya, ada 2 (dua) macam-macam pajak yaitu pajak perseorangan dan pajak badan usaha.

1. Pajak Perseorangan

Pajak perseorangan adalah jenis pajak yang dibayarkan pada mesti pajak secara perseorangan atau individu. Contoh pajak perseorangan ialah Pajak Penghasilan (PPH) yang dibayarkan oleh tiap-tiap pribadi wajib pajak yang telah mempunyai penghasilan sendiri.

2. Pajak Badan Usaha

Pajak badan usaha adalahjenis pajak yang dibayarkan oleh perusahaan, lembaga, organisasi, instansi atau badan usaha tertentu. Contoh pajak badan usaha ialah pajak pendapatan perusahaan yang dibayarkan oleh perusahaan tertentu.

Jenis-Jenis Pajak Negara Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya, ada 2 (dua) macam-macam pajak yaitu pajak domestik dan pajak luar negeri.

1. Pajak Dalam Negeri

Pajak domestik adalah jenis pajak yang diambil pada penduduk negara yang dikenakan mesti pajak yang bermukim di Indonesia.

2. Pajak Luar Negeri
Pajak luar negeri adalah jenis pajak yang diambil pada penduduk asing yang memiliki pendapatan di distrik Indonesia.

Nah demikian referensi jenis-jenis pajak besesrta misal dan penjelasannya. Klasifikasi macam-macam pajak dapat dibedakan menurut keterangan dari instansi pemungutnya, sistem pemungutannya, sifatnya, subjek pajaknya, dan asalnya. Semoga dapat menambah wawasan dan referensi.                       

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Pajak Beserta Contoh dan Macam-Macamnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel