Pengertian Internet | Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah Singkatnya

Dunia-Pendidik.Com - Apa tersebut internet? Kita barangkali sering memakai akses internet guna mendapatkan informasi atau untuk mengerjakan komunikasi. Namun tahukah anda apa sebenarnya pengertian internet dan pengertiannya menurut keterangan dari para ahli? Manfaat internet memang paling penting untuk manusia ketika ini.

Pengertian Internet | Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah Singkatnya

Di era canggih saat ini, insan sangat memerlukan internet dalam kehidupan sehari-hari. Dengan internet, kita dapat mengakses informasi dengan cepat, dapat berkomunikasi dengan lancar, dapat membantu mengerjakan pekerjaan kantor, dapat main game atau menyaksikan video, dan tidak sedikit lagi guna internet lainnya.

Bisa dibilang saya dan anda bisa mengetahui informasi dunia lewat internet. Hal ini menciptakan koneksi internet menjadi paling penting untuk manusia di era modern, khususnya di kalangan pebisnis dan usaha. Adanya internet sangat mempermudah kehidupan insan sehari-hari.

Internet bekerja dengan teknik menghubungkan semua komputer di dunia, ke dalam satu jaringan, sampai-sampai dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Dalam hubungan antar jaringannya, internet memerlukan sebuah protocol, supaya bisa menerima dan pun mengirim informasi, yakni TCP/IP.

Pengertian Internet

Berikut akan dibicarakan mengenai apa tersebut pengertian internet secara umum, dengan kata lain menurut keterangan dari KBBI serta pengertian internet menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Arti Internet Berdasarkan keterangan dari KBBI
Pengertian internet menurut keterangan dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan kemudahan komputer yang terorganisasi di semua dunia melewati telepon atau satelit.

Definisi Internet Secara Umum

Internet ialah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Internet membawa pelbagai sumber daya dan layanan informasi, laksana dokumen hiperteks yang saling berhubungan dan software World Wide Web (WWW), surat elektronik (email), telepon, dan berbagi berkas.

Kata internet sendiri adalah kependekan dari interconnection network, atau pun sering diserupakan dengan istilah international network. Internet ialah salah satu jaringan terbesar, yang seringkali di anggap sebagai suatu pusat dari berkembangnya informasi.

Pengertian Internet Berdasarkan keterangan dari Para Ahli
Di bawah ini akan dijabarkan apa saja pengertian dan definisi menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman selengkapnya.


Berdasarkan keterangan dari Sibero (2011)
Pengertian internet menurut keterangan dari Sibero ialah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Internet dapat pun disebut sebagai jaringan alam, yaitu sebuah jaringan yang paling luas.

Berdasarkan keterangan dari Allan (2005)

Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama beda secara jasmani dan pun memiliki keterampilan untuk menyimak dan menguraikan sekian banyak  protokol komunikasi tertentu yang tidak jarang. Protokol didefinisikan sebagai spesifikasi sederhana tentang bagaimana dua atau lebih komputer bisa saling bertukar informasi.

Berdasarkan keterangan dari Randall & Latulipe
Definisi internet menurut keterangan dari Randall & Latulipe ditafsirkan sebagai sebuah jaringan global yang ada di dalam jaringan komputer. Internet adalahsebuah jaringan global yang terdiri atas sejumlah jaringan komputer, yang dapat diakses dimana saja.

Berdasarkan keterangan dari Drew Heywood (1996)

Berdasarkan keterangan dari Drew Heywood, pengertian internet tidak lepas dari sejarahnya. Internet adalahsebuah jaringan yang powerful dan bisa menghubungkan sekian banyak  komputer ke dalam satu jaringan secara luas.

Berdasarkan keterangan dari Greenlaw & Hepp (2002) 

sebuah sistem informasi global yang tehubung secara logika oleh address atau alamat yang menarik yang berbasis IP (Internet Protocol), dan memiliki sokongan komunikasi TCP (Transmission Control Protocol). Hal ini mengakibatkan internet bisa digunakan, diubah, dan pun diakses baik secara umum, maupun secara khusus.

Berdasarkan keterangan dari Sarwono (2012)

Definisi internet menurut keterangan dari Sarwono ialah suatu kelompok jaringan yang mempunyai skala global, dimana tidak seorang pun bisa bertanggung jawab guna menjalankan internet tersebut sendiri.

Berdasarkan keterangan dari Harjono (2009)
Pengertian internet menurut keterangan dari Harjono ialah kumpulan dari sejumlah komputer, yang bahkan dapat menjangkau jutaan komputer di semua dunia yang bisa saling bersangkutan serta saling terkoneksi satu sama lainnya supaya komputer bisa salin terkoneksi satu sama lain, maka dibutuhkan media guna saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai itu dapat menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melewati sambungan telepon.

Berdasarkan keterangan dari Berners Lee
Berdasarkan keterangan dari Berners Lee, makna internet ialah suatu jaringan yang terdiri dari sejumlah jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana sebuah jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga dapat terhubung ke dalam sebuah jaringan lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Ned Snell

Pengertian internet menurut keterangan dari Ned Snell ialah suatu koridor untuk berbagai jenis sumberdaya yang terdapat padanya, dan masing-masing sumber daya itu diakses melewati piranti yang berbeda-beda.

Berdasarkan keterangan dari Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)
Pengertian internet ialah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan pun memiliki sejumlah file yang dapat diakses dan digunakan, laksana halaman web dan data lainnya yang dapat digunakan dan diakses oleh sekian banyak  komputer yang saling terhubung dengan internet.

Berdasarkan keterangan dari Ramdhani (2003)
Pengertian internet menurut keterangan dari Ramdhani (2003) adalahsebuah sebutan guna sekumpulan jaringan komputer yang bisa menghubungkan sekian banyak  situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, sampai perorangan. Internet dapat untuk meluangkan akses guna layanan telekomununikasi dan sekian banyak  sumber daya informasi guna jutaan pemakainya yang tersebar di semua dunia.

Berdasarkan keterangan dari Turban, Rainer, Potter (2005)

Internet didefinisikan sebagai sebuah jaringan besar yang menghubungkan jaringan komputer, baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintahan, dan sekolah-sekolah di semua dunia secara langsung dan pun cepat.

Berdasarkan keterangan dari Onno W. Purbo
Pengertian internet ialah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan suatu proses komunikasi yang dihubungkan dengan sekian banyak  aplikasi, laksana Web, VoIP atau e-mail.

Berdasarkan keterangan dari Supriyanto (2006)


Definisi internet menurut keterangan dari Supriyanto (2006) ialah suatu hubungan antara sekian banyak  jenis komputer dengan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi dan software yang berbeda, dimana hubungan itu memanfaatkan peradaban perangkat kompunikasi laksana telepon dan satelit yang memakai protokol standar dalam mengerjakan hubungan komunikasi, yakni protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

Berdasarkan keterangan dari Lani Sidharta (1996)
Arti internet ialah suatu format interkoneksi dari suatu jaringan komputer, dimana bisa memberikan format layanan informasi secara lengkap. Internet pun adalahrekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa dipakai dalam media bisnis, politik, dan bahkan guna hiburan semata.

Berdasarkan keterangan dari Oetomo (2002)
Internet adalahsingkatan dari international network, yang didefinisikan sebagai sebuah jaringan komputer yang paling besar, terdiri dari sejumlah jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain, dan dapat mencakup jaringan semua dunia.

Berdasarkan keterangan dari Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Pengertian internet adalah jaringan yang mempunyai 3 keistimewaan. Keistimewaan kesatu ialah memberikan kemerdekaan untuk memberi dan menerima informasi. Keistimewaan kedua ialah lebih dinamik serta mengekor perkembangan waktu. Sedangkan keistimewaan ketiga ialah jaringan mempunyai sifat interaktif.

Berdasarkan keterangan dari Lutfi SY

Pengertian internet menurut keterangan dari Lutfi SY ialah suatu jaringan komputer yang saling terhubung secara global, yang memungkinkan pemakai internet saling bertukar informasi atau data melewati jarinfan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Engineers Garage

Pengertian internet menurut keterangan dari Engineers Garage ditafsirkan sebuah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengantarkan informasi.

Berdasarkan keterangan dari Oxford Dictionary

Pengertian internet menurut keterangan dari Oxford Dictionary ialah jaringan komputer global yang menyediakan sekian banyak  fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi memakai protokol komunikasi standar.

Berdasarkan keterangan dari Federal Networking Council
Definisi internet menurut keterangan dari Federal Networking Council (FNC) ialah suatu sistem informasi secara global, yang mana secara logis dihubungkan dengan satu alamat yang menarik yang didasari pada internet protocol (IP). Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) atau IP beda yang kompatible dan mempermudah publik dan pribadi melakukan akses komunikasi tingkat tinggi serta sehubungan dengan infrastruktur.

Fungsi Internet

Terdapat sejumlah fungsi dan guna internet untuk kehidupan manusia. Berikut merupakan sejumlah fungsi internet yang dapat kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Sebagai media komunikasi dengan orang beda dari sekian banyak  belahan dunia.
  • Sebagai media guna mengakses informasi teranyar dengan cepat.
  • Sebagai media guna bertukar data dan file laksana gambar, video, desain, teks, dan lain-lain.
  • Sebagai media guna mengakses berita nasional dan internasional.
  • Sebagai media hiburan dengan main game, menyaksikan video, dan sebagainya.
  • Sebagai media guna bekerja dan mendapatkan deviden finansial.
  • Sebagai media guna promosi dan menggali relasi.
  • Sebagai media untuk melakukan pembelian barang dan membeli keperluan hidup secara online.
  • Sebagai media untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan umum.
  • Sebagai media guna berinteraksi dengan orang beda lewat website jejaring sosial.

Sejarah Internet Singkat

Sejarah internet dibuka pada tahun 60an, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis sistem jaringan mempunyai nama ARPANET. ARPANET adalahcikal akan internet ketika ini. Teknologi ini juga berkembang terus.

Di tahun 1980-an, internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya. Saat tersebut internet dipakai untuk menghubungkan sekian banyak  universitas dan perguruan tinggi besar yang terdapat di Amerika Serikat saja. Selang di tahun 1984 mulai diperkenalkan nama domain. Beberapa jaringan internasional pada tidak sedikit negara kesudahannya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET (National Science Foundation Network) yang jadi wadah penelitian bersangkutan.

Perkembangan internet makin pesat di tahun 90an. Informasi di internet sebelum itu melulu berbasis teks saja. Baru pada tahun 1990, dikenalkan tampilan grafis yang dikenal sebagai www (World Wide Web). Di tahun 1993, InterNIC juga didirikan supaya bisa melayani pencatatan nama domain dari publik.

Internet baru masuk ke Indonesia selama tahun 1994. Pada waktu tersebut jaringan internet di Indonesia lebih dikenali dengan nama menarik yaitu Paguyuban Network. Perkembangan internet juga berkembang pesat di tahun 2000an, sampai kini jadi salah satu keperluan pokok insan untuk akses informasi dan komunikasi.

Nah demikian referensi definisi internet menurut keterangan dari para berpengalaman beserta makna dan definisinya secara umum lengkap. Dijelaskan pun apa saja faedah internet dan sejarah singkat internet dari dulu hingga sekarang. Semoga dapat menjadi ekstra referensi.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Internet | Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Sejarah Singkatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel