Pengertian Warga Negara | Definisi, Fungsi, Hak dan Kewajibannya

Dunia-Pendidik.Com - Warga negara ialah semua orang yang secara hukum adalahanggota sah dari sebuah negara tertentu. Warga negara dapat berupa penduduk negara lokal atau penduduk negara asing di suatu negara. Definisi penduduk negara juga memiliki tidak sedikit perbedaan sebab tiap negara pun mempunyai konsep dan asas kewarganegaraan yang berbeda-beda.

Pengertian Warga Negara | Definisi, Fungsi, Hak dan Kewajibannya

Secara umum ada 2 asas kewarganegaraan guna menilai penduduk negara seseorang. Yang kesatu ialah asas ius sanguinis yang didasarkan pada keturunan darah atau kewarganegaraan orang tuanya. Yang kedua ialah asas ius soli yang didasarkan pada lokasi kelahiran seseorang. Indonesia merealisasikan asas ius sanguinis.

Warga negara Indonesia sering disingkat dengan WNI. Ada pun istilah WNA atau penduduk negara asing, merujuk pada orang asing yang sedang bermukim atau singgah di Indonesia. Fungsi penduduk negara di sebuah negara menjadi urgen untuk mengawal persatuan, membuat kestabilan serta menyokong pemerintah dalam mengerjakan pembangunan bangsa.

Tentunya tiap penduduk negara mempunyai hak dan keharusan tertentu. Di Indonesia, hak dan keharusan warga negara ditata dalam UUD 1945 antara beda pada pasal 27 dan 28. Pemberian hak dan keharusan ini urgen guna mengawal kestabilan dan ketenteraman di dalam negeri untuk tiap warganya.

Pengertian Warga Negara

Di bawah ini akan dibicarakan apa saja definisi warga negara secara umum, menurut keterangan dari KBBI, undang-undang serta menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Definisi Warga Negara Secara Umum
Pengertian penduduk negara secara umum ialah semua warga di sebuah negara atau bangsa yang menurut keturunan, lokasi kelahiran, dan sebagainya, serta mempunyai hak dan keharusan penuh sebagai seorang penduduk negara di negara tersebut.

Warga negara juga dapat didefinisikan sebagai orang-orang sebagai unsur dari suatu warga yang menjadi bagian negara, yang mempunyai hubungan yang tidak terputus dengan tanah airnya, sekalipun yang bersangkutan sedang di luar negeri, sekitar yang terkaittidak menyimpulkan hubungannya atau terbelenggu oleh peraturan hukum internasional.

Secara yuridis menurut pasal 26 ayat (1) UUD 1945 dan perubahannya, istilah penduduk negara dipisahkan menjadi 2 (dua) kelompok yakni:
  1. Warga negara pribumi (pribumi), yaitu warga asli negara tersebut. Misalnya penduduk Indonesia yang berasal dari suku Jawa, Sunda, Madura, Minang, Batak, Bugis, Dayak, Asmat, Aceh, Bali, Toraja, dan etnis keturunan lndonesia lainnya.
  2. Warga negara asing (vreemdeling), yaitu warga yang berasal dari suku bangsa keturunan bukan pribumi Indonesia. Misalnya penduduk Indonesia yang berasal dari suku China (Tionghoa), Arab, India, Belanda, Eropa, dan sebagainya, yang telah diabsahkan menurut undang-undang menjadi penduduk negara Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari Undang-Undang No. 12 Tahun 2006 mengenai Kewarganegaraan Republik Indonesia, definisi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia pribumi dan orang-orang bangsa beda yang diabsahkan dengan Undang-Undang sebagai penduduk negara Indonesia.

Pengertian Warga Negara Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut adalah pembahasan tentang pengertian dan pengertian warga negara menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman tata negara.

Berdasarkan keterangan dari A.S. Hikam (2004)

Pengertian penduduk negara menurut keterangan dari A.S. Hikam ialah anggota dari sebuah komunitas atau kumpulan yang menyusun suatu negara.

Berdasarkan keterangan dari Koerniatmanto S
Arti penduduk negara adalahanggota sebuah negara yang mempunyai status khusus terhadap negaranya, mempunyai hubungan hak dan keharusan yang sifatnya timbal-balik terhadap negaranya.

Berdasarkan keterangan dari Ko Swaw Sik (1957)
Definisi penduduk negara ditafsirkan sebagai seluruh orang yang mempunyai ikatan hukum dengan sebuah negara.

Berdasarkan keterangan dari Purwadarminta
Pengertian penduduk negara menurut keterangan dari Purwadarminta adalahorang yang secara hukum adalahanggota dari sebuah negara.

Berdasarkan keterangan dari Stanley E. Ptnord dan Etner F.Peliger


Arti penduduk negara didefinisikan sebagai suatu pengkajian yang sehubungan dengan tugas-tugas pemerintahan, hak dan keharusan warga negara.

Berdasarkan keterangan dari Wolhoff
Pengertian penduduk negara ialah bentuk keanggotaan dari sebuah bangsa tertentu yakni sejumlah insan yang mempunyai ikatan satu sama lainnya sebab adanya kesatuan bahasa, kehidupan sosial, budaya, serta kesadaran nasionalnya.

Berdasarkan keterangan dari Soemantri

Definisi penduduk negara menurut keterangan dari Soemantri adalah sesuatu yang saling sehubungan dengan insan sebagai seseorang dalam sebuah ikatan yang terorganisir dalam sebuah interaksi dengan negara.

Berdasarkan keterangan dari Graham Murdock

Definisi penduduk negara ialah suatu hak guna dapat berpartisipasi secara utuh dalam sekian banyak  pola struktur sosial, politik dan kehidupan kultural serta guna dapat menolong menciptakan bentuk-bentuk yang selanjutnya dengan demikian maka memperbesarkan ide-ide.

Berdasarkan keterangan dari Daryono
Berdasarkan keterangan dari Daryono, makna kewarganegaraan ialah seseorang dengan keanggotaan di dalam satuan politik tertentu (negara) yang dengannya akan membawa hak guna dapat berpartisipasi dalam pekerjaan politik.

Berdasarkan keterangan dari Mr. Wiyanto Dwijo Hardjono

Warga negara adalah keanggotaan seseorang dalam satuan politik spesifik yang dengannya menopang hak untuk dapat performa dalam aktivitas-aktivitas politik.

Berdasarkan keterangan dari R. Paman
Definisi penduduk negara menurut keterangan dari pendapat dari R. Daman merujuk pada kata kondisi-kondisi yang sehubungan dengan warga dalam sebuah negara.

Fungsi Warga Negara

Beberapa faedah warga negara sehubungan dengan hak dan keharusan yang dimiliki. Hak dan keharusan warga negara diserahkan untuk memenuhi sejumlah fungsi penduduk negara sebagai berikut.
  • Menjunjung hukum dan pemerintahan yang sah dan berdaulat.
  • Ikut serta dalam upaya pembelaan negara cocok kapasitas dan bidang masing-masing.
  • Menghormati hak asasi insan (HAM) orang beda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Tunduk untuk peraturan dan batasan yang diputuskan dengan undang-undang.
  • Menjaga persatuan dan kesatuan negara.
  • Mentaati dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali.
  • Turut serta dalam pembangunan untuk membina bangsa.

Nah itulah referensi definisi warga negara secara umum beserta makna dan definisinya menurut keterangan dari para ahli. Dibahas pun mengenai apa saja fungsi-fungsi penduduk negara secara umum. Semoga dapat menjadi ekstra referensi dan meningkatkan wawasan.                      

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Warga Negara | Definisi, Fungsi, Hak dan Kewajibannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel