Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampak, Faktor, dan Karakteristiknya

Dunia-Pendidik.Com - Saat ini anda sedang menginjak era globalisasi, dimana teknologi semakin modern dan akses informasi dapat didapatkan dengan cepat. Tentunya ada akibat positif yang anda dapat, tetapi ada juga akibat negatif globalisasi ini. Di samping itu, pun terdapat sejumlah ciri dan ciri khas globalisasi yang dapat anda rasakan di era canggih ini.

Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampak, Faktor, dan Karakteristiknya

Secara umum, definisi globalisasi ialah sebuah proses mendunia atau lengkap dimana masing-masing orang tidak mengenal atau terbelenggu oleh batas-batas distrik negara. Lebih lanjut, globalisasi ditafsirkan sebagai proses integrasi internasional yang terjadi sebab pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Ada sejumlah dampak globalisasi, baik akibat positif dan negatif globalisasi. Dampak globalisasi ini terjadi di sekian banyak  bidang laksana ekonomi, politik, sosial, budaya, lingkungan, pendidikan, dan sebagainya. Tentu bakal lebih baik andai kita dapat memanfaatkan peradaban teknologi di era globalisasi ini guna hal-hal yang positif dan bermanfaat.

Globalisasi juga tidak melulu memberi pengaruh pada tiap individu, tapi pun pada suatu negara dalam lingkup nasional. Kebijakan ekonomi dan politik negara pun bakal terpengaruh adanya globalisasi, demikian pula dengan isu lingkungan dan hak asasi insan di era canggih seperti kini ini.

Ciri-Ciri Globalisasi

Berikut akan dijabarkan satu per satu apa saja ciri-ciri dan ciri khas globalisasi beserta penjelasannya secara lengkap.

Kemajuan Teknologi yang Pesat

Ciri-ciri globalisasi yang kesatu dan sangat utama ialah adanya perkembangan peradaban teknologi yang cepat dan pesat di sekian banyak  bidang. Berbagai teknologi modern dan termutakhir terus dibuat untuk mempermudah kehidupan dan keperluan manusia sehari-hari.

Adanya Keterbukaan di Segala Aspek 
Semua informasi dapat anda akses dan mempunyai sifat terbuka guna diketahui tiap individu.

Pertukaran Informasi yang Cepat 

Hal ini sebab pengaruh internet sampai-sampai akses informasi dan komunikasi dapat dilakukan dalam masa-masa sekejap saja, tanpa memerlukan proses yang lama.

Adanya Perubahan dalam Memaknai Ruang dan Waktu

Era globalisasi menciptakan batas antara ruang masa-masa menjadi bertolak belakang dengan dulu. Kini dengan teknologi canggih, kita dapat berkomunikasi dengan orang lain walau terpisah jarak jauh dengan masa-masa yang cepat. Artinya ruang tidak lagi diberi batas oleh teritori fisik, sementara waktu tidak lagi diberi batas oleh jarak.

Ekonomi Antar Negara Saling Bergantung

Di era globalisasi laksana sekarang, situasi perekonomian bangsa-bangsa menjadi saling bergantung satu sama lain. Produksi barang atau jasa di sebuah negara bergantung semua produksi di negara lain. Hubungan saling ketergantungan juga terjadi di bidang ekonomi antar negara di dunia.

Adanya Monopoli Sumber Daya 
Hal ini tidak dapat dihindari menilik era globalisasi mendorong adanya pekerjaan ekonomi multinasional, sampai-sampai sumber daya besar tentu dikuasai oleh pihak yang berkuasa.

Meningkatnya Masalah Sosial

Globalisasi pun membuat bertambahnya masalah sosial yang mesti dihadapi bersama-sama. Hal ini mejadi salah satu akibat negatif globalisasi. Permasalahan bareng ini dapat berupa krisis ekonomi global, perusakan hutan dan lingkungan, stabilisasi politik sebuah negara sampai keamanan data individu yang terancam.

Adanya Privatisasi
Munculnya kepandaian privatisasi pun menjadi ciri-ciri globalisasi tersebut sendiri. Yang dimaksud privatisasi ialah melindungi negara jauh dari hak kepemilikan pada sarana buatan dan juga penyaluran dengan tidak mempedulikan arus berlangsung bebas pada kegiatan industri, perbisnisan dan ekonomi.

Adanya Interaksi dan Pertukaran Budaya
Ciri globalisasi selanjutnya ialah meningkatkan kegiatan interaksi dan pertukaran kebiasaan antar bangsa, baik disadari atau tanpa disadari. Pertukaran budaya dapat terjadi didukung peradaban teknologi dan informasi sampai-sampai mendorong terjadinya asimilasi atau akulturasi kebiasaan dari 2 bangsa yang saling berpengaruh.

Kebijakan Liberisasi
Karakteristik globalisasi pun dapat disaksikan dari munculnya kepandaian liberisasi, yaitu adanya kebebasan untuk tiap pengusaha untuk membina industri dan usaha, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini dapat memiliki akibat positif atau negatif, tergantung cara pelaksanannya.

Adanya Perdagangan Bebas

Adanya free-trade atau perniagaan bebas pun menjadi ciri globalisasi. Kini tiap orang dapat membeli barang atau jasa dari negara beda dari sekian banyak  belahan dunia. Pemerintah juga tidak tidak sedikit memberi kontrol sampai-sampai konsumen dapat membeli produk tanpa batasan jarak antar negara.

Munculnya Isu Linkungan

Seperti yang sudah dibicarakan pada masalah bersama, isu lingkungan menjadi di antara isu urgen di era globalisasi. Lingkungan tidak sedikit yang rusak dampak kegiatan industri dan produksi, belum lagi diperbanyak isu pemanasan global dan satwa yang bakal punah, sampai-sampai isu ini menjadi urgen untuk diperhatikan.

Nah itulah referensi ciri-ciri globalisasi beserta sifat-sifat dan karakteristiknya secara umum di era canggih ini. Ada tidak sedikit ciri-ciri globalisasi, dapat berupa urusan positif atau negatif. Yang jelas anda harus menyikapi era globaliasi ini dengan baik dan memanfaatkannya guna hal-hal yang positif.                       

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Globalisasi Beserta Dampak, Faktor, dan Karakteristiknya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel