Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Contoh dan Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Secara umum pasar dipisahkan menjadi 2 (dua) jenis yaitu pasar kompetisi sempurna dan pasar kompetisi tidak sempurna. Bagi pasar kompetisi tidak sempurna juga dipecah menjadi sejumlah jenis pula, salah satunya ialah jenis pasar monopoli, yang dikenal melulu mempunyai 1 produsen saja sebagai penentu harga.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Contoh dan Penjelasannya

Definisi dan definisi pasar monopoli ditafsirkan sebagai salah satu format pasar dimana melulu ada satu penjaja yang menguasai pasar serta beraksi sebagai penentu harga barang yang dipasarkan dan dimonopoli. Penentu harga pada pasar ini ialah seorang penjaja atau tidak jarang disebut sebagai monopolis.

Umumnya hal penyebab terciptanya pasar monopoli ialah dari hal pemerintahan, contohnya laksana perusahaan PLN yang memonopoli layanan listrik di Indonesia. Selain tersebut juga dapat tercipta pasar monopoli karena hal alamiah, hal hak atas kekayaan intelektual, hal efisiensi kerja atau hal ketersediaan bahan baku dan teknologi produksi.

Kelebihan dari pasar monopoli ialah produsen dapat menjaga posisinya dengan inovasi yang dilaksanakan serta tidak terjadi kompetisi yang tidak sehat karena melulu ada 1 penjaja saja. Di sisi lain, kelemahan pasar monopoli dapat merangsang ketidakadilan untuk konsumen sebab kekutan mutlak produsen serta potensi adanya pasar gelap dan transaksi ilegal.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Berikut ini akan dibicarakan mengenai ciri khas dan ciri-ciri pasar monopoli beserta keterangan lengkapnya.

Hanya Terdapat 1 Produsen Saja

Ciri utama dari pasar monopoli ialah hanya ada 1 produsen saja. Artinya pihak produsen itulah yang menguasai pasar monopoli sampai-sampai berhak menilai harga barang yang dijual. Konsumen juga tak punya pilihan guna membelinya, sebab memang melulu ada 1 produsen saja guna barang tersebut.

Produsen Baru Susah Masuk

Akan terdapat hambatan dan tantangan andai ada produsen baru yang mengupayakan untuk masuk dalam pasar monopoli. Dalam pasar monopoli, bakal ada 1 produsen yang menguasai pasar, sampai-sampai susah untuk produsen baru yang hendak mencoba masuk dalam pasar karena sejumlah faktor laksana teknologi, kebijakan, modal, bahan baku, dan sebagainya.

Produsen Menentukan Harga

Dalam pasar monopoli, harga produk bakal ditentukan oleh produsen yang menguasai pasar monopoli, atau dinamakan sebagai price maker. Produsen juga memiliki kemerdekaan untuk mendongkrak atau menurunkan harga sesukanya. Namun produsen tidak dapat mempengaruhi harga dan output produk beda yang dipasarkan dalam perekonomian.

Barang yang Dijual Tidak Bisa Disubstitusi

Ciri-ciri pasar monopoli berikutnya yakni barang yang dipasarkan tidak memiliki pilihan atau substitusinya. Dengan kata lain, produk yang dimonopoli merupakan keperluan untuk masyarakat luas laksana bahan bakar atau listrik, sampai-sampai masyarakat tidak dapat membeli barang beda sebagai pengganti atau substitusinya.

Produsen Tidak Melakukan Promosi

Pada pasar monopoli, produsen tidak perlu mengerjakan promosi untuk mencapai konsumen. Hal ini sebab produsen telah menjadi penguasa pasar sampai-sampai konsumen yang hendak membeli produk tersebut tentu sudah tahu dan tentu akan melakukan pembelian pada produsen tersebut, walau tidak terdapat iklan atau promosi yang dibuat.

Barang Tidak Dijual di Tempat Lain

Ciri pasar monopoli yang terakhir ialah barang yang dipasarkan di pasar monopoli tidak akan dipasarkan di lokasi lain. Artinya andai kita hendak membeli barang tersebut, maka hanya dapat dibeli di pasar monopoli itu. Kita tidak akan mendatangi barang sejenis yang dipasarkan di lokasi lain sebab produknya telah dimonopoli.

Contoh Pasar Monopoli

Berikut merupakan sejumlah contoh pasar monopoli yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
  • PLN (Perusahaan Listrik Negara), yang memonopoli semua layanan listrik di Indonesia.
  • Pertamina, yang memonopoli penjualan bahan bakar kendaraan laksana premium, pertalite, kesatux, dan sebagainya.
  • PT Kereta Api, yang memonopoli borongan layanan transportasi kereta api.
  • PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), yang memonopoli layanan air minum.

Nah itulah referensi tentang ciri-ciri pasar monopoli beserta pengertian, contoh, keunggulan dan kelemahan serta penjelasannya lengkap. Semoga dapat menjadi ekstra referensi dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Pasar Monopoli Beserta Contoh dan Penjelasannya"