Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contoh & Penjelasan

Dunia-Pendidik.Com - Pasar kompetisi sempurna adalah jenis pasar dengan tidak sedikit penjual dan pembeli serta barang yang dijual mempunyai sifat homogen. Memang terdapat sejumlah macam-macam pasar disaksikan dari sekian banyak  faktor. Berdasarkan keterangan dari strukturnya, jenis-jenis pasar dapat dibedakan menjadi pasar kompetisi sempurna serta pasar kompetisi tidak sempurna (monopoli, oligopoli, dan sebagainya).

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contoh & Penjelasan

Secara umum definisi pasar kompetisi sempurna ialah salah satu jenis pasar dimana jumlah penjaja dan pembeli sangat tidak sedikit dan produk atau barang yang dipasarkan homogen serta harga ditentukan oleh mekanisme pasar lewat besaran permintaan dan penawaran terhadap sebuah barang.

Contoh pasar kompetisi sempurna ialah pasar yang menjual sekian banyak  produk keperluan sehari-hari laksana pasar beras, pasar sayur, pasar daging, dan beda sebagainya. Struktur pasar kompetisi sempurna memang disebutkan yang paling tepat guna karena adanya garansi dalam menjalankan proses buatan barang dan jasa dikomparasikan jenis-jenis pasar lainnya.

Kelebihan pasar kompetisi sempurna antara beda tidak adanya kompetisi antar penjual, adanye kemerdekaan untuk memilih barang yang dibeli serta tidak butuh ada iklan atau promosi. Sementara sejumlah kelemahan jenis pasar ini ialah keterbatasan memilih barang yang bakal dibeli serta tidak jarang terjadi ketidakseimbangan penyaluran pendapatan dari tiap produsen.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Berikut ini akan dibicarakan mengenai ciri khas dan ciri-ciri pasar kompetisi sempurna beserta keterangan lengkapnya.

Terdiri dari Banyak Penjual dan Pembeli

Ciri-ciri pasar kompetisi sempurna yang utama ialah pasar terdiri dari tidak sedikit penjual dan pembeli. Banyaknya penjaja dan pembeli membuat setiap pihak tidak dapat mempengaruhi harga besar, sebab hanya beraksi sebagai pengekor harga saja. Harga barang bakal ditentukan oleh mekanisme pasar lewat permintaan dan penawaran.

Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Karakteristik pasar kompetisi sempurna yang lumayan menonjol ialah barang yang diperjualbelikan mempunyai sifat homogen. Dengan kata lain, produk yang dipasarkan di pasar jenis ini jumlah dan harganya sama, serta mempunyai kualitas yang ingin sama pula. Konsumen juga bebas melakukan pembelian produk yang mana, sebab sifatnya yang homogen.

Adanya Kebebasan Membuka dan Menutup Usaha

Salah satu ciri utama pasar kompetisi sempurna ialah adanya kemerdekaan untuk membuka dan memblokir usaha, disebut pun dengan istilah free entry dan free exit. Maksudnya, tidak ada hambatan andai suatu perusahaan atau penjual hendak memulai bisnis baru andai dianggapnya menguntungkan, dan memblokir usahanya andai ternyata merugikan.

Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan
Ciri beda dari pasar kompetisi sempurna ialah pihak penjaja dan pembeli sama-sama mempunyai pengetahuan akan situasi pasar. Pengetahuan yang dimaksud meliputi situasi pasar, harga produk dan mekanisme pasar lain. Akibatnya, tidak terdapat produsen memasarkan barang dengan harga lebih rendah dari harga pasar, serta tidak terdapat konsumen melakukan pembelian barang dengan harga lebih tinggi dari harga pasar.

Mobilitas Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Dalam pasar kompetisi sempurna, eksodus atau mobilitas sumber ekonomi dapat dibilang lumayan sempurna. Hal ini menciptakan tidak ada kendala meskipun hal produksi mesti dialihkan ke lokasi lainnya, sebab semua tempat buatan mempunyai kesamaan, baik dalam cara sampai proses penjualannya pada konsumen.

Harga Barang Ditentukan Mekanisme Pasar

Harga barang yang diperjualbelikan di pasar kompetisi sempurna ditentukan lewat mekanisme pasar, yaitu lewat besaran permintaan dan penawaran dari produk tersebut. Artinya tiap penjaja tidak dapat melabeli harga semaunya sendiri. Jika permintaan barang tinggi, maka harga barang naik. Sebaliknya andai permintaan barang rendah, maka harga barang turun.

Kebebasan Melakukan Transaksi Jual Beli
Pada pasar kompetisi sempurna, tiap pembeli memiliki kemerdekaan dan keleluasaan untuk mengerjakan transaksi jual beli produk dengan penjual. Pembeli bebas melakukan pembelian barang mana yang diharapkan dan dari produsen mana ia membeli, tanpa terdapat aturan dan regulasi tertentu, sebab sifatnya yang terbuka.

Tidak Ada Persaingan Antar Penjual
Ciri-ciri pasar kompetisi sempurna yang terakhir ialah tidak ada kompetisi antar penjual. Hal ini disebabkan produk yang dipasarkan di pasar jenis ini mempunyai sifat homogen. Selain tersebut harga tiap barang juga ingin sama sebab harga barang ditentukan lewat mekanisme pasar, bukan dari tiap-tiap penjualnya.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Berikut merupakan sejumlah contoh pasar kompetisi sempurna dalam kehidupan sehari-hari.
  •     Pasar beras
  •     Pasar sayuran
  •     Pasar daging
  •     Pasar buah
  •     Pasar gandum
  •     Pasar modal

Nah itulah referensi tentang ciri-ciri pasar kompetisi sempurna beserta pengertian, contoh, keunggulan dan kelemahan serta penjelasannya lengkap. Semoga dapat menjadi ekstra referensi dan pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contoh & Penjelasan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel