Contoh Pasar Monopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya

Dunia-Pendidik.Com - Pasar monopoli adalah jenis pasar dimana melulu ada 1 penjaja saja yang menilai harga barang yang dijual. Pasar monopoli tergolong dalam kelompok pasar kompetisi tidak sempurna, yang adalah kebalikan dari pasar kompetisi sempurna yang memiliki tidak sedikit penjual dan pembeli.

Contoh Pasar Monopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya

Beberapa ciri-ciri pasar monopoli antara lain melulu terdapat penjaja saja, adanya hambatan untuk penjual baru guna masuk dalam pasar serta penjaja yang mengerjakan monopoli juga beraksi sebagai penentu harga. Pada pasar monopoli, barang yang dipasarkan juga tidak dapat diganti oleh barang substitusi atau pilihan lainnya.

Contoh pasar monopoli telah ada semenjak dulu. Misalnya, VOC bentukan Belanda yang mengerjakan monopoli perniagaan di wilayah jajahannya, tergolong di Indonesia. Di era canggih juga tidak sedikit terjadi pasar monopoli, contohnya perusahaan Google dan Microsoft yang dianggap melakukan monopoli layanan internet dan teknologi.

Umumnya misal pasar monopoli dapat didatangi pada layanan publik yang strategis yang dikelola oleh negara, contohnya seperti listrik, air, bahan bakar, dan sebagainya. Di Indonesia, perusahaan yang meluangkan layanan-layanan itu adalahBUMN atau Badan Usaha Milik Negara.

Contoh Pasar Monopoli

Berikut ini merupakan sejumlah contoh pasar monopoli yang ada di Indonesia beserta penjelasannya.

Pertamina

Contoh pasar monopoli yang kesatu ialah Pertamina, perusahaan kepunyaan negara yang menguasai penjualan bahan bakar kendaraan serta produk minyak dan gas bumi lainnya. Saat kita hendak mengisi bensin kendaraan, pasti kita mengisinya di SPBU Pertamina, sebab memang bahan bakar kendaraan di Indonesia telah dimonopoli oleh PT Pertamina.

PLN

Selanjutnya terdapat Perusahaan Listrik Negara atau PLN, yang meluangkan layanan listrik di semua wilayah Indonesia. Saat ini, PLN menjadi satu-satunya perusahaan yang diberi hak dan wewenang guna menghasilkan, mengelola, dan menyalurkan layanan energi listrik di semua penjuru tanah air.

PDAM

PDAM adalah singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum, yang meluangkan layanan dan penyaluran air bersih untuk warga di sekian banyak  daerah. Masyarakat membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, yang lantas difasilitasi oleh pihak negara lewat hadirnya PDAM ini di tiap-tiap daerahnya.

PT Kereta Api Indonesia
PT KAI atau PT Kereta Api Indonesia menjadi perusahaan yang menangani transportasi kereta api di Indonesia. Operasional dari PT KAI pun termasuk dalam misal pasar monopoli, karena melulu PT KAI saja yang diserahkan wewenang dan legalitas untuk meluangkan layanan transportasi darat via kereta api di Indonesia.

Bulog
Selanjutnya terdapat Bulog sebagai salah satu misal pasar monopoli. Bulog adalah singkatan dari Badan Urusan Logistik yang berwenang guna mengurus bidang pangan dan logistik di Indonesia, tergolong dalam pengadaan, pengelolaan persediaan, dan penyaluran beras, serta pengendalian harga beras.

Nah itulah referensi contoh-contoh pasar monopoli yang terdapat di Indonesia beserta ciri-ciri dan penjelasannya lengkap. Umumnya misal pasar monopoli dapat didatangi pada perusahaan BUMN kepunyaan negara yang menyerahkan layanan dalam bidang strategis.                      

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pasar Monopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel