Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya

Dunia-Pendidikan.Com - Pasar oligopoli adalah jenis pasar dimana terdapat sejumlah penjual dengan barang yang homogen dan harga produk yang nyaris sama. Pasar oligopoli tergolong dalam kelompok pasar kompetisi tidak sempurna. Pada pasar oligopoli, sejumlah produsen saling berlomba dan bersaing satu sama lain supaya produknya laku dan dibeli oleh konsumen.

Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya

Di antara ciri-ciri pasar oligopoli ialah terdapat sejumlah penjual, lazimnya 3-10 produsen saja yang saling berkompetisi. Barang yang dijual mempunyai sifat homogen, terkadang dapat didiferensiasi atau tidak. Sementara harga produk ditentukan oleh tiap penjualnya, tetapi umumnya harga produk relatif sama satu sama lain sebab persaingan pasar.

Contoh pasar oligopoli dapat didatangi pada industri penjualan produk tertentu di Indonesia. Misalnya produk otomotif laksana sepeda motor atau mobil, tergolong dalam misal pasar oligopoli karena melulu ada sejumlah penjual saja, barangnya homogen serta harganya dalam kisaran yang relatif sama, tergantung pada kualitas dan spesifikasinya.

Pasar oligopoli juga dapat tercipta dari misal pasar monopoli yang diubah. Barang keperluan rumah tangga laksana sabun mandi atau shampoo pun termasuk kelompok pasar oligopoli.

Contoh Pasar Oligopoli

Berikut ini merupakan sejumlah contoh pasar oligopoli yang ada di Indonesia beserta penjelasannya.

1. Pasar Sepeda Motor

Contoh pasar oligopoli yang kesatu ialah pasar sepeda motor. Pada industri sepeda motor, terdapat sejumlah produsen yang saling berlomba dengan produk yang bervariasi. Produsen sepeda motor yang familiar di Indonesia misalnya ialah Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

2. Pasar Mobil

Sama dengan industri sepeda motor, pasar penjualan mobil pun termasuk dalam pasar oligopoli, walau produknya bisa terdiferensiasi. Ada sejumlah produsen yang berlomba dalam pasar mobil di Indonesia. Contoh produsen mobil di Indonesia ialah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Nissan.

3. Pasar Semen

Pasar semen menjadi misal pasar oligopoli murni, sebab antar produk dari tiap penjaja tidak dapat dipisahkan karena nyaris serupa. Di Indonesia, ada sejumlah produsen semen yang dikenal contohnya Semen Indonesia, Holcim, Tiga Roda, Indocement, dan Semen Baturaja.

4. Pasar Sabun Mandi

Produk sabun mandi pun termasuk dalam pasar oligopoli. Ada sejumlah produsen sabun mandi yang jumlahnya tidak cukup dari 10, dengan barang homogen dan harga yang relatif sama. Contoh merk sabun mandi di Indonesia ialah Lifebuoy, Giv, Dettol, Lux, Shinzui, dan sebagainya.

5. Pasar Shampo
Sama dengan sabun mandi, industri penjualan shampo pun termasuk pasar oligopoli. Hal ini cocok dengan ciri pasar oligopoli dimana terdapat sejumlah penjual dengan harga yang nyaris sama dan produk homogen. Contoh merk shampo di pasar Indonesia ialah Pantene, Sunsilk, Clear, dan Head & Shoulders.

6. Pasar Air Mineral
 
Jika dulunya produk Aqua mendominasi sampai memunculkan pasar monopoli, kini tidak sedikit produk lain berlahiran sehingga industri air mineral menjadi pasar oligopoli. Contoh produsen air mineral di Indonesia ialah Aqua, Le Minerale, Club, Total, dan Cheers.

7. Pasar Smartphone

Industri smartphone atau ponsel pintar pun termasuk misal pasar oligopoli. Di pasar Indonesia, sebanyak produsen smartphone laksana Apple, Samsung, OPPO, Xiaomi, Lenovo sampai ASUS saling berlomba dengan merk dan seri smartphone terbaru, pastinya dengan fitur-fitur dan inovasi baru yang ditawarkan.

8. Pasar Operator Seluler

Operator seluler atau kartu ponsel termasuk misal pasar oligopoli berikutnya. Seperti diketahui andai tiap handphone mesti mempunyai SIM card supaya bisa dioperasikan dan mempunyai paket data. Operator seluler laksana Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, dan Tri saling berlomba dengan paket-paket yang ditawarkan tiap produsen.

9. Pasar Maskapai Penerbangan
Jasa penerbangan di Indonesia dulunya ialah pasar monopoli sebab dikuasai Garuda Indonesia yang adalahBUMN. Namun kebijakan tersebut dirubah sampai muncul maskapai lokal lain laksana Lion Air, Air Asia, Wings Air, dan Merpati Air sampai-sampai jasa penerbangan kemudian pulang menjadi pasar oligopoli.

10. Pasar Laptop

Di samping smartphone, produk teknologi beda yang tergolong pasar oligopoli ialah industri penjualan laptop. Di Indonesia, ada selama 10 produsen laptop yang saling berlomba satu sama lain, di antaranya ialah ASUS, Lenovo, Apple, Toshiba, Acer, Dell, Samsung, dan HP.

11. Pasar Baja

Industri penjualan logam baja pun termasuk pasar oligopoli, karena melulu dikuasai oleh sejumlah produsen saja yang saling berlomba satu sama lain. Produknya pun sulit untuk dipisahkan dan mempunyai sifat homogen. Contoh produsen baja di Indonesia ialah Krakatau Steel, Betonjaya Manunggal, dan Gunawan Dianjaya Steel.

Nah itulah referensi contoh-contoh pasar oligopoli yang terdapat di Indonesia beserta ciri-ciri dan penjelasannya lengkap. Umumnya misal pasar oligopoli dapat didatangi pada industri penjualan produk teknologi dan manufaktur laksana smartphone, laptop, sepeda motor, dan logam baja.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Pasar Oligopoli di Indonesia Beserta Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel