Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Beserta Penjelasan

Dunia-Pendidik.Com - Menjadi wirausaha yang berhasil merupakan khayalan dari tidak sedikit orang. Tentu tidak seluruh wirausaha berhasil, sebab ada pun yang gagal. Hal ini menciptakan orang-orang tidak sedikit yang fobia berwirausaha sebab resiko kegagalan yang membayangi. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya seorang wirausaha.

Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Beserta Penjelasan

Adapun definisi wirausaha ialah seseorang yang berani berjuang secara berdikari pada kesempatan usaha baru dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya, tergolong mengenali produk baru, menilai teknik produksi dan operasi, menyelenggarakan proses buatan serta pemasaran dan penjualan barang atau jasa dengan segala resiko yang dihadapi.

Seorang wirausaha diwajibkan mempunyai sifat dan ciri khas tertentu. Beberapa ciri-ciri wirausaha antara beda mempunyai jiwa leadership, bersikap percaya diri, pekerja keras dan ulet, berorientasi ke masa depan, berani memungut resiko serta selalu beranggapan positif. Wirausaha pun harus bersikap jujur dan tekun.

Untuk menilai berhasil tidaknya wirausaha, ada faktor-faktor yang dapat dijadikan patokan, baik hal keberhasilan wirausaha maupun hal kegagalan wirausaha. Faktor-faktor ini mesti diacuhkan oleh semua calon wirausaha sebelum mengawali dan membuka usaha baru.

Faktor Keberhasilan Wirausaha

Di bawah ini akan diterangkan faktor-faktor keberhasilan wirausaha beserta penjelasannya lengkap.

Adanya Peluang Bagus yang Dimanfaatkan
Faktor kesatu yang memprovokasi kesuksesan wirausaha ialah adanya kesempatan yang bagus. Banyak kesempatan yang ada, tetapi kita pun harus dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik. Tentunya kesempatan yang ada pun harus diselaraskan dengan potensi diri yang dimiliki, kondisi dan situasi pasar serta proses perencanaan lainnya.

Perencanaan yang Matang
Tiap usaha yang berhasil selalu dimulai dengan perencanaan yang matang dari pelaku usahanya. Proses planning ini urgen untuk mengurangi resiko dan potensi yang hadir ke depannya. Perencanaan mesti dilaksanakan secara lengkap sehingga usaha dapat berjalan lancar.

Tekad Kuat dan Kemauan Keras
Salah satu hal penting keberhasilan wirausaha terdapat dalam diri wirausaha tersebut sendiri. Memiliki sifat-sifat wirausaha sangat urgen untuk meraih keberhasilan, salah satunya ialah tekad powerful dan keinginan keras. Adanya tekad menciptakan kita terus berjuang menuju target yang anda tetapkan tanpa kenal menyerah.

Modal dan Keuangan yang Baik
Untuk membuka usaha tentu diperlukan modal yang lumayan dan cocok dengan operasial. Perencanaan kas dan finansial yang baik pun jadi kunci kesuksesan dalam dunia usaha, tergolong pengelolaan untung rugi, manajemen hutang sampai mengatur pengeluaran dengan efisien.

Pemasaran yang Efektif

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya ialah strategi pemasaran yang efektif. Pemasaran menjadi urgen untuk memperkenalkan produk dan jasa anda pada konsumen. Kelancaran usaha paling bergantung pada strategi pemasaran dan promosi yang baik dan efektif, cocok dengan target pasar yang diinginkan.

SDM yang Kompeten

Dalam suatu usaha juga diperlukan sumber daya insan (SDM) yang kompeten cocok jobdesc masing-masing. Di antaranya yang dibutuhkan ialah manajer, pengawas, pembuat rencana, serta posisi-posisi urgen lain demi kelancaran usaha.

Jaringan yang Luas

Kunci kesuksesan wirausaha juga dapat didapat dengan jaringan yang luas. Networking memang sangat urgen untuk kelancaran usaha, dapat berupa partner bisnis atau sekedar menolong mempercepat pemasaran ke pihak lain. Untuk tersebut jangan remehkan kekuatan jaringan yang luas.

Inovasi dan Kreatifitas Tinggi

Satu urusan yang penting dipunyai wirausaha ialah inovasi dan kreatifitas. Di tengah maraknya usaha yang ada, pasti harus terdapat inovasi yang berbeda supaya produk anda dikenal dan diminati. Bagi itu diperlukan kreatifitas tinggi untuk dapat menghasilkan ide-ide baru dalam dunia usaha.

Pengorganisasian dan Pengelolaan Usaha yang Baik
Suatu usaha pun membutuhkan organisasi dan pengelolaan yang baik. Struktur organisasi mesti jelas dan tepat guna untuk mengurangi kerugian. Pengelolaan usaha yang baik pun sangat bergantung pada sistem organisasi yang efektif demi kesuksesan yang barangkali diraih.

Faktor Kegagalan Wirausaha

Di bawah ini akan diterangkan faktor-faktor kegagalan wirausaha beserta penjelasannya lengkap.

Manajemen Keuangan yang Buruk

Faktor kegagalan wirausaha yang kesatu ialah buruknya pengelolaan keuangan. Seperti diketahui andai keuangan sangat urgen dalam suatu usaha. Buruknya pengelolaan finansial membuat operasional usaha dapat terhambat dan berhenti total.

Kurang Bersungguh-Sungguh dalam Usaha

Untuk berhasil tentu wirausaha mesti bertekad dan bersungguh-sungguh. Sebaliknya, andai kurang bersungguh-sungguh pasti usaha yang dijalankan bakal gagal. Butuh konsentrasi dan perhatian sarat dalam menjalankan usaha tanpa adanya distraksi dari kepentingan lainnya.

Kurang Pengalaman di Bidang Usaha
Kurangnya empiris di bidang usaha juga dapat membuat usaha anda gagal. Pengalaman sangat urgen dan dapat didapatkan dengan mengekor pelatihan atau menjadi karyawan di usaha orang lain. Tanpa pengalaman, pasti kita bakal kalang kabut dalam operasional usaha.

Kurang Memahami Bisnis yang Dijalankan

Kegagalan usaha dapat didapat andai tidak mengetahui bisnis yang anda jalankan. Wirausaha mesti mempelajari bisnis yang dijalankan dengan perencanaan yang baik dan matang. Jika tidak, pasti usaha yang dijalankan bakal gagal.

Salah Memilih Rekan Bisnis

Kadang kegagalan bisnis juga dapat terjadi dampak salah memilih rekan dan teman kerja. Jika teman bisnis anda tidak kompeten dan tidak dapat diajak bekerjasama, maka imbasnya borongan usaha bakal gagal. Ada baiknya menyuruh rekan bisnis yang mempunyai tujuan yang sama.

Riset Pasar dan Pemasaran Buruk

Riset pasar sangat urgen untuk memahami target konsumen. Selanjutnya akan dilaksanakan promosi dan pemasaran untuk mencapai target konsumen tersebut. Jika dua-duanya dijalankan dengan buruk, maka dapat dipastikan kegagalan bakal menghampiri.

Kurang Siap Menghadapi Peralihan Bisnis

Seorang wirausaha mesti dapat menghadapi tren pasar dan pergantian bisnis yang barangkali terjadi, contohnya seperti pergantian dari bisnis offline ke bisnis online. Jika tidak berhasil  mengantisipasi pergantian tersebut, maka pasti usaha anda akan semakin terbelakang dari kompetitor lainnya.

Kurang Kompeten dan Tidak Ada Inovasi

Faktor kegagalan wirausaha dapat disebabkan karena kurangnya kompetensi dalam manajerial usaha. Selain tersebut tidak adanya inovasi pun membuat usaha anda tidak dapat berkembang, sebab produk yang ditawarkan telah ada semenjak dulu.

Lokasi Usaha Tidak Strategis
Lokasi usaha yang tidak strategis pun turut menyumbang kegagalan dalam usaha yang dijalankan. Akses mudah mengarah ke ke tempat usaha sangat urgen untuk mencapai target konsumen produk usaha kita. Jika tempat tidak strategis, maka usaha tidak akan dapat berkembang.

Nah itulah referensi hal keberhasilan dan kegagalan wirausaha beserta misal dan penjelasannya. Agar dapat sukses, wirausaha mesti mempunyai faktor-faktor keberhasilan di atas. Sebaliknya, wirausaha mesti menghindari faktor-faktor kegagalan di atas supaya terhindar dari kegagalan.                       

Belum ada Komentar untuk "Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha Beserta Penjelasan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel