Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Macam-Macam dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Pengertian komunikasi ialah proses ekspedisi dan penerimaan informasi atau pesan antara dua pribadi atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Kita pasti sering mengerjakan proses komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik komunikasi verbal maupun non-verbal.

Secara umum, suatu proses komunikasi baru bisa dilangsungkan jika dilaksanakan oleh 2 (dua) orang atau lebih. Komunikasi menjadi sarana untuk manusia untuk mengucapkan pesan atau memberi instruksi pada orang lain. Di samping itu faedah komunikasi pun penting guna bertukar pikiran, memberi pendapat, memberi sugesti pada orang lain, dan mengawal tali silaturrahmi.

Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Macam-Macam dan Contohnya

Dalam komunikasi, terdapat sejumlah unsur-unsur komunikasi tergolong orang yang mengirim pesan (komunikator) dan orang yang mendapat pesan (komunikan). Unsur-unsur komunikasi lainnya pun meliputi media atau sarana, pesan yang disampaikan, umpan balik serta reaksi dan akibat yang dimunculkan dari komunikasi tersebut.

Kita barangkali sering berkomunikasi dengan ucapan-ucapan atau tulisan, namun format komunikasi juga dapat dilakukan secara non-verbal atau lewat gerak isyarat tubuh. Selain tersebut juga ada sejumlah jenis-jenis komunikasi yang lain laksana komunikasi langsung dan tidak langsung, komunikasi formal dan non-formal, komunikasi 1 arah dan 2 arah, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Komunikasi

Berikut akan dibicarakan mengenai apa saja bentuk-bentuk komunikasi beserta misal dan penjelasannya, yang dipisahkan menurut teknik penyampaian, kelangsungan, jenis pesan, arah, pelaku, sifat, ruang lingkup, dan jalan informasinya.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Cara Penyampaiannya

Menurut teknik penyampaiannya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi verbal dan non-verbal.

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang pesannya dikatakan lewat ucapan-ucapan lisan atau tulisan. Komunikasi verbal adalahkomunikasi yang umum dilaksanakan dan pesan yang disampaikan mempunyai sifat jelas.

2. Komunikasi Non-Verbal

Komunikasi non-verbal adalah jenis komunikasi yang pesannya dikatakan bukan dengan kata-kata, tetapi dengan cara-cara non-verbal laksana gestur tubuh, ekspresi wajah, bahasa isyarat, kontak mata, hentakan kaki, dan sebagainya.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Kelangsungannya

Berdasarkan keterangan dari kelangsungannya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi langsung dan tidak langsung.

1. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung adalah jenis komunikasi yang dikatakan secara langsung, dimana pengirim pesan bertemu dan bertatap muka langsung dengan pihak penerima pesan, tanpa terdapat media dan perantara sama sekali.

2. Komunikasi Tidak Langsung
Komunikasi tidak langsung adalah jenis komunikasi yang dikatakan secara tidak langsung tanpa butuh bertatap muka, dapat disampaikan lewat media atau perantara tertentu laksana telepon, email, sosial media atau lewat pihak ketiga.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Jenis Pesannya

Berdasarkan keterangan dari jenis pesannya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi lisan dan tulisan.

1. Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan adalah jenis komunikasi yang dikatakan lewat ucapan ucapan-ucapan dari pengirim pesan secara langsung, contohnya saat anda ngobrol dengan teman.

2. Komunikasi Tulisan

Komunikasi artikel adalah jenis komunikasi yang dikatakan lewat artikel secara tidak langsung, contohnya seperti surat, email, SMS, memo, dan sebagainya.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Arahnya

Berdasarkan keterangan dari arahnya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi 1 arah dan 2 arah.

1. Komunikasi 1 Arah

Komunikasi 1 arah adalah jenis komunikasi yang berfokus pada isi pesan dari pihak pengirim, tanpa menginginkan umpan balik dari penerima pesan, contohnya seperti seorang atasan yang memberi perintah atau instruksi pada bawahannya.

2. Komunikasi 2 Arah

Komunikasi 2 arah adalah jenis komunikasi yang menginginkan adanya umpan balik atau reaksi dari pihak penerima pesan, contohnya seperti ketika kita sedang asyik membual dengan rekan kita sampai-sampai kedua pihak saling memberi respon dan tanggapan.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Pelakunya

Berdasarkan keterangan dari pelakunya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi perseorangan dan kelompok.

1. Komunikasi Perseorangan
Komunikasi perseorangan adalah jenis komunikasi yang terjadi antar pribadi dengan pribadi lain, umumnya merundingkan permasalahan yang mempunyai sifat pribadi pula, laksana kabar sehari-hari, kegiatan yang dilakukan, dan sebagainya.

2. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kumpulan adalah jenis komunikasi yang terjadi antar kumpulan dengan kumpulan lain, umumnya merundingkan topik yang berhubungan kepentingan dengan orang tidak sedikit yang terdapat pada kumpulan atau organisasi tersebut.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Sifatnya

Berdasarkan keterangan dari sifatnya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi formal dan informal.

1. Komunikasi Formal

Komunikasi formal merupakan format komunikasi yang terjadi antara sebuah perusahaan dengan perusahaan yang beda dalam bentuk dan struktur dengan tata teknik yang telah ditentukan.

2. Komunikasi Informal
Komunikasi informal merupakan format komunikasi yang terjadi antar pribadi pada suatu perusahaan atau organisasi yang tidak terbelenggu oleh bentuk dan struktur tertentu.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Ruang Lingkupnya

Berdasarkan keterangan dari ruang lingkupnya, terdapat 2 (dua) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi internal dan eksternal.

1. Komunikasi Internal
Komunikasi internal adalah jenis komunikasi yang dilangsungkan dalam ruang lingkup organisasi atau kumpulan tertentu, yang melulu melibatkan anggota organisasi atau perusahaan itu saja.

2. Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal adalah jenis komunikasi yang dilangsungkan antara pihak organisasi atau kumpulan tertentu untuk pihak masyarakat yang terdapat di luar organisasi atau kumpulan tersebut.

Jenis Komunikasi Berdasarkan keterangan dari Jalan Informasi

Berdasarkan keterangan dari jalan informasinya, terdapat 3 (tiga) macam-macam komunikasi yaitu komunikasi ke atas, ke bawah, dan ke samping.

1. Komunikasi ke Atas
Komunikasi ke atas merupakan format komunikasi yang terjadi antara bawahan untuk atasannya di dalam suatu organisasi atau kumpulan tertentu, contohnya saat seorang karyawan memberi laporan finansial pada manajer divisinya.

2. Komunikasi ke Bawah
Komunikasi ke bawah merupakan format komunikasi yang terjadi antara atasan untuk bawahannya di dalam suatu organisasi atau kumpulan tertentu, contohnya saat seorang direktur memberi instruksi pada semua karyawan perusahaannya.

3. Komunikasi ke Samping

Komunikasi ke samping merupakan format komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang memiliki status yang sejajar dalam suatu organisasi atau kumpulan tertentu, contohnya saat 2 orang karyawan saling bertukar pikiran mengenai kegiatan mereka.

Nah itulah referensi jenis-jenis komunikasi beserta macam-macam dan misalnya lengkap. Ada tidak sedikit bentuk-bentuk komunikasi yang dapat dibedakan menurut sejumlah faktor, tetapi pembagian jenis komunikasi yang utama ialah komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.                       

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Macam-Macam dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel