Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akulturasi | Definisi, Proses, Bentuk, Faktor, dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Akulturasi ialah proses sosial ketika terjadi interaksi antara dua kebiasaan yang bertolak belakang sehingga menyusun suatu kebiasaan baru. Dalam akulturasi, bagian dan sifat kebiasaan yang pribumi masih tetap terdapat dan dipertahankan. Contoh akulturasi juga dapat disaksikan pada lingkungan selama kita.

Pengertian Akulturasi | Definisi, Proses, Bentuk, Faktor, dan Contohnya

Proses akulturasi terjadi ketika sebuah kumpulan dihadapkan dengan masuknya kebudayaan asing, yang lantas diterima dan diadopis dengan kebudayaan kumpulan itu, tanpa menghilangkan unsur kebiasaan yang telah ada. Hal ini bertolak belakang dengan definisi asimilasi yang ingin menghilangkan kebiasaan asli sesudah terjadi peleburan dua budaya.

Terjadinya akulturasi memberi akibat tertentu, contohnya terjadi perubahan teknik pandang pribadi mengenai kehidupan masyarakat serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat. Tentunya tidak hanya akibat positif saja, sebab ada juga akibat negatif akulturasi, khususnya untuk masuknya kebiasaan yang tidak cocok dengan norma masyarakat.

Beberapa misal akulturasi pun bisa dijumpai di dekat kita, contohnya seni kaligrafi Arab yang dibaur unsur kebiasaan Indonesia, seni sastra Indonesia yang dipengaruhi kebiasaan India dan Persia, tari Cokek dan Lenong yang memadukan kebiasaan Betawi dan China, serta pada arsitektur bangunan yang tidak sedikit dipengaruhi gaya arsitektur Eropa atau Arab.

Pengertian Akulturasi

Di bawah ini akan dibicarakan mengenai apa tersebut pengertian akulturasi, baik definisinya secara umum maupun menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Arti Akulturasi Berdasarkan keterangan dari KBBI

Dalam bidang linguistik, makna akulturasi ialah proses atau hasil pertemuan kebudayaan atau bahasa salah satu anggota dua masyarakat bahasa, ditandai oleh peminjaman atau bilingualisme.

KBBI pun mendefinisikan akulturasi sebagai proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dalam sebuah masyarakat, beberapa menyerap secara selektif tidak banyak atau tidak sedikit unsur kebudayaan asing itu, dan sebagian berjuang menolak pengaruh itu.

Definisi Akulturasi Secara Umum

Pengertian akulturasi secara umum ialah suatu proses sosial yang timbul ketika suatu kumpulan dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan bagian dari sebuah kebudayaan asing. Kebudayaan asing tersebut lambat laun bakal diterima dan diubah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa mengakibatkan hilangnya bagian kebudayaan kelompok tersebut sendiri.

Akulturasi lazimnya memang terjadi dalam bidang kebudayaan, tetapi contohnya dapat didatangi pada bidang lain. Proses akulturasi tidak jarang terjadi pada kelompok-kelompok minoritas atau imigran yang secara kebiasaan atau etnis bertolak belakang dari masyarakat beberapa besar di lokasi mereka bermigrasi.

Proses akulturasi biasa melebur lewat media, seni, aksara atau interaksi sosial antar masyarakat dengan kebiasaan yang berbeda. Proses akulturasi dapat terjadi lewat kontak sosial atau kontak budaya, baik antar pribadi atau antar kumpulan masyarakat.

Pengertian Akulturasi Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian dan pengertian akulturasi menurut keterangan dari para ahli.

Berdasarkan keterangan dari John W. Berry (2005)

Pengertian akulturasi menurut keterangan dari John W. Berry ialah suatu proses perubahan kebiasaan dan psikologis yang terjadi sebagai dampak terjadinya kontak antara dua kumpulan atau lebih dan anggota setiap kelompok.

Berdasarkan keterangan dari Muhammad Hasyim (2011)

Arti akulturasi menurut keterangan dari Muhammad Hasyim didefinisikan sebagai suatu perpaduan dua kebiasaan yang berbeda-beda dalam kehidupan yang harmonis dan damai.

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto (1990)
Definisi akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul bilamana suatu kumpulan masyarakat dengan sebuah kebudayaannya dihadapkan pada unsur-unsur kebudayaan asing dimana unsur-unsur kebudayaan asing itu lambat laun melebur ke dalam kebudayaan asli, dengan tidak menghilangkan jati diri kedua bagian kebudayaan tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Suyono (1995)

Pengertian akulturasi adalah perpaduan antara dua atau lebih kebudayaan yang saling bertemu dan dan saling menerima.

Berdasarkan keterangan dari Garbarino

Berdasarkan keterangan dari Garbarino, akulturasi ialah proses perubahan kebiasaan sebagai dampak jangka panjang, tatap muka kontak antara dua masyarakat.


Berdasarkan keterangan dari Arnold M.Rose

Pengertian akulturasi menurut keterangan dari Arnold M. Rose adalah sebuah proses adopsi oleh orang atau kelompok kebiasaan lain kumpulan sosial.

Berdasarkan keterangan dari Nardy

Definisi akulturasi adalah proses sosial yang dihadapi oleh suatu kumpulan manusia ketika mereka menghadapi masuknya kebiasaan asing. Namun seiring dengan pertumbuhan zaman kebudayaan asing yang masuk bisa diterima tanpa mesti menghilangkan karakteristik dari kebudayaan asalnya.

Berdasarkan keterangan dari Robert E. Park dan Ernest W. Burgess

Akulturasi merupakan gejala yang terjadi saat kelompok pribadi yang memiliki kebiasaan yang bertolak belakang datang ke dalam kontak tangan terus kesatu, dengan evolusi berikutnya dalam pola-pola kebiasaan asli dari di antara atau kedua kelompok.

Berdasarkan keterangan dari Murdock

Akulturasi didefinisikan sebagai suatu modifikasi secara adaptif dari bermacam-macam unsur maupun bagian dari kebiasaan yang disebabkan dari suatu proses interaksi antar kumpulan yang membawa kebudayaan dengan tingkat persamaan bagian yang besar.

Faktor-Faktor Akulturasi

Terdapat sejumlah faktor penyebab akulturasi. Secara umum faktor-faktor pendorong akulturasi dipecah menjadi 2 (dua) yakni hal internal dan hal eksternal.

Faktor Internal

Faktor internal ialah faktor-faktor penyebab akulturasi yang sumbernya berasal dari dalam masyarakat tersebut sendiri. Beberapa hal internal penyebab akulturasi ialah sebagai berikut.
  • Adanya penemuan baru di sekian banyak  bidang yang memberi pengaruh.
  • Jumlah warga yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  • Adanya inovasi atau evolusi penemuan yang dominan dalam kehidupan masyarakat.
  • Terjadi konflik sosial di masyarakat.
  • Terjadinya revolusi sosial di kalangan masyarakat, baik dalam lingkup besar maupun kecil.

Faktor Eksternal
Faktor eksternal ialah faktor-faktor penyebab akulturasi yang sumbernya berasal dari luar masyarakat. Beberapa hal internal penyebab akulturasi ialah sebagai berikut.
  • Terjadinya evolusi alam laksana iklim, cuaca, dan gejala alam lainnya.
  • Terjadinya pertempuran atau konflik dan sengketa internasional antar 2 (dua) negara atau lebih.
  • Adanya pengaruh kebiasaan asing melewati proses penyebaran kebiasaan atau difusi.

Bentuk-Bentuk Akulturasi

Terdapat sejumlah jenis-jenis akulturasi. Berikut adalah pembahasan bentuk-bentuk akulturasi dan pengertiannya.

1. Substitusi

Substitusi ialah proses penggantian unsur kebiasaan yang lama diganti dengan unsur kebiasaan yang baru dengan menyerahkan nilai tambah untuk pemakainya.

2. Sinkretisme

Sinkretisme ialah proses terbentuknya sebuah sistem baru yang disebabkan adanya perpaduan unsur kebiasaan lama dengan unsur kebiasaan baru.

3. Addition (Penambahan)

Addition atau penambahan ialah proses menggabungkan  antara dua atau lebih unsur kebiasaan sehingga menyerahkan nilai tambah pada bagian tersebut.

4. Deculturation (Penggantian)

Deculturation atau penggantian ialah proses penggantian unsur kebiasaan lama yang digantikan dengan unsur kebiasaan yang baru.

5. Originasi

Originasi ialah proses masuknya budya baru yang menyerahkan perubahan besar dan masif dalam sebuah ruang lingkup masyarakat di distrik tertentu.

6. Rejection (Penolakan)

Rejection atau penolakan ialah proses penolakan terhadap kebiasaan yang baru sebab dirasa memberi akibat negatif pada masyarakat, dapat karena tidak siap atau tidak setuju dengan kebiasaan tersebut.

Nah itulah referensi definisi akulturasi secara umum beserta makna dan definisinya menurut keterangan dari para ahli. DIjelaskan pun proses sosial akulturasi, faktor-faktor penyebab akulturasi serta apa saja bentuk-bentuk akulturasi yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.                       

Posting Komentar untuk "Pengertian Akulturasi | Definisi, Proses, Bentuk, Faktor, dan Contohnya"