Pengertian Gelombang Beserta Ciri-Ciri, Sifat, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Secara singkat, definisi gelombang ialah getaran yang merambat. Namun pada teorinya, pengertian gelombang jelas dapat dijabarkan lebih luas, andai mencakup karakteristik, ciri-ciri, dan sifat-sifat gelombang tersebut sendiri. Penjabaran mengenai makna gelombang juga bisa mempunyai sifat rancu, sebab istilah gelombang digunakan dalam sekian banyak  bidang ilmu pengetahuan umum.

Pengertian Gelombang Beserta Ciri-Ciri, Sifat, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Untuk itu, kali ini akan dibicarakan mengenai apa tersebut pengertian gelombang eksklusif pada terminologi ilmu fisika saja, menyeluruh beserta ciri-ciri, karakteristik, sifat-sifat, jenis-jenis, dan contohnya.

Pengertian Gelombang

Pengertian gelombang secara umum ialah getaran yang merambat, baik melewati medium atau tanpa perantara, dapat mempunyai arah rambat yang tegak lurus atau sejajar dengan arah getarannya. Gelombang juga dapat didefinisikan sebagai energi getaran yang merambat tanpa mengalihkan materi perantaranya.

Faktanya istilah gelombang memang lumayan susah didefinisikan sebab gelombang ada dalam sekian banyak  bidang. Namun dalam ulasan kali ini hanya diberi batas mengenai pengertian gelombang di bidang fisika saja, yang ditafsirkan sebagai peristiwa getaran yang merambat.

Contoh gelombang dapat anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari di dekat kita, contohnya gelombang bunyi, gelombang cahaya, gelombang radio, dan beda sebagainya. Artinya gelombang tak dapat lepas dari kehidupan insan sehari-hari.

Sifat-Sifat Gelombang

Secara umum, ada 7 (tujuh) sifat-sifat gelombang di antaranya bisa dipantulkan, bisa dibiaskan, dan bisa diuraikan.
  1. Refleksi gelombang, yaitu pemantulan beberapa gelombang yang terjadi saat gelombang menabrak suatu penghalang atau hingga di ujung medium yang dirambatinya.
  2. Refraksi gelombang, yaitu pembelokan atau penyimpangan gelombang yang terjadi saat gelombang merambat melewati dua medium yang bertolak belakang kerapatannya.
  3. Dispersi gelombang, yaitu perubahan format gelombang saat gelombang merambat melewati suatu medium.
  4. Difraksi gelombang, yaitu penyebaran gelombang sebab melewati sebuah celah kecil atau ujung suatu penghalang.
  5. Interferensi gelombang, yaitu pertemuan dan perpaduan antara dua gelombang koheren yang mempunyai frekuensi dan selisih fase tetap.
  6. Polarisasi gelombang, yaitu peristiwa dimana beberapa arah getar gelombang terserap, dan melulu terjadi pada gelombang transversal saja.
  7. Efek doppler, yakni saat gelombang dan penerima bergerak saling mendekati, frekuensi yang terdeteksi lebih banyak daripada frekuensi sumber.

Jenis-Jenis Gelombang

Terdapat sejumlah macam-macam gelombang, yang diklasifikasikan menurut arah rambatnya, mediumnya serta menurut keterangan dari amplitudonya.

Jenis-Jenis Gelombang Berdasarkan keterangan dari Arah Rambatnya
  • Gelombang transversal, yaitu jenis gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya.
  • Gelombang longitudinal, yaitu jenis gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya.

Jenis-Jenis Gelombang Berdasarkan keterangan dari Mediumnya

  • Gelombang mekanik, yaitu jenis gelombang yang membutuhkan medium atau perantara guna proses perambatan.
  • Gelombang elektromagnetik, yaitu jenis gelombang yang tidak membutuhkan medium atau perantara guna proses perambatan.

Jenis-Jenis Gelombang Berdasarkan keterangan dari Amplitudonya
  • Gelombang stasioner/diam, yaitu jenis gelombang yang mempunyai besaran amplitudo yang tidak tetap atau berubah-ubah.
  • Gelombang berjalan, yaitu jenis gelombang yang mempunyai besaran amplitudo yang tetap atau statis atau tidak berubah-ubah.

Nah itulah referensi tentang pengertian gelombang dalam ilmu fisika beserta ciri-ciri, karakteristik, sifat-sifat, jenis-jenis, dan misalnya lengkap. Semoga dapat menambah referensi dan wawasan tentang pengertian dan sifat-sifat gelombang.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Gelombang Beserta Ciri-Ciri, Sifat, Jenis-Jenis, dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel