Pengertian Kelompok Sosial Beserta Ciri-Ciri, Macam-Macam, dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Kelompok sosial adalah sesuatu yang tidak jarang kita jumpai lewat interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya kita pun menjadi anggota dari kumpulan sosial tertentu, baik disadari atau tidak. Untuk tersebut kali ini akan dibicarakan apa saja definisi dan ciri-ciri kumpulan sosial beserta macam-macam dan contohnya.

Pengertian Kelompok Sosial Beserta Ciri-Ciri, Macam-Macam, dan Contohnya

Kelompok sosial adalah suatu kelompok manusia yang menyusun sebuah kumpulan dimana anggotanya saling berinteraksi satu sama lain. Terbentuknya kumpulan sosial didasari hal persamaan tertentu serta adanya destinasi yang hendak dicapai. Tiap anggotanya saling berinteraksi dalam hubungan timbal balik satu sama lain.

Terciptanya kumpulan sosial tak lepas dari hakiakt insan sebagai makhluk sosial. Artinya insan hidup dengan saling berinteraksi dengan insan lain lewat sekian banyak  jenis interaksi dan komunikasi. Kelompok sosial seakan menjadi di antara wujud dari proses sosial yang terdapat dalam lingkungan masyarakat.

Pengertian Kelompok Sosial

Di bawah ini akan dijabarkan mengenai apa pengertian kumpulan sosial, baik menurut keterangan dari KBBI, menurut keterangan dari pendapat para berpengalaman serta definisinya secara umum.

Arti Kelompok Sosial Berdasarkan keterangan dari KBBI

Berdasarkan keterangan dari KBBI, pengertian kelompok ialah kumpulan insan yang adalahkesatuan beridentitas dengan adat-istiadat dan sistem norma yang menata pola-pola interaksi antara insan itu. Sedangkan pengertian sosial ialah berkaitan dengan masyarakat.

Definisi Kelompok Sosial Secara Umum

Pengertian kumpulan sosial secara umum dapat ditafsirkan sebagai kelompok manusia yang mempunyai kesadaran bareng akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

Pengertian Kelompok Sosial Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut merupakan sejumlah definisi dan pengertian kumpulan sosial menurut keterangan dari pendapat dari semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari M. Mac Iver dan Charles H. Page

Pengertian kumpulan sosial menurut keterangan dari Mac Iver dan Charles H. Page ialah himpunan atau kesatuan insan yang hidup bersama, antar anggotanya saling berhubungan, memengaruhi, dan timbul kesadaran guna tolong-menolong demi menjangkau tujuan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Robert K. Merton

Definisi kumpulan sosial menurut keterangan dari Robert K. Merton adalah sebuah kumpulan orang yang saling berinteraksi cocok dengan pola-pola umum yang sudah mapan.

Berdasarkan keterangan dari Horton dan Hunt

Arti kumpulan sosial menurut pengertian dari Horton dan Hunt ialah sebuah kumpulan sosial sebagai kelompok manusia yang mempunyai ikatan kebersamaan.

Berdasarkan keterangan dari Roland Freedman

Pengertian kumpulan sosial ialah organisasi terdiri atas dua atau lebih pribadi yang tergantung oleh ikatan-ikatan sebuah sistem ukuran-ukuran kelakuan yang diterima dan diamini oleh seluruh anggotanya.

Berdasarkan keterangan dari Giddens

Kelompok sosial menurut keterangan dari Giddens didefinisikan sebagai proses saat sejumlah orang yang berinteraksi satu sama beda secara teratur.

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto
Pengertian kumpulan sosial menurut keterangan dari Soerjono Soekanto ialah sebuah kesatuan insan yang hidup bareng sehingga terdapat hubungan sosial diantara mereka.

Berdasarkan keterangan dari Joseph S. Roucek dan Roland L. Warren
Definisi kumpulan sosial adalah sebuah kumpulan yang terdiri atas 2 (dua) atau lebih insan dan salah satu mereka terdapat sejumlah pola interaksi yang dapat dicerna oleh anggota atau orang beda secara keseluruhan.

Berdasarkan keterangan dari Mayor Polak

Berdasarkan keterangan dari Polak, pengertian kelompok sosial ialah sejumlah orang yang satu sama beda mempunyai hubungan sebagai suatu struktur untuk mengisi kepentingan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Hendropuspito

Kelompok sosial adalah suatu kelompok nyata dan tertata dari pribadi yang mengemban perannya secara bersangkutan untuk menjangkau tujuan bersama.

Berdasarkan keterangan dari Sherif
Arti kumpulan sosial menurut keterangan dari Sherif ialah suatu kesatuan sosial yang terdiri atas dua atau lebih pribadi yang telah menyelenggarakan interaksi sosial yang lumayan intensif dan teratur, sampai-sampai diantara pribadi itu telah ada pembagian tugas, struktur dan norma-norma tertentu, yang khas untuk kesatuan sosial tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Bierstedt

Definisi kumpulan sosial merupakan kumpulan yang anggotanya memiliki kesadaran jenis, bersangkutan satu dengan yang lain, namun tidak terbelenggu dalam ikatan organisasi.

Berdasarkan keterangan dari Wila Huky

Kelompok sosial menurut keterangan dari Huky ialah suatu unit yang terdiri atas dua atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

Berdasarkan keterangan dari Joseph S.Roucek
Definisi kumpulan sosial ialah suatu kumpulan yang mencakup dua insan atau lebih yang diantara mereka ada pola interaksi yang dapat dicerna oleh orang beda atau anggotanya dengan keseluruhan.

Berdasarkan keterangan dari George Homans

Pengertian kumpulan sosial menurut keterangan dari Homans ialah kumpulan pribadi yang mengerjakan kegiatan, interaksi, dan mempunyai perasaan untuk menciptakan sesuatu borongan yang terorganisir dan bersangkutan secara timbal balik.

Berdasarkan keterangan dari Johnson

Berdasarkan keterangan dari Johnson, kumpulan sosial ialah dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dengan teknik yang terpola sebagai sebuah kumpulan mereka sendiri danorang lain.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Kelompok sosial mempunyai sejumlah ciri dan ciri khas tertentu. Berikut merupakan sejumlah ciri-ciri kumpulan sosial selengkapnya.
  • Adanya hubungan timbal balik antar anggotanya.
  • Adanya partisipasi aktif dari semua pelaku yang tercebur di dalam kumpulan sosial.
  • Adanya hal kesamaan ciri atau ciri khas tertentu antar anggotanya.
  • Adanya norma dan ketentuan yang mesti ditaati oleh tiap anggotanya dalam kumpulan sosial
  • Tiap anggota mempunyai ikatan atau hubungan satu sama lain.
  • Memiliki struktur sosial atau organisasi yang ditetapkan.
  • Memiliki sistem dan proses sosial yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Memiliki kepentingan bareng yang hendak diraih oleh tiap anggota kumpulan sosial.
  • Telah terbentuk dalam jangka masa-masa tertentu.

Macam-Macam Kelompok Sosial

Terdapat sejumlah jenis-jenis kumpulan sosial disaksikan dari sekian banyak  karakteristiknya. Berikut adalahpenjelasan apa saja macam-macam kumpulan sosial di lingkungan masyarakat.

1. Paguyuban

Paguyuban ialah kelompok sosial yang anggota-anggotanya mempunyai ikatan batin yang murni, mempunyai sifat alamiah, dan kekal. Jenis kumpulan paguyuban mempunyai ciri-ciri yaitu ada ikatan batin yang powerful antar anggotanya serta hubungan antar anggotanya mempunyai sifat informal.

Terdapat 3 (tiga) tipe-tipe paguyuban antara beda yaitu:
  • Paguyuban sebab ikatan darah, yaitu jenis paguyuban yang terbentuk menurut hubungan sedarah. Contohnya keluarga, kerabat, dan lain-lain.
  • Paguyuban sebab tempat, yaitu jenis paguyuban yang terbentuk menurut kedekatan letak geografis. Contohnya lingkungan RT, RW, desa, dan sebagainya.
  • Paguyuban sebab ideologi, yaitu jenis paguyuban yang terbentuk menurut persamaan ideologi. Contohnya partai politik, organisasi agama, dan sebagainya.

2. Patembayan

Patembayan ialah jenis kumpulan sosial yang anggota-anggotanya mempunyai ikatan bermunculan yang pokok guna jangka masa-masa yang pendek. Hal ini bertolak belakang dengan paguyuban yang lebih lama masa-masa ikatannya.

Ciri-ciri patembayan antara lain ialah hubungan antar anggota mempunyai sifat formal, mempunyai orientasi ekonomi, sifatnya sementara, memperhitungkan nilai untuk serta lebih didasarkan pada fakta sosial di lingkungan masyarakat.

Contoh patembayan ialah ikatan antar pedagang, organisasi pada perusahaan atau industri tertentu, dan sebagainya.

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Terbentuknya kumpulan sosial dilandasi sejumlah faktor tertentu. Berikut adalah faktor-faktor pembentuk kumpulan sosial selengkapnya.

1. Faktor Kedekatan

Faktor kesatu ialah faktor kedekatan. Suatu kumpulan sosial dapat terbentuk andai anggotanya semakin dekat satu sama lain, dapat karena letak geografisnya atau sebab seringnya interaksi yang dilaksanakan sehingga menjadi semakin dekat.

2. Faktor Persamaan

Faktor berikutnya ialah faktor persamaan. Kelompok sosial bisa terbentuk andai ada persamaan antar anggotanya, misalnya sebab persamaan ideologi dan agama, persamaan keturunan, persamaan kepentingan, dan lain-lain.

Nah itulah referensi pengertian kumpulan sosial beserta arti, definisi, contoh, ciri-ciri, hal pembentuk, serta macam-macam kumpulan sosial secara umum dan menurut keterangan dari para ahli. Semoga dapat menambah referensi dan wawasan pengetahuan.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kelompok Sosial Beserta Ciri-Ciri, Macam-Macam, dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel