Pengertian Mobilitas Sosial | Definisi, Bentuk-Bentuk, dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Mobilitas sosial ialah perpindahan kedudukan sosial sekelompok orang atau pribadi ke kedudukan yang beda baik secara vertikal maupun horizontal. Mobilitas sosial pun disebut sebagai gerak sosial. Contoh mobilitas sosial dapat anda jumpai di lingkungan selama kita, baik jenis mobilitas sosial ke atas atau ke bawah.

Pengertian Mobilitas Sosial | Definisi, Bentuk-Bentuk, dan Contohnya

Mobilitas sosial tidak jarang terjadi di dekat kita, baik disadari atau tidak. Contoh mobilitas sosial misalnya saat seseorang mendapat promosi jabatan di kantornya, saat seseorang dipecat dari institusinya atau saat seseorang berganti profesi mengarah ke ke profesi lainnya.

Jenis mobilitas sosial memang dapat naik ke atas atau turun ke bawah. Artinya seseorang bisa beralih status sosialnya menjadi naik atau justeru turun. Ada tidak sedikit faktor yang memprovokasi terjadinya mobilitas sosial. Selain tersebut juga ada tidak sedikit dampak yang dimunculkan usai terjadinya mobilitas sosial ini.

Pengertian Mobilitas Sosial

Di bawah ini akan dibicarakan apa tersebut pengertian mobilitas sosial atau gerak sosial, baik makna secara umum maupun menurut keterangan dari para ahli.

Arti Mobilitas Sosial Secara Umum

Pengertian mobilitas sosial secara umum ialah suatu proses perpindahan, atau pergerakan lapisan atau strata sosial seseorang maupun kumpulan dalam masyarakat. Gerak sosial juga ditafsirkan sebagai sebuah gerakan yang terjadi karena beralih ataupun berubah posisi seseorang atau pun sekelompok orang pada ketika yang berbeda-beda.

Secara etimologis, kata mobilitas sosial berasal dari kata ‘mobilis’ (bahasa Latin) yang berarti bergerak, dan kata ‘social’ (bahasa Inggris) yang berarti masyarakat. Jadi makna mobilitas sosial secara bahasa ditafsirkan sebagai suatu gerakan masyarakat.

Pengertian Mobilitas Sosial Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

Berikut merupakan sejumlah pengertian dan pengertian mobilitas sosial menurut keterangan dari pendapat semua ahli.

Berdasarkan keterangan dari Paul B. Horton (1992)
Pengertian mobilitas sosial menurut keterangan dari Paul B. Horton ialah suatu gerak eksodus dari satu ruang belajar sosial ke ruang belajar sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Anthony Giddens
Pengertian mobilitas sosial menurut keterangan dari Anthony Giddens ialah sesuatu yang menunjuk pda gerakan dari orang perorang dan kelompok-kelompok salah satu kedudukan-kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.

Berdasarkan keterangan dari Kimball Young dan Raymond W. Mack

Arti mobilitas sosial adalah suatu gerak dalam struktur sosial yakni pola-pola tertentu yang menata organisasi suatu kumpulan sosial. Struktur sosial merangkum sifat hubungan antara pribadi dalam kumpulan dan hubungan antara pribadi dengan kelompoknya.

Berdasarkan keterangan dari Henry Clay Smith (1968)

Pengertian mobilitas sosial menurut keterangan dari Henry Clay Smith adalah suatu gerakan dalam struktur sosial, yaitu gerakan antar pribadi dengan kelompoknya.

Berdasarkan keterangan dari Robert M. Z. Lawang

Definisi mobilitas sosial ialah suatu eksodus posisi sosial seseorang atau sekelompok orang dari sebuah lapisan ke lapisan sosial beda atau dari dimensi satu ke dimensi lain.

Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto
Berdasarkan keterangan dari Soerjono Soekanto, makna mobilitas sosial ialah suatu gerak dalam struktur sosial yaitu pola tertentu yang menata organisasi suatu kumpulan sosial.

Berdasarkan keterangan dari Haditono (1991)

Mobilitas sosial menurut keterangan dari pendapat Haditono ialah suatu eksodus seseorang atau kumpulan dari status yang satu ke status yang lain, namun sejajar.

Berdasarkan keterangan dari Michael S. Bassis

Pengertian mobilitas sosial ialah perpindahan ke atas atau ke bawah lingkungan sosial ekonomi yang mengolah status sosial seseorang dalam masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari H. Edward Ransford

Berdasarkan keterangan dari H. Edward Ransford, definisi mobilitas sosial didefinisikan sebagai sebuah proses eksodus ke atas atau ke bawah dalam lingkungan sosial secara hierarki.

Berdasarkan keterangan dari David Jary dan Julia Jary (1991)

Mobilitas sosial adalah sebuah pergerakan individu, kadang-kadang kelompok, antara posisi bertolak belakang dalam hierarki stratifikasi sosial pada lingkungan masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari Wiliam Kornblum
Definisi mobilitas sosial adalah sebuah eksodus individu-individu, keluarga-keluarga, dan kumpulan sosial serta satu lapisan ke lapisan sosial yang lainnya.

Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial

Berikut ini merupakan sejumlah bentuk-bentuk mobilitas sosial yang diterangkan beserta definisi, ciri-ciri, dan misal tiap jenis-jenis mobilitas sosial selengkapnya.

1. Mobilitas Sosial Horizontal
Mobilitas sosial horizontal adalah jenis perpindahan pribadi atau kumpulan sosial yang sederajat. Artinya tidak terjadi evolusi dalam derajat status seseorang dalam mobilitas sosialnya.

Contohnya ialah ketika seorang supir bus beralih profesi menjadi sopir truk, tidak ada evolusi status sosial yang dialami.

2. Mobilitas Sosial Vertikal

Mobilitas sosial vertikal adalah jenis perpindahan pribadi atau kumpulan sosial yang tidak sederajat. Berdasarkan arah perpindahannya, terdapat 2 (dua) jenis mobilitas sosial vertikal, yaitu mobilitas vertikal ke atas dan mobilitas vertikal ke bawah.

Mobilitas Vertikal ke Atas

Mobilitas vertikal ke atas, disebut pun sebagai social climbing, adalah jenis mobilitas vertikal yang mengakibatkan status sosial pribadi atau kumpulan naik ke atas.

Contohnya ialah seorang staff di kantor mendapat promosi sampai-sampai jabatannya naik menjadi manajer.

Mobilitas Vertikal ke Bawah

Mobilitas vertikal ke bawah, disebut pun sebagai social sinking, adalah jenis mobilitas vertikal yang mengakibatkan status sosial pribadi atau kumpulan turn ke bawah.

Contohnya ialah seorang anggota tentara dipecat dari satuannya sesudah terbukti melanggar kode etik instansinya.

3. Mobilitas Sosial Antar Generasi
Mobilitas sosial antar generasi adalah jenis perpindahan pribadi atau kumpulan yang terjadi antar generasi, dapat dua generasi atau lebih, contohnya generasi orang tua dan anak-anaknya.

Contohnya ialah seorang ayah yang bekerja sebagai buruh pabrik menyekolahkan anaknya hingga kuliah sampai kemudian bekerja sebagai pengacara yang terkenal.

4. Mobilitas Sosial Intra Generasi
Mobilitas sosial intra generasi adalah jenis perpindahan pribadi atau kumpulan yang terjadi dalam satu generasi yang sama. Jenis mobilitas sosial ini bertentangan dengan mobilitas sosial antar generasi.

Contohnya ialah kakak bekerja sebagai kuli bangunan, tetapi adiknya lebih beruntung sebab diterima masuk sebagai karyawan perusahaan terkenal.

Faktor-Faktor Mobilitas Sosial

Terdapat sejumlah faktor yagn memprovokasi terjadinya mobilitas sosial, baik hal pendorong maupun hal penghambat.

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial
  •     Sistem stratifikasi sosial yang terbuka
  •     Status sosial yang berbeda-beda tiap individu
  •     Perbedaan keterampilan antar individu
  •     Keadaan ekonomi tiap pribadi yang bertolak belakang satu sama lain
  •     Situasi politik di suatu negara
  •     Kondisi kependudukan di distrik tertentu
  •     Keinginan guna melihat wilayah lain

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial
  •     Faktor kemiskinan untuk masyarakat
  •     Adanya diskriminasi ruang belajar atau kumpulan tertentu
  •     Faktor agama yang kuat
  •     Perbedaan ras dan etnis masyarakat
  •     Perbedaan gender
  •     Pengaruh sosial yang kuat
  •     Perbedaan kepentingan antar pribadi dan kelompok

Dampak Mobilitas Sosial

Terdapat sejumlah dampak yang dimunculkan bersangkutan mobilitas sosial di lingkungan masyarakat, baik akibat positif maupun akibat negatif.

Dampak Positif Mobilitas Sosial
  •     Menambah motivasi pribadi untuk bekerja dan berprestasi
  •     Mempercepat tingkat evolusi sosial masyarakat ke arah yang lebih baik
  •     Meningkatkan integritas sosial

Dampak Negatif Mobilitas Sosial
  • Terjadinya konflik antar kelas, konflik antar kumpulan sosial, dan konflik antar generasi
  • Munculnya gangguan psikologis dampak takut kedudukan sosialnya turun
  • Kurangnya rasa solidaritas antar individu

Nah itulah referensi definisi mobilitas sosial beserta makna dan definisinya secara umum. Dijelaskan pun apa saja bentuk-bentuk mobilitas sosial, hal pendorong dan penghambat mobilitas sosial serta akibat positif dan negatif mobilitas sosial di lingkungan masyarakat.   

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Mobilitas Sosial | Definisi, Bentuk-Bentuk, dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel