Pengertian Pelanggaran HAM Beserta Jenis, Penyebab dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - HAM ialah singkatan dari hak asasi manusia, yang berarti hak dasar yang dipunyai oleh semua insan sejak lahir. Hak asasi tiap insan harus dibentengi dan ditegakkan. Namun faktanya masih ada tidak sedikit contoh permasalahan pelanggaran HAM yang terjadi di semua dunia, baik permasalahan pelanggaran HAM berat maupun yang ringan.

Pengertian Pelanggaran HAM Beserta Jenis, Penyebab dan Contohnya

Secara umum, definisi HAM ialah hak yang melekat dalam diri setiap insan yang dibawa semenjak lahir ke dunia dan berlaku sepanjang hidupnya serta tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun sebab hak itu mempunyai sifat kodrati yang diserahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa pada masing-masing manusia.

HAM mesti dihormati, dilindungi, dan ditegakkan. Hal ini pun sesuai dengan hasil Universal Declaration of Human Rights atau Deklarasi HAM Universal yang sudah disepakati oleh negara-negara di semua dunia. Tiap pemerintah negara diharuskan untuk mendirikan dan mengayomi hak asasi dari tiap-tiap warganya.

Namun faktanya masih tidak sedikit terjadi permasalahan pelanggaran HAM di sekian banyak  negara, termasuk pun di dunia. Ironisnya, terkadang malah pemerintah yang mengerjakan pelanggaran HAM, sebenarnya harusnya pemerintah yang memastikan dan mengayomi hak asasi warganya. Lantas apa sebenarnya pengertian dari pelanggaran HAM tersebut sendiri?

Pengertian Pelanggaran HAM

Pengertian pelanggaran HAM secara umum ialah suatu perbuatan pelanggaran kemanusiaan yang dilaksanakan oleh pribadi maupun institusi negara ataupun institusi lainnya terhadap hak asasi orang beda tanpa terdapat dasar atau dalil yuridis dan dalil rasional yang menjadi dasarnya.

Definisi pelanggaran HAM juga ditegaskan tidak hanya dilaksanakan oleh aparat atau kesatuan negara saja, namun oleh seluruh orang dalam lingkungan masyarakat. Pelanggaran HAM juga dapat dilakukan dengan sengaja atau tanpa sengaja, asalkan peristiwa pelanggaran tersebut benar-benar terjadi, maka tergolong dalam permasalahan pelanggaran HAM.

Berdasarkan keterangan dari UU No. 39 Tahun 1999 mengenai Hak Asasi Manusia
Pengertian pelanggaran HAM menurut keterangan dari UU No. 39 Tahun 1999 mengenai Hak Asasi Manusia, pada pasal 1 diterangkan bahwa setiap tindakan seseorang atau kumpulan orang tergolong aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelengahan yang secara hukum mengurangi, menghalangi, memberi batas dan atau menarik keluar hak asasi insan seseorang atau kumpulan orang yang dipastikan oleh undang-undang dan tidak menemukan atau dikhawatirkan tidak akan mendapat  penyesalan hukum yang adil dan benar menurut mekanisme hukum yang berlaku.

Berdasarkan keterangan dari UU No. 26 Tahun 2000 mengenai Pengadilan Hak Asasi Manusia
Pengertian pelanggaran HAM menurut keterangan dari UU No. 26 Tahun 2000 mengenai Pengadilan Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa pelanggaran HAM ialah setiap tindakan seseorang atau kumpulan orang tergolong aparat negara baik disengaja atau kelengahan yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau menarik keluar Hak Asasi Manusia seseorang atau kumpulan orang yang dipastikan oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan, atau dikhawatirksn tidak akan mendapat  penyelesaian hukum yang adil dan benar, menurut mekanisme hukum yang berlaku.

Sifat-Sifat Pelanggaran HAM

Secara umum, terdapat 2 (dua) sifat pelanggaran HAM yang utama, yaitu pelanggaran HAM enteng dan pelanggaran HAM berat.
  1. Pelanggaran HAM ringan, yaitu pelanggaran HAM yang enteng dan tidak sampai menakut-nakuti keselamatan orang lain, contohnya laksana penghinaan, penganiayaan, kekerasan fisik, perusakan nama baik, dan lain-lain.
  2. Pelanggaran HAM ringan, yaitu pelanggaran HAM yang dapat membahayakan atau menakut-nakuti nyawa orang atau kumpulan masyarakat, contohnya laksana pembunuhan, perbudakan, perampokan, penyiksaan, genosida, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Pelanggaran HAM

Terdapat sejumlah macam-macam pelanggaran HAM andai didasarkan pada kelompok pelanggarannya. Berikut adalahjenis-jenis pelanggaran HAM, baik yang berat maupun yang ringan.

Jenis-Jenis Pelanggaran HAM Berat

  • Kejahatan genosida, yakni perbuatan pembunuhan massal secara sistematis dan besar-besaran pada sebuah suku atau bangsa.
  • Kejahatan kemanusiaan, yang mencakup pembunuhan, perampokan, perbudakan, penyiksaan, pemerkosaan, penganiayaan, penghilangan jejak, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Pelanggaran HAM Ringan

  1. Perampokan dan pencurian, yaitu upaya merebut barang atau kepemilikan orang beda secara paksa.
  2. Pencemaran nama baik, yaitu upaya mengotorkan nama baik seseorang dengan berita palsu atau sebagainya.
  3. Pengancaman, yaitu upaya menakut-nakuti dan mengintimidasi orang beda dengan format kekerasan.
  4. Kekerasan fisik, yaitu upaya mengerjakan penganiayaan, pemukulan atau kekerasan jasmani kepada orang lain.
  5. Menghalangi aspirasi orang lain, yaitu upaya merintangi aspirasi yang akan dikatakan oleh orang atau kumpulan tertentu.

Nah itulah referensi definisi pelanggaran HAM beserta definisi, sifat-sifat, jenis-jenis, dan misal pelanggaran HAM yang terjadi. Kita pasti harus memuliakan dan menegakan hak asasi orang beda sebagai hak dasar tiap orang semenjak lahir yang adalah anugerah dari Tuhan.                       

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pelanggaran HAM Beserta Jenis, Penyebab dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel