Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia dari Dulu Sampai Sekarang

Dunia-Pendidik.Com - Sepak bola adalah olahraga terpopuler di dunia dan dimainkan oleh tidak sedikit orang. Sepak bola ialah permainan kesebelasan yang terdiri dari 11 pemain dengan destinasi untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan cocok aturan yang ditetapkan. Kali ini akan dijabarkan mengenai sejarah permainan sepak bola di dunia dan pun di Indonesia secara lengkap.
 
Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia dari Dulu Sampai Sekarang

Dalam sepak bola, pun ada sejumlah posisi pemain, mulai dari penjaga gawang (kiper), pemain belakang (bek), pemain tengah (gelandang), dan pemain depan (striker). Tiap posisi pemain mempunyai tugas masing-masing. Selain tersebut juga terdapat pelatih atau manajer yang bertugas merangkai taktik dan strategi guna kemenangan tim.

Sepak bola canggih pun berkembang menjadi permainan yang tidak sedikit dimainkan, termasuk pun di Indonesia. Tontonan pertandingan sepak bola menjadi di antara tontonan dan hiburan paling tidak sedikit digemari, dengan aksi semua pemain bintang dunia. Namun ada sejarah panjang dari mulai sepak bola ditemukan sampai menjadi olahraga yang populer seperti kini ini.

Sejarah Sepak Bola

Berikut ini akan dibicarakan mengenai sejarah sepak bola di dunia dan di Indonesia secara menyeluruh dan detail.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah permainan sepak bola klasik dibuka sejak abad ke-2 Sebelum Masehi. Berdasarkan daftar sejarah, permainan menendang bola sudah dilaksanakan di China pada masa Dinasti Han. Saat tersebut memang masih sederhana, karena melulu berupa permainan menggiring bola kulit dan menendangnya ke arah jaring kecil.
 
Namun permainan sepak bola canggih baru berkembang di negara Inggris. Di Inggris, sepak bola dimainkan dengan menerapkan sejumlah aturan sampai kemudian olahraga ini populer dan digemari tidak sedikit kalangan.
 
Namun tak bertahan larangan tersebut dicabut. Pada tahun 1863, aturan dasar sepak bola yang baku diputuskan oleh 11 sekolah dan klub di Freemasons Tavern, sekaligus menjadi cikal akan olahraga canggih saat ini.

Sepak bola juga mulai mendapat popularitas lebih banyak dibanding rugby yang lebih dulu terkenal. Pada akhirnya, permainan sepak bola canggih dari Inggris juga menyebar ke semua dunia sebab dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke sekian banyak  belahan dunia.

Klub sepak bola profesional kesatu yang dibentuk ialah Sheffield FC di tahun 1857. Kemudian pada tahun 1871, digelarkan persaingan Piala FA, yang dibuntuti oleh klub-klub lokal Inggris. Piala FA masih bertahan sampai kini dan dijuluki sebagai turnamen sepak bola tertua yang dilangsungkan dan masih aktif hingga sekarang.

Di tahun 1888, dibentuklah persaingan Football League yang dibuntuti 12 klub. Kompetisi tersebut menjadi liga sepak bola kesatu yang dilangsungkan dan sekarang dikenal sebagai Premier League. Lalu pada tahun 1904, dibentuklah asosiasi sepak bola dunia, yang dinamakan sebagai FIFA, singkatan dari Fédération Internationale de Football Association.

Di mula tahun 1900-an, sekian banyak  kompetisi liga dan piala dalam negeri pun dilangsungkan di sekian banyak  negara di semua dunia. Turnamen Piala Dunia atau FIFA World Cup kesatu diadakan pada tahun 1930 dengan Uruguay sebagai tuan lokasi tinggal dan kemudian pun keluar sebagai juara dunia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Bagaimana dengan sejarah sepak bola di Indonesia? Olahraga sepak bola kesatu masuk ke Indonesia pada tahun 1914 ketika masih dalam masa penjajahan Belanda.

Ketua PSSI yang kesatu ialah Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1938, Indonesia yang masih mempunyai nama Hindia Belanda berpartisipasi pada Piala Dunia, sekaligus menjadi negara Asia kesatu yang mengekor Piala Dunia, walau akhirnya langsung tersingkir di babak kesatu.

Liga sepak bola Indonesia mulai disusun sejak tahun 1931 dengan nama Liga Perserikatan. Meski begitu, persaingan tersebut hanya dilangsungkan secara amatir dan belum berbentuk profesional. VIJ Jakarta (kini menjadi Persija Jakarta) menjadi juara Perserikatan yang kesatu.

Mulai tahun 1980 dibentuklah persaingan liga sepak bola utama yang baru dengan nama Galatama, yang berbentuk semi-profesional. Baik Liga Perserikatan maupun Liga Galatama saling jalan sendiri-sendiri, sampai-sampai sempat menimbulkan keadaan bingung di kalangan fans dan peminat sepak bola tanah air.

Barulah pada tahun 1994, dibentuklah liga sepak bola profesional di Indonesia dengan menggabungkan persaingan Perserikatan dan Galatama yang telah ada. Liga Indonesia resmi dilangsungkan sejak tahun 1994 dan menimbulkan tim Persib Bandung sebagai juara di edisi yang kesatu.

Nah itulah referensi sejarah sepak bola dunia dan Indonesia menyeluruh mulai dari perkembangan mula sepak bola sampai menjadi olahraga sepak bola di era canggih seperti sekarang. Kini sepak bola menjadi olahraga sangat populer di semua dunia.                       

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia dari Dulu Sampai Sekarang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel