Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaannya

Dunia-Pendidik.Com - Pengertian teks kisah sejarah ialah teks yang menyatakan dan mengisahkan tentang kenyataan dan kejadian yang terjadi masa kemudian yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah di masyarakat. Penulisan teks kisah sejarah pun harus menyimak struktur dan kaidah kebahasaannya.

Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaannya

Teks sejarah mengisahkan kejadian urgen yang mempunyai nilai sejarah yang telah terjadi di masa lampau. Fungsi dari kisah sejarah ialah untuk memberi suatu informasi bersangkutan suatu peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di masa kemudian yang mempunyai sumber sejarah yang memang bisa dipertanggungjawabkan.

Ada sejumlah jenis teks kisah sejarah, baik sejarah rekaan maupun sejarah non-fiksi (fakta). Bagi sejarah non-fiksi memuat kenyataan sejarah yang benar-benar terjadi, dapat berupa teks biografi, teks autobiografi, kisah perjalanan, dan daftar sejarah, yang memuat kejadian urgen dan dominan di masa lampau.

Teks kisah sejarah pun termasuk dalam karya tulis yang pasti mempunyai aturan-aturan yang terdapat di dalamnya, laksana struktur, ciri-ciri serta kaidah kebahasaan dan pemakaian kata tertentu. Untuk tersebut kali ini akan dijabarkan mengenai apa saja struktur teks kisah sejarah beserta ciri-ciri dan kaidah kebahasaannya.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Di bawah ini akan diterangkan apa saja struktur teks sejarah beserta pengertian, ciri-ciri, dan penjelasannya mencakup struktur orientasi, urutan peristiwa, serta reorientasi.

1. Orientasi

Struktur teks kisah sejarah yang kesatu ialah orientasi. Bagian orientasi ini adalahbagian pengenalan atau pendahuluan dari teks kisah sejarah yang akan dikatakan oleh penulis.

Bagian orientasi terletak di bagian pendahuluan atau bagian mula teks kisah sejarah. Pada unsur orientasi ini juga diterangkan gambaran singkat tentang peristiwa sejarah yang bakal diceritakan.

2. Urutan Peristiwa

Selanjutnya terdapat bagian urutan peristiwa. Pada unsur ini menjelaskan tentang rekaman peristiwa sejarah yang sudah terjadi, umumnya dikatakan dalam urutan kronologis masa-masa dari kejadian yang terlama hingga yang terbaru.

Bisa dibilang, unsur urutan peristiwa ini adalahbagian inti atau unsur pokok dari teks kisah sejarah. Pada unsur inilah, kisah sejarah diulas dengan menyeluruh dan rinci oleh penulis.

3. Reorientasi
Struktur teks kisah sejarah yang ketiga dan yang terakhir ialah bagian reorientasi. Bagian reorientasi berisikan komentar individu dari pengarang teks mengenai peristiwa atau kejadian sejarah yang telah diceritakan.

Bagian reorientasi ini mempunyai sifat opsional, yang dengan kata lain pada unsur ini boleh terdapat atau tidak, tergantung kehendak pengarang teks kisah sejarah. Umumnya pengarang kesan dan pesan dari kisah sejarah yang sudah disampaikan.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Berikut ini bakal dibagikan sejumlah ciri-ciri dan ciri khas teks kisah sejarah selengkapnya.
  • Isi teks kisah sejarah merupakan kenyataan yang benar-benar terjadi di masa lampau.
  • Teks kisah sejarah umumnya diberikan dalam rangkaian kronologis cocok urutan masa-masa peristiwa.
  • Bentuk teks kisah ulang (recount).
  • Gaya bahasanya sering memakai konjungsi temporal.
  • Struktur teks kisah sejarah terdiri dari orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Berikut merupakan sejumlah gaya dan kaidah kebahasaan teks kisah sejarah selengkapnya.
  • Frasa adverbial, yang bermanfaat untuk menunjukan sebuah kejadian atau peristiwa berupa masa-masa atau tempat.
  • Verba material, yang bermanfaat untuk menunjukan kegiatan atau tindakan nyata yang dilaksanakan oleh partisipan.
  • Konjungsi temporal (kata sambung waktu), yang bermanfaat untuk mengatur urutan-urutan peristiwa yang hendak diceritakan.

Nah itulah referensi struktur teks kisah sejarah beserta pengertian, karakteristik, dan penjelasannya. Dijelaskan pula apa tersebut pengertian dan ciri-ciri teks kisah sejarah yang menjadi salah satu format karya tulis.                       

Belum ada Komentar untuk "Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel