Tujuan PBB Beserta Fungsi, Tugas, dan Asas PBB Didirikan

Dunia-Pendidik.Com - PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah organisasi internasional antar negara-negara di dunia. Dalam bahasa Inggris, PBB dinamakan sebagai United Nations (UN). PBB mulai disusun pada tanggal 24 Oktober 1945 guna mendorong kerjasama internasional. Di samping itu, terdapat juga sejumlah fungsi dan destinasi dibentuknya PBB sebagai lembaga internasional.

Tujuan PBB Beserta Fungsi, Tugas, dan Asas PBB Didirikan

Berdasarkan sejarah PBB, organisasi ini kesatu kali disusun pada tahun 1945 usai berakhirnya Perang Dunia II untuk menangkal terjadinya konflik serupa. Awalnya ada 51 negara anggota PBB yang menjadi negara pendiri PBB, namun sekarang jumlahnya terus meningkat hingga sekarang mencapai 193 keanggotaan.

Fungsi PBB urgen untuk mendorong kerjasama dan mengawal perdamaian dunia. PBB seakan menjadi wadah untuk negara-negara di dunia secara internasional. Kerap kali PBB mengantarkan misi kemanusiaan untuk menuntaskan konflik dan sengketa atau guna mengirimkan pertolongan sosial dan kemanusiaan.

Terdapat sejumlah tugas PBB yang dijalankan tiap tahun. Selain tersebut juga ada tujuan didirikannya PBB cocok dengan landasan perdamaian dan kemanusiaan. Segala perbuatan yang dilaksanakan PBB pun cocok dengan asas-asas PBB yang telah disepakati dan wajib guna dipatuhi oleh tiap negara anggota PBB ketika ini.

Tujuan PBB

Terdapat 5 destinasi didirikan PBB yang mencakup aspek perdamaian, hak asasi manusia, kerjasama, dan kemanusiaan. Berikut adalah 5 tujuan-tujuan PBB beserta penjelasannya.

1. Menjaga Perdamaian dan Keamanan Dunia

Tujuan utama PBB ialah untuk mengawal perdamaian dan ketenteraman dunia. PBB berperan untuk mengawal perdamaian dengan menuntaskan konflik dan sengketa internasional yang terjadi. PBB pun kerap mengantarkan pasukan kemanusiaan di negara-negara konflik.

2. Memajukan dan Mendorong Hubungan Persaudaraan Antar Bangsa Melalui Penghormatan HAM
Berikutnya PBB pun bertujuan guna memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antar bangsa dan negara. Salah satu caranya ialah dengan memuliakan dan mendirikan hak asasi insan (HAM) secara internasional.

3. Membina Kerjasama Internasional dalam Pembangunan Bidang Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Lingkungan

PBB pun melakukan pembinaan kerjasama internasional antar negara-negara anggotanya. Kerjasama dilaksanakan dalam mengemban pembangunan di sekian banyak  bidang, tergolong bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

4. Menjadi Pusat Penyelarasan Segala Tindakan Bersama Terhadap Negara yang Membahayakan Perdamaian Dunia

Tujuan PBB berikutnya ialah menjadi pusat penyelarasan secara global tentang segala tindakan bareng terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia. Artinya PBB bertugas mengerjakan tindakan pada pihak-pihak yang menakut-nakuti perdamaian.

5. Menyediakan Bantuan Kemanusiaan Apabila Terjadi Kelaparan, Bencana Alam, dan Konflik Bersenjata
Tujuan didirikan PBB pun penting guna menyediakan pertolongan sosial dan kemanusiaan andai terjadi kelaparan, bencana alam atau andai terjadi konflik bersenjata di suatu negara. PBB mengirimkan pertolongan langsung ke negara yang merasakan hal-hal tersebut.

Asas-Asas PBB

PBB juga disusun menurut dasar dan asas-asas tertentu. Asas-asas PBB ini mesti dipatuhi oleh tiap negara anggotanya. Berikut adalah 7 asas-asas PBB selengkapnya.
  • PBB didirikan atas dasar persamaan status dari seluruh anggota. Masing-masing anggota memiliki kedaulatan yang sama.
  • Semua anggota mesti mengisi kewajiban-kewajiban mereka cocok yang tertera dalam piagam PBB.
  • Semua anggota mesti menuntaskan perselisihan internasional mereka secara damai sampai-sampai tidak membahayakan perdamaian, keamanan, dan keadilan.
  • Dalam mengemban hubungan internasional, tiap anggota mesti menghindari pemakaian ancaman dan kekerasan terhadap negara-negara beda yang bisa mengancam kebebasan politik sebuah negara.
  • Semua anggota mesti menolong PBB dalam tindakan-tindakan yang diambilnya menurut peraturan piagam PBB dengan memberi pertolongan apa saja yang dibutuhkan dan dijalankan oleh PBB.
  • PBB bakal menjaga supaya negara-negara yang bukan anggota beraksi sesuai dengan asas-asas yang diputuskan oleh PBB untuk menjaga perdamaian dan ketenteraman internasional.
  • PBB tidak bakal campur tangan masalah domestik masing-masing negara anggota.

Tugas PBB

PBB mempunyai sejumlah tugas-tugas umum yang mesti dilakukan. Berikut adalah tugas-tugas PBB sebagai lembaga internasional.
  • Membantu menjangkau perdamaian dunia dan menyatukan sekian banyak  negara supaya terjalin hubungan baik antar sesamanya.
  • Menjalin hubungan yang baik antar negara dan menghindari pertentangan yang berujung peperangan.
  • Memberikan pertolongan bencana untuk bangsa atau negara yang sedang merasakan musibah laksana korban bencana alam (banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya).
  • Memfasilitasi dan mengerjakan kolaborasi di sekian banyak  aspek kehidupan laksana aspek sosial, ekonomi, politik, kebiasaan dan sebagainya.
  • Berusaha supaya negara yang menjadi unsur dari PBB tidak jarang kali dalam suasana damai.         

Belum ada Komentar untuk "Tujuan PBB Beserta Fungsi, Tugas, dan Asas PBB Didirikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel