Unsur-Unsur Manajemen Beserta Contoh dan Penerapannya (6M)

Dunia-Pendidik.Com - Manajemen adalah sebuah seni untuk menata sesuatu, baik orang ataupun pekerjaan. Dalam penerapannya, manajemen mempunyai subyek yang menata dan obyek dan diatur. Selain tersebut tentu pun ada unsur-unsur manajemen yang mesti diperhatikan supaya proses manajemen yang dilaksanakan bisa sukses dan sukses.

Secara umum, definisi manajemen ialah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, kepemimpinan, pengendalian dan pengawasan melewati pemanfaatan sumber daya dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan tepat guna untuk menjangkau tujuan tertentu yang sudah ditetapkan.

Unsur-Unsur Manajemen Beserta Contoh dan Penerapannya (6M)

Manajemen dapat diterapkan dalam sekian banyak  bidang, mulai dari manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan sebagainya. Ada sejumlah tujuan dan faedah manajemen secara umum yaitu faedah perencanaan, faedah pengorganisasian, faedah pengarahan, dan faedah pengendalian.

Dalam ilmu manajemen, pun ada sejumlah unsur-unsur yang terdapat proses manajemen tersebut sendiri. Unsur manejemen ini dikenal dengan istilah 6M sebab terdiri dari 6 bagian yang berawalan huruf M dalam bahasa Inggris, yaitu man (manusia), money (uang), materials (bahan), machines (mesin), methods (metode), dan market (pasar).

Unsur-Unsur Manajemen

Berikut akan dijabarkan satu per satu tentang 6 unsur-unsur manajemen beserta penjelasannya lengkap, biasa dikenal sebagai 6M yang terdiri dari man, money, materials, machines, methods, dan market.

1. Manusia (Man)

Unsur manajemen yang kesatu dan sangat utama ialah man atau manusia. Lebih spesifik lagi, man merujuk pada sumber daya insan (SDM)) yang dimiliki. Adanya sumber daya insan sangat urgen untuk mengerjakan proses manajemen, mulai dari perencanaan sampai proses buatan yang dilaksanakan.

Unsur ini pun meliputi pekerja yang dimiliki. Tanpa adanya bagian manusia, pasti manajemen tidak dapat dilakukan. Nantinya tiap-tiap pribadi juga mempunyai tugas dan tanggungjawab masing-masing, cocok dengan struktur dan kemahiran masing-masing. Karena itulah bagian ini menjadi bagian yang sangat vital dalam manajemen.

2. Uang (Money)

Selanjutnya ada bagian uang atau money. Dalam manajemen, uang paling penting supaya tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Bagi menjalankan kegiatan perusahaan atau industri, uang diperlukan sebagai modal untuk melakukan pembelian bahan baku, melakukan pembelian alat dan mesin, menggaji karyawan, mencarter lahan, dan beda sebagainya.
 
Pengelolaan duit dan kas perusahaan mestilah dilaksanakan dengan benar dan cocok dengan keperluan perusahaan tersebut sendiri. Bagi itulah bagian uang ini pun sangat urgen dan mestilah diperhatikan.

3. Bahan (Materials)

Bahan atau materials pun termasuk bagian manajemen. Unsur ini sangat diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan perusahaan. Bahan itu nantinya akan diubah hingga menghasilkan produk tertentu. Tanpa adanya bahan baku, tentu kegiatan perusahaan tidak dapat berjalan sebab tidak terdapat produk yang dapat dihasilkan.

Unsur ini sangat sehubungan dengan bagian manusia. Dalam proses produksi, sumber daya insan (SDM) akan mengubah dan menjadikan bahan baku atau sumber daya alam (SDA) menjadi produk jadi atau separuh jadi yang bakal dijual. Karena itulah, bagian bahan atau material ini juga dirasakan sebagai sarana manajemen untuk menjangkau tujuan. 

4. Mesin (Machines)
Dalam proses manajemen, mesin atau machines pun penting dan bermanfaat untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan perusahaan. Dengan adanya perangkat dan mesin, maka masa-masa yang diperlukan dalam proses buatan dan pengolahan bahan baku bakal semakin cepat dan efisien, serta mengurangi biaya supaya minim.

Dengan pertumbuhan teknologi yang maju dan canggih saat ini, pasti mesin telah menjadi keperluan wajib untuk tiap perusahaan untuk mengerjakan proses produksi. Di samping itu, buatan dengan pertolongan alat dan mesin pasti akan meminimalisir kekeliruan yang biasa dilaksanakan manusia (human error).

5. Metode (Methods)

Unsur manajemen selanjutnya ialah metode atau methods. Yang dimaksud metode ialah tata teknik atau langkah-langkah yang dilaksanakan dalam kegiatan perusahaan. Umumnya cara yang disepakati dan dipakai dikenal sebagai standard operational procedure (SOP) yang mesti dipatuhi oleh pekerja.

Adanya cara sangat urgen sehingga buatan dapat berlangsung dengan baik dan benar serta runtut dari mula sampai akhir, yang diterapkan pada tiap-tiap divisi atau unsur dalam perusahaan. Pemilihan cara yang tepat dan benar pasti akan menciptakan proses buatan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

6. Pasar (Market)
Unsur manajemen yang terakhir ialah pasar atau market. Pasar menjadi bagian yang sifatnya paling strategis, sebab penguasaan pasar bakal menjadi hal yang menilai keberhasilan perusahaan. Yang dimaksud pasar ialah sektor konsumen yang ditargetkan atau dituju dengan asa konsumen melakukan pembelian produk yang didapatkan perusahaan.

Untuk menguasai dan mendominasi pasar, pasti ada langkah-langkah yang mesti dilakukan, mulai dari menilai segmentasi konsumen yang dituju, menghasilkan produk yang berbobot | berbobot | berkualitas dan cocok dengan keperluan pasar, mengerjakan iklan dan promosi yang gencar dengan strategi yang tepat, dan beda sebagainya.

Nah itulah referensi 6+ unsur-unsur manajemen beserta pengertian, ciri-ciri, dan contoh, disertai keterangan lengkap. Secara umum terdapat 6 bagian manejemen, dikenal sebagai 6M yang terdiri dari man, money, materials, machines, methods, dan market.                       

Belum ada Komentar untuk "Unsur-Unsur Manajemen Beserta Contoh dan Penerapannya (6M)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel