Bidang-Bidang Akuntansi Beserta Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Dunia-Pendidik.Com - Akuntansi ialah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan kegiatan keuangan. Ilmu akuntansi sangat urgen dalam manajemen perusahaan atau organisasi karena sehubungan dengan sektor finansial yang paling krusial. Terdapat sejumlah macam-macam akuntansi menurut bidang-bidangnya.

Bidang-Bidang Akuntansi Beserta Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya

Tujuan akuntansi ialah untuk menghasilkan informasi melewati serangkaian pekerjaan pengumpulan dan pengolahan data secara sistematik pada sebuah periode tertentu, yang dinamakan sebagai siklus akuntansi. Akuntansi juga bermanfaat untuk mempermudah pemungutan keputusan oleh perusahaan menurut data akuntansi yang sudah diolah.

Ilmu akuntansi juga dapat diklasifikasikan menurut bidang-bidangnya. Misalnya saja akuntansi perpajakan konsentrasi pada segala pekerjaan perpajakan serta akuntansi pemerintahan yang melulu berfokus pada penciptaan laporan oleh instansi pemerintahan. Selain tersebut juga ada sejumlah macam-macam akuntansi yang lainnya.

Bidang-Bidang Akuntansi

Berikut ini akan diberikan pembahasan tentang bidang-bidang akuntansi beserta pengertian, ciri-ciri, tujuan, dan misal penerapannya.

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi finansial atau financial accounting adalah salah satu bidang akuntansi yang bersangkutan dengan pendaftaran serta pengklasifikasian transaksi bisnis perusahaan pada periode tertentu, laksana hutang atau evolusi asset, yang dapat dipergunakan oleh pemakai, baik secara internal maupun eksternal.

Bidang akuntansi ini bakal menghasilkan laporan finansial yang ditujukan untuk seluruh pihak, tergolong pihak eksternal atau pihak luar perusahaan, sampai-sampai laporan yang dihasilkan mempunyai sifat serbaguna. Penyusunan laporan finansial oleh akuntan di Indonesia mesti cocok dengan standar akuntansi yang telah ditetapkan.

2. Akuntansi Biaya
Akuntansi ongkos atau cost accounting adalah jenis akuntansi yang pekerjaan utamanya menetapkan, mencatat, menghitung, menganalisis, memantau serta melaporkan untuk manajemen tentang ongkos dan harga pokok produksi. Dengan kata lain, akuntansi ongkos fokus pada ongkos produksi perusahaan.

Akuntansi ongkos juga paling penting, khususnya di perusahaan industri yang memproduksi barang mentah menjadi barang jadi. Tujuan beda dari akuntansi biaya ialah melakukan analisis efisiensi ongkos yang nantinya akan dipakai untuk pemungutan keputusan berhubungan operasional perusahaan di masa mendatang.

3. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen atau management accounting adalah bidang akuntansi yang konsentrasi memberi informasi pada pimpinan perusahaan secara internal. Oleh sebab itu, faedah akuntansi manajemen bertujuan menyerahkan data dan informasi pada pihak manajemen yang dipakai untuk pemungutan keputusan dalam menjalankan perusahaan.

Akuntansi manajemen menyerahkan data real atau nyata pada pihak manajemen. Kegiatan akuntansi ini tidak melibatkan pihak luar atau eksternal, tapi melulu untuk pihak internal perusahaan saja. Akuntansi ini juga dipakai untuk mengendalikan pekerjaan perusahaan, memonitor arus kas, dan menyimpulkan keputusan yang bakal diambil.

4. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pengecekan atau auditing accounting adalah cabang akuntansi berupa pekerjaan pelaporan finansial oleh pihak-pihak yang independen. Maka dari itu, laporan finansial yang didapatkan akan mempunyai sifat obyektif, karena diciptakan oleh pihak independen yang tidak tercebur atau terkaitdengan perusahaan tersebut.

Laporan pada akuntansi pengecekan pun paling kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan karena diciptakan secara obyektif dan tanpa desakan dari pihak mana pun. Bidang akuntansi pengecekan ini juga bersangkutan dengan audit secara bebas terhadap laporan yang didapatkan oleh bidang akuntansi keuangan.

5. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan atau tax accounting adalah jenis akuntansi yang konsentrasi pada bidang perpajakan. Akuntansi ini menekankan pada masalah pajak yang mesti dibayarkan oleh perusahaan atau perseorangan untuk pihak pemerintah, tergolong segala mekanisme berhubungan pembayaran dan upaya mengurangi pajak.

Kegiatan pada akuntansi perpajakan antara beda menghitung besaran pajak yang mesti ditunaikan serta mempersiapkan pengembalian pajak dari perusahaan atau organisasi tertentu. Tentunya segala pelaporan pada akuntansi perpajakan mesti cocok dengan aturan hukum yang berlaku dan ditentukan pemerintah.

6. Akuntansi Pemerintahan
Akuntansi pemerintahan atau government accounting adalah bidang akuntansi yang berfokus pada penyajian lapora finansial yang dilaksanakan oleh lembaga dan instansi pemerintahan. Penyajian laporan akuntansi pemerintahan tidak mengekor standar akuntansi finansial yang umum, tetapi sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)

Adapun informasi yang disajikan pada laporan akuntansi pemerintahan ini berupa data akuntansi dari sekian banyak  aspek pengelolaan administrasi finansial pada instansi pemerintah. Kemudian dari laporan yang telah dibuat, dapat digunakan untuk penilaian mengenai perkiraan pemerintah yang bakal dikeluarkan.

7. Akuntansi Anggaran

Akuntansi perkiraan atau budgeting accounting adalah salah satu bidang akuntansi yang sehubungan dengan pekerjaan penyusunan rencana finansial perusahaan mengenai pekerjaan perusahaan guna jangka masa-masa tertentu di masa datang.

Di samping itu, bidang akuntansi perkiraan ini pun bertujuan untuk mengerjakan analisa dan pengontrolan terhadap pengamalan operasional cocok anggaran. Artinya dilaksanakan pengawasan apakah pemakaian kas perusahaan dilaksanakan sesuai dengan rancangan perkiraan yang sudah diciptakan sebelumnya.

8. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi edukasi atau education accounting akuntansi yang berfokus pada sektor pendidikan. Akuntansi edukasi ini bersangkutan dengan pekerjaan pendidikan dan pengajaran ilmu akuntansi terhadap semua calon akuntan.

Kegiatan-kegiatan pada bidang akuntansi edukasi antara lain mencakup mengajar ilmu akuntansi, riset tentang akuntansi, penyusunan kurikulum pendidikan, dan beda sebagainya, asalkan masih bersangkutan dengan ilmu akuntansi.

9. Sistem Akuntansi

Sistem akuntansi atau system accounting adalah bidang akuntansi yang sehubungan dengan penciptaan prosedur akuntansi ataupun alat-alat pendukungnya yang dibuntuti dengan penentuan tahapan kedepannya yang di dalamnya ada pendataan data serta pelaporan keuangan.

Kegiatan pada sistem akuntansi antara beda merancang teknik melakukan pendaftaran akuntansi supaya aman, efektif dan tepat guna mulai dari mengorganisir dokumen, formulir-formulir dan merangkai prosedur pencatatannya. Dengan adanya sistem informasi maka bakal dapat mempermudah perusahaan dalam memungut keputusan.

10. Akuntansi Syariah

Akuntansi syariah atau sharia accounting adalah bidang akuntansi yang dilaksanakan menurut prinsip agama atau syariat Islam. Artinya segala pekerjaan akuntansi mesti cocok dengan prinsip agama atau minimal tidak berbenturan dengan syariat agama, baik dalam siklus akuntansi maupun pencatatannya.

Biasanya bank-bank syariah yang merealisasikan akuntansi syariah, sifat transaksi mereka juga bertolak belakang dari bank konvensional. Akuntansi syariah tidak sedikit digunakan di negara-negara yang beberapa besar penduduknya beragama Islam, tergolong di Indonesia.

11. Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional atau international accounting adalah jenis akuntansi yang berfokus pada pekerjaan transaksi internasional lintas negara. Pelaksanaan akuntansi ini pun pun harus dicocokkan dengan aturan akuntansi yang telah disepakati secara global.

Jenis akuntansi internasional ini tidak sedikit digunakan pada perusahaan-perusahaan multinasional. Seperti diketahui bahwa perusahaan multinasional memang kerap mengerjakan transaksi antar negara guna kepentingan usahanya.

Nah itulah referensi tentang bidang-bidang akuntansi beserta pengertian, ciri-ciri, tujuan, contoh, dan penjelasannya lengkap. Terdapat sejumlah jenis akuntansi, dimana tiap jenisnya berfokus pada bidang yang berbeda-beda dengan faedah dan destinasi yang pelbagai pula.                       

Belum ada Komentar untuk "Bidang-Bidang Akuntansi Beserta Jenis, Ciri-Ciri dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel