Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Mikroskop Beserta Struktur, Bagian-Bagian, dan Prinsip Kerjanya

Dunia-Pendidik.Com - Mikroskop ialah sebuah perangkat untuk menyaksikan objek yang terlampau kecil untuk disaksikan secara kasat mata. Fungsi mikroskop yang utama ialah untuk menyaksikan dan meneliti objek berukuran kecil atau mikro yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang. Di samping itu, terdapat sejumlah bagian-bagian mikroskop yang memiliki faedah masing-masing untuk menyokong prinsip kerjanya.

Fungsi Mikroskop Beserta Struktur, Bagian-Bagian, dan Prinsip Kerjanya

Mikroskop berasal dari bahasa latin yaitu kata “mikro” yang berarti kecil serta kata “scopein” yang berarti melihat. Jadi dapat dibilang bahwa definisi mikroskop ialah alat untuk menyaksikan benda-benda yang berukuran kecil. Benda-benda kecil yang butuh pertolongan mikroskop guna melihatnya dinamakan sebagai benda-benda mikro.

Prinsip kerja mikroskop yaitu dengan memperbesar ukuran bayang-bayang dari benda-benda kecil yang akan dicermati hingga sampai berkali-kali lipat dari ukuran sebenarnya. Tanpa adanya pertolongan mikroskop, maka mustahil insan dapat melihatnya secara kasat mata.

Terdapat sejumlah bagian-bagian mikroskop yang secara umum dipisahkan menjadi unsur optik dan unsur mekanik atau non-optik.Bagian-bagian ini memiliki faedah masing-masing sampai-sampai mikroskop bisa bekerja dengan baik dan tepat. Mikroskop pun memiliki sejumlah fungsi selain faedah utamanya untuk meneliti objek mikro.

Fungsi Mikroskop

Apa faedah mikroskop? Fungsi mikroskop yang utama ialah untuk menyaksikan objek-objek yang berukuran paling kecil yang tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang. Berikut keterangan fungsi-fungsi mikroskop selengkapnya.

1. Melihat Objek Berukuran Kecil
Seperti sudah dibicarakan sebelumnya, faedah utama mikroskop ialah untuk menyaksikan objek yang berukuran kecil. Objek-objek ini begitu kecil dan mikro sampai-sampai tidak dapat disaksikan oleh mata telanjang manusia, sehingga memerlukan alat tertentu guna melihatnya, yaitu mikroskop.

2. Mengamati Objek Penelitian yang Mikro
Mikroskop juga dipakai untuk meneliti benda-benda mikro dalam suatu penelitian. Objek mikro yang berukuran kecil membutuhkan pertolongan mikroskop guna pengamatan. Adanya mikroskop menciptakan observasi dan riset dapat dilaksanakan dengan tepat.

Bagian-Bagian Mikroskop

Prinsip kerja mikroskop bergantung pada struktur dan bagian-bagiannya. Total terdapat 15 bagian-bagian mikroskop, baik unsur optik maupun mekanik (non-optik). Tentu tiap unsur memiliki faedah masing-masing dalam prinsip kerja mikroskop secara keseluruhan.
  • Lensa okuler, adalah lensa yang ada pada unsur ujung atas tabung mikroskop. Fungsinya guna memperbesar bayang-bayang dari lensa obyektif.
  • Lensa obyektif, adalah lensa yang berada dekat dengan objek yang diamati. Fungsinya guna membentuk bayang-bayang nyata, terbalik, dan diperbesar.
  • Kondensor, adalah bagian mikroskop yang bisa diputar, baik naik atau turun. Fungsinya untuk mengoleksi cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya ke objek.
  • Tabung mikroskop (tubus), adalah bagian mikroskop berupa tabung yang bermanfaat mengatur konsentrasi dan menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif.
  • Makrometer (pemutar kasar), adalah bagian yang terletak di lengan mikroskop. Fungsinya ialah menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop dengan cepat.
  • Mikrometer (pemutar halus), adalah bagian miroskop yang bermanfaat untuk mendongkrak dan menurunkan tabung mikroskop dengan lambat.
  • Revolver (pemutar lensa), adalah bagian mikroskop yang bermanfaat untuk menata perbesaran lensa objektif.
  • Diafragma, adalah bagian mikroskop yang bermanfaat mengatur tidak sedikit sedikitnya cahaya yang masuk dan tentang objek yang diamati.
  • Revolver, adalah bagian yang kegunaannya untuk menata perbesaran lensa objektif yang diharapkan oleh pengamat.
  • Meja mikroskop, adalah bagian berupa alas dan tempat meneliti objek. Fungsinya untuk menempatkan objek yang bakal diamati.
  • Klip (penjepit kaca), adalah bagian yang bermanfaat sebagai pelapis objek supaya objek tidak bergeser-geser saat pemantauan sedang berlangsung.
  • Lengan mikroskop, adalah bagian mikroskop yang bermanfaat sebagai pegangan saat membawa atau mengalihkan mikroskop ke lokasi lain.
  • Bagian kaki mikroskop, adalah bagian mikroskop yang bermanfaat sebagai pengampu atau penopang mikroskop
  • Sendi inklinasi (pengatur sudut), adalah bagian mikroskop yang bermanfaat untuk menata sudut tegaknya mikroskop yakni dengan menata derajat kemiringan mikroskop untuk mempermudah pengamatan.

Nah itulah referensi faedah mikroskop beserta pengertian, bagian-bagian, dan strukturnya lengkap. Semoga dapat menambah wawasan mengenai faedah mikroskop secara umum.                  

Posting Komentar untuk "Fungsi Mikroskop Beserta Struktur, Bagian-Bagian, dan Prinsip Kerjanya"