Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

Dunia-Pendidik.Com - Benua Amerika adalah salah satu benua yang terdapat di dunia. Beberapa pendapat memandang bahwa area tersebut terdiri dari dua benua, yaitu Amerika Utara (North America) dan Amerika Selatan (South America). Namun tidak sedikit juga yang memandang bahwa dua-duanya adalahsatu kesatuan, yaitu benua Amerika.

Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya

Secara umum, letak geografis benua Amerika dikelilingi oleh tiga samudera yaitu Samudera Arktik (sebelah utara), Samudera Atlantik (sebelah timur), dan Samudera Pasifik (sebelah barat dan selatan). Wilayah benua Amerika menghampar dari belahan bumi bagian unsur utara sampai belahan bumi unsur selatan.

Terdapat selama 35 nama negara di benua Amerika, terdiri dari 3 negara di Amerika Utara, 7 negara di Amerika Tengah, 13 negara di distrik Karibia, dan 12 negara di Amerika Selatan. Beberapa negara di benua Amerika yang familiar contohnya ialah Amerika Serikat, Brasil, Kanada, Meksiko, Jamaika, Argentina, Kolombia, dan Uruguay.

Letak benua Amerika yang dikelilingi oleh 3 samudera menciptakan letaknya lumayan strategis sebab jadi jalur perniagaan dunia. Selain tersebut posisinya yang menghampar dari garis lintang utara mengarah ke ke selatan menciptakan keanekaragaman tumbuhan dan hewan di benua Amerika begitu beragam. Nah kali ini akan dibicarakan letak benua Amerika secara astronomis beserta akibat dan pengaruhnya.

Letak Astronomis Benua Amerika


Artinya distrik benua Amerika terbentang dari titik 83 derajat lintang unsur utara sampai 55 derajat lintang selatan, serta dari 10 derajat bujur barat hingga 170 derajat bujur barat.

Keseluruhan distrik benua Amerika berada di distrik bumi unsur barat, tetapi secara vertikal benua Amerika berada di distrik bumi bagian unsur utara dan unsur selatan, sampai-sampai wilayahnya menghampar dari lintang unsur utara (LU) hingga lintang unsur selatan (LS).

Pengaruh Letak Astronomis Benua Amerika

Terdapat sejumlah pengaruh berhubungan letak benua Amerika secara astronomis yang disaksikan dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut merupakan akibat dan pengaruh letak astronomis benua Amerika beserta penjelasannya.

Iklim

Iklim di benua Amerika paling bervariasi pada tiap-tiap kawasannya. Berikut merupakan sejumlah iklim yang terdapat di benua Amerika.
  • Iklim tropis basah, mencakup wilayah Amerika Tengah dan sebagian distrik Amerika Selatan unsur utara.
  • Iklim kontinental, mencakup wilayah bagian unsur timur Amerika Serikat.
  • Iklim stepa, mencakup wilayah unsur timur pegunungan Amerika Utara.
  • Iklim kutub (dingin), mencakup wilayah Alaska dan Kanada unsur utara.
  • Iklim gurun, mencakup wilayah Amerika unsur barat.
  • Iklim sedang, mencakup wilayah pantai Alaska dan California.

Kenanekaragaman Hayati

Benua Amerika memiliki tidak sedikit keanekaragaman hayati, berupa persebaran tumbuhan dan fauna, khususnya di area Amerika Selatan. Ada tidak sedikit kenampakan alam laksana hutan hujan tropis, gurun, dan tundra yang diakibatkan letak astronomis dan geografisnya.

Zona Waktu

Terdapat sejumlah zona masa-masa di benua Amerika, tergolong pada distrik kepulauan terluar dari negara-negara di benua Amerika.
  • UTC-12, mencakup kepulauan luar Amerika Serikat.
  • UTC-11, mencakup Samoa Amerika, kepulauan luar Amerika Serikat.
  • UTC-10, mencakup wilayah Hawaii (US) (Zona Waktu Hawaii).
  • UTC-9, mencakup wilayah Alaska (US) (Zona Waktu Alaska).
  • UTC-8, mencakup Meksiko, Kanada & Amerika Serikat (Zona Waktu Pasifik),
  • UTC-7, mencakup Meksiko, Kanada & Amerika Serikat (Zona Waktu Pegunungan).
  • UTC-6, mencakup Chile, Kosta Rika, Ekuador, Honduras, El Salvador, Guatemala, Nikaragua, Belize, Meksiko, Kanada & Amerika Serikat (Zona Waktu Tengah).
  • UTC-5, mencakup Kolombia, Ekuador, Jamaika, Haiti, Peru, Kuba, Panama, Bahama, Kanada & Amerika Serikat (Zona Waktu Timur).
  • UTC-4.30, mencakup Venezuela.
  • UTC-4, mencakup Brasil, Paraguay, Bolivia, Chile, Bermuda, Dominika, Guyana, Barbados, Aruba, Guadaloupe, Antigua & Barbuda, Saint Kitts & Nevis, Trinidad & Tobago, Saint Lucia, Kanada & Amerika Serikat (Zona Waktu Atlantik).
  • UTC-3, mencakup Brasil, Argentina, Uruguay, Suriname.
  • UTC-2, mencakup Brasil.

Batas Wilayah Benua Amerika

Secara astronomis distrik benua Amerika pun mempunyai batas-batas distrik di sekitarnya. Berikut adalahbatas-batas distrik benua Amerika di sebelah utara, timur, selatan, dan barat.

Sebelah Utara
Di sebelah utara, distrik benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudera Arktik.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, distrik benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudera Atlantik.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, distrik benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudera Pasifik.

Sebelah Barat
Di sebelah barat, distrik benua Amerika berbatasan dengan perairan Samudera Pasifik.

Nah itulah referensi letak astronomis benua Amerika beserta dampak, pengaruh dan batas-batas wilayahnya. Semoga dapat menambah referensi dan pengetahuan mengenai geografi dunia.                       

Belum ada Komentar untuk "Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Pengaruh dan Batas Wilayahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel